Namor menjadi salah satu karakter Marvel Comics yang banyak diharapkan muncul di Marvel Cinematic Universe. Keinginan ini terus muncul dari para fans, setelah DC berhasil merilis film solo Aquaman. Teori tentang kehadiran Namor di MCU sebenarnya sudah banyak bermunculan, dan teori kemunculan Namor kembali muncul setelah Okoye di film Avengers: Endgame menyebutkan bahwa ada sebuah gempa bawah laut di wilayah dekat Afrika.

Banyak yang berspekulasi bahwa gempa tersebut bisa jadi jembatan untuk kemunculan Namor. Dan yang paling baru adalah Namor diprediksi muncul dalam cerita di film Eternals. Dengan setting filmnya yang disebutkan sekitar puluhan ribu tahun yang lalu, Marvel memiliki kesempatan untuk menghadirkan Atlantis sebelum kota atau wilayah tersebut tenggelam.

Bagaimana Atlantis Tenggelam di Marvel Comics

Dalam cerita Marvel, Atlantis tenggelam sekitar 20.000 tahun yang lalu dalam sebuah peristiwa besar yang disebut Great Catalysm. Pada masat itu, manusia terancam keberadaannya oleh Lemuria, sebuah wilayah yang dihuni oleh para Deviants. Deviants sendiri merupakan sebuah manusia genetik, hasil ciptaan dari makhluk kosmik Celestials yang mana selain melahirkan Deviants, Celestials juga menghasilkan ras lainnya yaitu Eternals.

Berbeda dengan Eternals yang dianggap sempurna dengan kekuatan super mereka, Deviants bisa dikatakan adalah percobaan yang gagal. Dengan sikap mereka yang senang berperang, Deviants tidak jarang melancarkan serangan ke berbagai ras yang ada di bumi, termasuk para penduduk Atlantis. Pada saat itu, Atlantis dipimpin oleh seorang raja bernama King Kamuu atau raja Kamuu.

Deviants berhasil melakukan penyerangan ke Atlantis, dan raja Kamuu sendiri frustasi karena tidak bisa menghentikan invasi mereka ke wilayahnya. Raja Kamuu sendiri memiliki sebuah senjata rahasia yang disebut ‘Serpents’ Heads,’ dimana senjata tersebut bisa mengeluarkan magma yang ada di bawah perut bumi. Serangan itu memang berhasil membuat para Deviants hancur terbakar dan meleleh. Tapi, ada hal yang tidak disadari oleh Kamuu.

Tindakannya tersebut nyatanya berpengaruh terhadap Atlantis itu sendiri. Gempa bumi terjadi di seluruh wilayah Atlantis. Kondisi tersebut diperparah dengan adanya konflik lain dengan Deviants. Eternals kemudian mengunjungi bumi, dan para Deviants menganggap mereka sebagai musuh. Para Eternals pun tidak luput dari penyerangan yang dilakukan oleh Deviants.

Melawan baik, Eternals kemudian menghancurkan Lemuria dengan kekuatan mereka. Serangan mereka membuat Lemuria akhirnya harus tenggelam ke dasar lautan. Dan ternyata hal itu juga berefek kepada Atlantis, yang ditambah dengan banyaknya gempa bumi yang terjadi, membuat Atlantis akhirnya ikut tenggelam. Ribuan tahun kemudian, sebuah spesies baru yang bisa bernapas di dalam air pun muncul. Hal itu merupakan hasil riset dari para peneliti Deviants. Orang-orang itulah yang kemudian menempati wilayah Atlantis yang tenggelam dan membentuk sebuah kerajaan dimana Namor menjadi pemimpinnya.

Atlantis Bisa Menjadi Elemen Penting di Phase 4

Eternals bisa menjadi tempat yang baik dan pas untuk memperkenalkan Atlantis di MCU, apalagi kota atau wilayah tersebut bisa jadi memiliki peran di Phase 4 atau Phase selanjutnya dari MCU. Namor sudah diisukan akan muncul di Black Panther 2 dan bisa saja muncul sebagai karakter kejutan yang muncul di film Doctor Strange 2. Jika rumor tentang Atlantis dan Namor benar, artinya Marvel akan memperkenalkan sebuah peradaban baru dan mereka tentunya tidak hanya akan muncul di satu film saja.

Namor sendiri sudah banyak muncul di komiknya, dan dalam versi komiknya Namor sudah pernah memainkan berbagai peran. Dia pernah menjadi kawan, dia pernah juga menjadi lawan, atau menjadi seorang anti-hero bahkan karakter pendukung. Menghadirkan Namor sebagai villain di Black Panther 2 tentunya sangat disayangkan karena kemungkinan dia akan dikalahkan di film itu. Namor mungkin bisa menjadi villain saat pertama kali muncul, dan kemudian dihadirkan kembali di film solonya atau sebagai salah satu anggota dari tim superhero Marvel.

Bagaimana Atlantis Bisa Masuk Dalam Cerita Eternals

Untuk menjelaskan tentang Atlantis, tentunya Marvel tidak bisa terlalu terburu-buru atau hanya sekedar memperkenalkan biasa saja. Oleh karena itulah, akan lebih baik jika Atlantis tidak diperkenalkan di film Black Panther 2. Marvel bisa melakukannya di film Eternals. Eternals merupakan sebuah film yang unik, karena adanya perbedaan periode atau waktu dan tempat sehingga Marvel bisa bereksplorasi dengan leluasa.

Sebuah adegan flashback khusus untuk memperkenalkan Atlantis bisa menjadi salah satu jalan keluar di film Eternals. Bahkan pengenalan Atlantis mungkin akan sangat cocok dengan cerita yang akan disuguhkan oleh Eternals. Dalam sinopsisnya dikonfirmasi bahwa para Eternals akan menghadapi Deviants, yang digambarkan sebagai “musuh manusia paling kuno.” Menghadirkan kisah tentang Atlantis yang tenggelam akan mendukung gambaran tentang Deviants.

Filmnya juga bisa menghadirkan cerita atau adegan yang memperlihatkan bagaimana kejamnya para Deviants yang menyerang dan mencoba untuk menghancurkan seluruh peradaban manusia. Flashback tentang Atantis juga bisa menjelaskan tentang mengapa Lemuria, yang merupakan markas dari Deviants di bumi, berada di bawah laut. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Marvel memang akan memperkenalkan Namor di Eternals atau tidak.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.