Klan D Adalah Satu Keluarga

Hampir semua karakter yang memiliki nama D di tengahnya, tidak mengetahui apa sebenarnya makna D yang ada di namanya. Contohnya adalah Jaguar D. Saul. Menurutnya, satu-satunya yang dia ketahui tentang D adalah nama tersebut sudah digunakan selama berbagai generasi dalam keluarganya. Artinya nama D merupakan sebuah warisan.

Hal yang menarik adalah meskipun huruf D ada di tengah-tengah nama mereka, masing-masing keluarga memiliki nama depan yang berbeda. Contohnya adalah keluarga “Monkey D.” dan juga “Gol D.” dua nama keluarga yang populer. Ada juga karakter lainnya yang memiliki nama keluarga di depannya seperti Law dan Rocks. Tapi, Yang pasti mereka “terikat” oleh satu tekad yang sama yaitu tekad D.

Mereka yang Akan Merubah Dunia

Tekad D sering kali dikaitkan dengan keseimbangan kekuatan dunia yang ada di One Piece. Seperti yang kita ketahui, para kaum bangsawan dunia masih sering kali merasa ketakutan terhadap klan D dan juga para penerusnya. Tentu bukan tanpa alasan, hal tersebut bisa jadi karena klan D sering dikaitkan dengan “bencana besar” yang membawa kehancuran dunia ini.

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, orang-orang dari Klan D merupakan musuh dari para dewa atau kaum naga langit yang menguasai dunia ini. Trafalgar Law sendiri sering mengungkapkan hal yang sama ketika ditanya oleh Doflamingo tentang mengapa dia begitu percaya kepada Luffy. Di masa depan, bisa jadi mereka yang memiliki nama D di tengahnya akan sekali lagi membawa “gelombang besar” yang akan mengguncang dunia.

Mereka Yang Mewarisi Tekadnya

Berbicara tentang warisan tekad D, meskipun baru diketahui hanya 10 orang yang memiliki nama D, kemungkinan masih ada banyak keturunan atau bagian dari klan D lainnya yang bersembunyi di suatu tempat. Hal ini dikonfirmasi lewat penuturan Donquixote Doflamingo, dimana dia mengatakan bahwa orang-orang yang memiliki atau mewarisi Tekad D masih ada banyak dan tersebar di seluruh dunia.

Dengan perubahan era yang sangat cepat, sepertinya cepat atau lambat karakter lainnya atau orang-orang lainnya yang mewarisi Tekad D akan segera muncul ke permukaan. Mungkin setelah arc Wanokuni selesai, kita kembali akan diperkenalkan dengan karakter perwaris Tekad D lainnya. Namun, dengan ambisi Luffy untuk menjadi seorang raja bajak laut, kemungkinan dia yang akan menjadi penerus tekad D selanjutnya.

Tidak Boleh Terburu-buru

Bajak laut Roger memang berhasil menemukan sejarah yang sebenarnya dari dunia One Piece. Selain itu, mereka juga akhirnya mengetahui apa arti dari tekad D yang sebenarnya. Tapi, sayangnya mereka tidak bisa berbuat banyak meskipun sudah mengetahui hal tersebut. Rayleigh sediri tidak mengungkapkan alasannya, tapi dia sempat menyinggung bila Roger dan para penduduk Ohara tidak bisa sabar menunggu.

Kemungkinan hal ini ada kaitannya dengan Roger dan krunya yang dianggap terlalu cepat untuk bisa menuju Laugh Tale. Dalam adegan flashback Kozuki Oden, diperlihatkan bagaimana Roger dan yang lainnya tertawa ketika mereka tiba di Laugh Tale. Dan juga mereka mengakui bahwa kedatangan mereka nyatanya terlalu cepat. Dan hal ini juga bisa jadi ada kaitannya dengan senjata kuno Poseidon.

Karakter Kunci Terhadap Tekad D

Meskipun ada banyak sekali karakter yang memiliki kemampuan untuk mengguncangkan sebuah era, tapi karakter yang paling berpengaruh dan memegang kunci dari apa sebenarnya arti tekad D adalah Nico Robin. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa Robin memiliki kemampuan untuk membaca artefak kuno Poneglyph. Dan di seluruh dunia, dia adalah satu-satunya orang yang tersisa yang bisa membaca Poneglyph.

Seperti yang diketahui, cerita tentang apa yang terjadi di masa lalu, termasuk abad yang hilang, semuanya ditulis di Poneglyph. Termasuk tentang apa arti dari tekad D. Oleh karena itu, Robin menjadi karakter kunci untuk mengungkapkan arti dari tekad D yang sebenarnya. Robin sendiri sudah menyebutkan tentang tekad D sebanyak tiga kali, di Alabasta, Skypiea, dan terakhir adalah Sabaody.

Kini Giliran Luffy

Dengan penjelasan tentang fakta-fakta tentang tekad D, bisa disimpulkan bahwa semuanya harus bisa berjalan dengan sempurna sebelum kemudian kita bisa mengetahui tentang tekad D. Semuanya harus berjalan selangkah demi selangkah, tidak boleh terburu-buru. Dan yang paling penting adalah seperti sebuah siklus yang memang terus akan terjadi, kini giliran Luffy yang akan kembali membangkitkan tekad D dan akan membawa semangat mereka di mata dunia.

Setiap 20 tahun sekali akan selalu ada generasi baru yang coba dibangun dan membuat sejarah, dalam cerita One Piece. Dan bagaimana Luffy kemudian menjadi sosok selanjutnya dari klan D yang akan mengguncang dunia dan “membakar” dunia, yang sebenarnya sudah bisa diprediksi. Seperti yang pernah diungkapkan oleh Whitebeard saat perang Marineford, bahwa Roger saat itu sedang menantikan sosok yang “dinantikan.”

Whitebeard percaya bahwa sosok yang dimaksud oleh Roger adalah Ace. Wajar memang jika kemudian Whitebeard berpikiran seperti itu, karena secara biologis Ace adalah anak dari Roger. Jadi, Whitebeard percaya sebagai anak dari Roger dialah orang yang akan kembali bisa mengguncang dunia dengan membawa nama tekad D.

Sayangnya, prediksi atau perkiraan Whitebeard salah. Gol D. Roger sendiri dieksekusi oleh angkatan laut sekitar 21-22 tahun yang lalu, sebelum dimulainya cerita tentang Luffy. Whitebeard mengumumkan bahwa pulau manusia ikan merupakan wilayah perlindungannya 20 tahun yang lalu. Di pulau manusia ikan sendiri terdapat informasi tentang Joyboy, perahu besar Nuh, dan juga salah satu tiga senjata kuno.

Nami diadopsi oleh Bell-mere 20 tahun sebelum lini masa saat ini. Inuarashi dan Nekomamsuhi menghilang 20 tahun sebelum kejadian sekarang akibat sebuah peristiwa yang melibatkan Kozuki Oden. Oden sendiri dan istrinya, Toki, dibunuh oleh Orochi dan Kaido untuk mengambil alih kekuasaan Wano sekitar 20 tahun yang lalu. Toki kemudian menggunakan buah iblisnya untuk mengirim Red Scabbard ke 20 tahun yang akan datang.

Monkey D. Luffy sendiri saat ini berusia 18-19 tahun, dan ada kemungkinan besar jika seri ini One Piece akan selesai sebelum atau saat Luffy berusia 20 tahun. Insiden Ohara sendiri terjadi 20 tahun sebelum dimulainya series ini. Nico Robin bertemu dengan Saul D. Jaguar, dan Saul kemudian tewas melindungi Robin 20 tahun setelah seriesnya dimulai.

Portgas D. Ace lahir 20 tahun sebelum cerita tentang Luffy dimulai, hal ini dikarenakan Roge sengaja menahan Ace lebih lama di dalam kandungannya. Sabo juga berusia sekitar 20 tahun karena Sabo dan Ace memiliki usia yang sama. Hatchan menyelamatkan nyawa Rayleigh ketika dia terdampar di pantai sekitar 20 tahun sebelum cerita Luffy dimulai. Sama seperti Shanks yang bertemu dengan Yasopp 20 tahun yang lalu.

20 tahun adalah angka indikator bagi seorang Eiichiro Oda, khususnya ketika berbicara tentang kejadian besar yang melibatkan karakter atau orang-orang yang memiliki “D.” dalam namanya. Meskipun bisa jadi juga kelipatannya seperti 40 tahun. Karena itulah ada alasan kuat mengapa Luffy yang akan menjadi sosok selanjutnya yang mengguncang dunia pada abad ini.

Pemerintah Dunia maupun Angkatan Laut – juga sebagian orang – kini sudah mengenal siapa kelompok Topi Jerami. Bagi para penguasa, Topi Jerami adalah kelompok yang memang sering membuat kekacauan di seluruh dunia. Bagi masyarakat biasa, Topi Jerami adalah kelompok hebat yang sering membuat para penguasa kelabakan menghadapinya.

Dengan One Piece yang memiliki tema “warisan dari masa lalu,” Luffy menjadi sosok selanjutnya yang akan melanjutkan warisan tersebut. Dimulai dari Joy Boy, kemudian Gol D. Roger, dan sekarang adalah Luffy. Dan kita, para fans, akan menjadi saksi bagaimana Luffy dan krunya kemudian akan memenuhi takdirnya sebagai pewaris dari tekad D.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.