Supernova adalah kelompok bajak laut pendatang baru yang memiliki kekuatan dahsyat, dan berpotensi menjadi sosok bajak laut besar di kemudian hari. Mereka adalah bajak laut muda yang memiliki nilai buruan diatas 100 juta Belly, yang artinya kekuatan mereka tentunya tidak bisa diremehkan begitu saja. Kelompok bajak laut ini juga pertama kali diperkenalkan dalam arc Sabaody.

Sejauh ini ada 10 orang Supernova dalam cerita One Piece. Mereka adalah Scratchmen Apoo, Trafalgar Law, Killer, X Drake, Capone Bege, Basil Hawkins, Jewelry Bonney, Eustass Kidd, Monkey D. Luffy, dan Uruouge. Sebagian dari para Supernova ini ada yang sudah diketahui masa lalunya, misalnya adalah Law. Law memiliki masa lalu yang sangat menyedihkan dan menyakitkan.

Tapi, bagaimana dengan yang lain? Sayangnya sampai saat ini, Eiichiro Oda belum pernah memperlihatkan masa lalu dari Supernova lainnya. Meskipun begitu, Oda Sensei pernah memperlihatkan bagaimana para Supernova tersebut (kecuali Luffy) ketika mereka masih kecil. Hal ini diperlihatkan oleh Oda Sensei dalam kolom SBS Vol. 64.

Dimulai dari Apoo, dalam gambarnya kita melihat bagaimana Apoo sedari kecil memang lekat dengan musik. Hal ini kemudian berlanjut ketika dia dewasa, dimana kekuatan buah iblisnya berkaitan dengan instrumen musik. Meskipun kekuatannya berkaitan dengan instrumen musik, daya hancurnya sangat luar biasa.

Eleven Supernova as Children | One piece anime, One piece manga, AnimeKemudian kita melihat Law, yang memang sesuai dengan karakternya. Law kecil terlihat sedang memegang masker bedah di tangan kirinya dan pisau kecil (pisau bedah) di tangan kanannya. Law memiliki julukan si dokter kematian, dan buah iblisnya pun berkaitan dengan operasi yaitu Ope Ope no Mi. Dengan buah iblis ini dia mampu mengubah atau melakukan apapun dengan tubuh manusia.

Killer merupakan sahabat dari Eustass Kidd sejak kecil. Kekuatannya juga sangat dahsyat. Namun, dalam gambar ini kita melihat Killer yang sedang memakan pasta/Udon. Kari Udon sendiri adalah makanan favorit dari Killer dan Kidd ketika mereka masih kecil. Jadi, mungkin wajar jika Oda Sensei menggambarkan sosok Killer sedang memakan kari Udon.

Kemudian X Drake dengan pakaian angkatan lautnya. Sejak kecil, sepertinya X Drake memang sudah terobsesi untuk menjadi angkatan laut. Drake sendiri memang terlahir dari keluarga angkatan laut, dimana ayahnya adalah bagian dari organisasi tersebut. Setelah dewasa, Drake kemudian bergabung dengan angkatan laut dan kemudian membentuk kelompok rahasia, SWORD.

Capone Bege dalam gambarnya terlihat sedang membangun sebuah istana yang terbuat dari balok kecil yang disusun. Hal ini mungkin ada kaitannya dengan kemampuan buah iblis Bege, dimana tubuhnya adalah istana berjalan bagi para pasukannya. Bahkan, kapalnya juga adalah banteng berjalan. Itulah alasan mengapa selama ini Bege jarang memperlihatkan semua pasukan atau krunya.

Basil Hawkins terlihat sedang bermain kartu. Berbeda dengan kartu tarot yang dia gunakan, kartu yang dipakai oleh Hawkins kecil adalah kartu remi biasa. Mungkin inilah yang membuat Hawkins belajar bagaimana menghitung peluang. Dan kemampuan ini kemudian terus berkembang, sampai ke tahap dimana dia bisa menentukan presentase kematian atau kehidupan seseorang.

Bonney kecil diperlihatkan sedang memakan makanan dalam jumlah yang banyak. Jika dilihat, hal ini mirip dengan Charlotte Linlin dimana selera makannya sangatlah luar biasa. Namun, Bonney sendiri makan banyak bisa jadi ada kaitannya dengan kemampuan buah iblisnya. Dia mampu mengubah orang-orang menjadi anak-anak atau orang tua.

Eustass Kidd juga tidak kalah menarik. Dalam gambar masa kecilnya dia diperlihatkan senang untuk mengutak-atik mainan, terlihat dari mainan robot di tangan kirinya dan kunci pas di sebelah kanannya. Hobinya mengutak-atik mainan kini berkembang menjadi kemampuan dahsyat. Bukan untuk mengutak-atik sesuatu, melainkan menggunakan benda-benda dengan material besi sebagai senjatanya.

Urouge ada sosok yang paling beda dengan yang lain. Sebagai biksu di pulau langit, sosok Urouge kecil memiliki penampilan “mencolok” dengan sayap kecil di punggungnya. Namun, dari gambar ini kia tidak melihat gambaran kemampuan Urouge di masa depan, yang mengandalkan rasa sakit yang dia terima untuk kemudian dialihkan menjadi sumber kekuatan. Bagaimana menurut kalian Geeks tentang para Supernova anak-anak ini?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.