Nightwing Yang Tertembak

Nightwing juga menjadi contoh lain, dimana Bat-familiy atau sidekick Batman gak pernah beruntung. Nightwing terpaksa harus mengalami luka yang sangat parah, setelah KGBEast menembak Nightwing di kepalanya atas perintah Flashpoint Batman. Beruntung, Nightwing selamat dari insiden mengerikan itu, tapi semua ingatannya menghilang. Dia pun kemudian menerima nama baru yaitu Ric Grayson.

Disaat yang sama, Batman kemudian memburu KGBeast ke Siberia dan keduanya pun saling bertarung. Dipenuhi oleh rasa amarah, Batman mematahkan leher KGBEast dan membiarkannya lumpuh di salju. Sampai saat ini, Nightwing masih menggunakan identitas Ric Grayson. Apakah Ric akan kembali mendapatan ingatannya?

Barbara Gordon Tertembak Oleh Joker

Bagi Bat-Family, Joker merupakan ancaman besar yang gak akan pernah hilang. Biasanya ancaman itu muncul ketika mereka sedang menggunakan kostum. Tapi, siapa yang sanga kalau kemudian Joker akan menyerang mereka dirumahnya. Dalam cerita The Killing Joke, Joker pergi ke rumah James Gordon dan menembak Barbara di bagian perutnya.

Peluru tersebut menghancurkan tulang pinggul Barbara dan membuatnya lumpuh. Yang tidak diketahui oleh Gordon adalah Barbara sebenarnya Batgirl. Tapi, Barbara gak berhenti sampai disitu. Dengan menggunakan nama Oracle, dia menyediakan informasi melalui komputernya bagi seluruh Bat-Family dan para pahlawan yang membunuhkan bantuannya.

Kematian Jason Todd

Kematian Jason Todd, Robin generasi kedua, merupakan salah satu kematian yang sangat disesali oleh Batman. Bahkan, selama bertahun-tahun Batman menyesali hal itu dengan mengahajar semua penjahat dengan brutal. Jason Todd tewas ditangan Joker, dimana dia ditipu untuk datang ke sebuah gudang kosong. Disana, Joker menghabisi Robin sampai hampir tewas.

Robin yang gak berdaya kemudian dipasangi bom oleh Joker, tapi sayangnya nyawa Jason gak terselamatkan karena Batman datang terlambat. Bertahun-tahun kemudian, Jason kembali dari kematiannya berkat bantuan Lazarus Pit. Dia pun mencoba untuk membalas dendam kepada mentornya dengan menggunakan identitas Red Hood. Meskipun Batman akhirnya bisa mengalahkan Jason, dia tetap meneriman Jason sebagai bagian dari Bat-Family.

Bane Mengalahkan Batman

Adegan dimana Batman harus kalah oleh Bane dan harus merasakan tulang punggung yang patah akibat dibanting olehnya, merupakan adegan paling ikonik dalam cerita Batman. Momen ini juga sempat dimunculkan di layar lebar dalam film The Dark Knights Rises karya Christopher Nolan. Tapi, tentunya ada beberapa perbedaan dengan kejadian yang ditampilkan di komiknya.

Dalam cerita komiknya, Bane datang ke Batcave dan bertarung melawan Batman yang kelelahan. Dia pun akhirnya berhasil mengalahkan Batman sampai hampir tewas, dan kemudian menghancurkan tulang punggungnya. Momen yang mengejutkan adalah disaat Batman tidak ada, dia tidak memilih Nightwing atau Bat-Family lainnya untuk menggantikannya. Justru Azrael yang dipilih, keputusan yang kemudian Batman sesali.

Kematian Alfred Pennyworth

Ini merupakan momen menyedihkan dan kekalahan terbesar paling baru dari Batman, dimana Alfred Pennyworth harus tewas di depan mata Bruce Wayne. Bane yang membunuhnya, tapi hal itu atas dasar perintah dari Flashpoint Batman. Versi alternatif dari Thomas Wayne itu menganggap kalau kematian Alfred merupakan harga yang harus dibayar oleh Bat-Family karena melanggar peraturan.

Aturan yang dilanggar adalah tidak boleh meninggalkan kota Gotham. Aturan itu dilanggar oleh Damian Wayne, Robin generasi keempat, yang diperintahkan untuk pergi oleh Batman. Kematian Alfred menjadi pukulan yang paling besar bagi Bat-Family mengingat dia adalah sosok yang selalu ada untuk mereka.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.