Naga adalah salah satu binatang legendaris yang sudah sejak lama muncul di dunia ini. Naga juga merupakan binatang yang sering muncul dalam berbagai cerita, baik cerita anak-anak maupun cerita untuk orang dewasa.  Dalam dunia sihir seperti yang diperlihatkan dalam franchise Harry Potter, ada beberapa jenis naga yang hidup di dunia. Apa saja?

Antipodean Opaleye

Naga jenis Antipodean Opaleye memiliki bentuk dan warna yang mengkilat dibanding naga lainnya. itulah sebabnya mengapa jenis ini menjadi salah satu jenis naga yang paling indah. Naga Opaleye ini berasal dari wilayah Selandia Baru, tapi kemudian dikabar bermigrasi ke wilayah Australia. Naga Antipodean Opaleye bukanlah jenis naga yang agresif, kecuali ketika mereka sedang mencari makanan.

Menurut buku yang ditulis oleh Newt Scamander dalam film Fantastic Beasts and Where to Find Them, seekor naga Opaleye jantan pergi ke Australia pada 1970an setelah dipaksa keluar dari wilayahnya dan membunuh beberapa kangguru dengan nafas apinya.

Chinese Fireball

Chinese Fireball atau yang juga biasa disebut sebagai Liondragon, seperti namanya naga jenis ini memiliki kemampuan untuk menembakan sebuah bola api dari tenggorokannya. Naga Chinese Fireball berasal dari wilayah Tiongkok dan digunakan dalam tugas pertama di turnamen Triwizard.

Naga ini memiliki memiliki kulit yang lembut dan berwarna merah dengan durinya yang berwarna keemasan. Viktor Krum adalah orang yang harus menghadapi naga jenis ini dalam film Harry Potter and the Goblet of Fire. Viktor Krum berhasil untuk mengambil telor emas yang dijaga oleh naga ini setelah dia menggunakan Conjunctivitis Curse untuk membutakan naganya.

Common Welsh Green

Common Welsh Green adalah naga yang berasal dari wilayah Wales dan cenderung tinggal di wilayah pegunungan. Naga jenis ini dikenal akan raungannya yang mengerikan dan biasanya naga ini memangsa domba atau mamalia kecil lainnya. Naga Welsh Green ini pernah ditaklukan tapi pada 1932, seekor naga pernah menyerang seseorang di wilayah Inggris.

Menurut sang kreator Harry Potter, J.K. Rowling, Welsh Green merupakan naga yang bertanggung jawab atas kebakaran besar di London pada 1666. Fleur Delacour adalah penyihir yang menghadapi naga ini dalam turnamen Triwizard, dan mampu mendapatkan telur emas yang dijaganya dengan mengeluarkan sihir yang membuat sang naga tertidur.

Hebridean Black

Sebagai naga lainnya yang juga terkenal di seluruh penjuru Inggris Raya, Hebridean Black adalah naga yang lebih agresif dibandingkan Common Green Welsh. Sesuai dengan namanya, Hebridean Black berasal dari pulau Hebrides yang ada di Skotlandia dimana klan keluarga MacFusty adalah orang yang bertanggung jawab mengurusi naga ini.

Hebridean Black memiliki warna kulit yang sangat hitam pekat dan di ujung ekornya berbentuk seperti ujung dari anak panah. Naga ini bisa tumbuh sampai 9 meter panjangnya dan memiliki mata yang berwarna ungu.

Hungarian Horntail

Jenis naga yang berasal dari wilayah Hungaria ini memiliki bentuk yang mirip dengan kadal dengan warnanya yang hitam dan juga matanya yang kuning. Hungarian Horntails dikenal sebagai naga yang gemar menghancurkan dan merusak sekitarnya dengan ekornya yang tajam dan nafas api yang panjang semburannya bisa mencapai 15 meter.

Naga Hungarian Horntail sering memangsa hewan-hewan seperti domba, kambing bahkan manusia. Harry Potter adalah orang yang harus menghadapi naga mengerikan ini dalam turnamen Triwizard. Harry pun mencoba untuk menggunakan kemampuan terbangnya untuk mengambil bola emas yang dijaga naga ini. Sayangnya, naga tersebut terus mengejar Harry bahkan sampai berkeliling ke selurung lingkungan Hogwarts.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2