Norwegian Ridgeback

Norwegian Ridgeback memiliki penampilan yang hampir mirip dengan Hungarian Horntail, hanya saja naga jenis ini memiliki warna kulit yang lebih hitam dan sifatnya juga tidak sebuas Hungarian Horntail. Norwegian Ridgeback berasal dari wilayah Norwegia dan bersarang di pegunungan di bagian utara. Naga ini terkenal akan tarungnya yang memiliki racun mematikan.

Untuk mangsanya, Norwegian Ridgeback memangsa berbagai mamalia yang memiliki ukuran besar dan juga mamalia di laut. Menurut informasi di film Fantastic Beasts, naga ini pernah memangsa satu ekor paus dan membawanya begitu saja dari air. Naga ini pernah muncul di film pertama Harry Potter dimana Hagrid adalah orang yang memiliki telur tersebut. Ketika menetas, naganya dia beri nama Norbert. Ron, Hermione, dan Harry juga ikut membesarkan Norbert. Naga ini kemudian diberikan kepada Charlie Weasley yang mengganti namanya menjadi Norberta setelah tahu naganya betina.

Peruvian Vipertooth

Naga Vipertooth berasal dari wilayah Peru dan juga memiliki racun yang mematikan di taringnya, mirip seperti Norwegian Ridgeback. Naga Peruvian memiliki warna kulit coklat yang mirip warna kayu dengan tanduk pendek di ujung kepalanya. Vipertooth dikenal sebagai jenis naga terkecil dan juga tercepat dibandingkan dengan naga lainnya

Meskipun Vipertooth adalah naga terkecil, naga ini memangsa manusia yang menjadikannya salah satu naga yang paling berbahaya di dunia sihir. Di abad ke 19, persaturan penyihir internasional pernah memerintahkan orang untuk memeriksa perkembangan naga Vipertooth. Kemudian sebuah penyakit mengerikan bernama cacar naga pun muncul. Penyakit ini diduga dibawa oleh orang yang bekerja untuk memantau Peruvian Vipertooth.

Romanian Longhorn

Naga Romanian Longhorn adalah salah satu jenis naga terbesar yang pernah ada. Romanian Longhorn berasal dari gunung Carpathian di wilayah Rumania. Naga Longhorn ini memiliki warna kulit yang hijau kegelapan dan dua tanduk yang berwarna emas di atas kepalanya. Dua tanduk emas Romanian Longhorn tersebut adalah salah satu bahan yang paling langka dalam sebuah racikan ramuan. Karena banyaknya permintaan tanduk Romanian Longhorn, keberadaan naga ini berada dalam bahaya. Oleh karena itu, tempat dimana naga ini bersarang pun akhirnya dijadikan lahan konservasi.

Swedish Short-Snout

Naga Swedish Short-Snout tinggal di pergunungan yang terisolir yang berada di wilayah Swedia. Naga yang memiliki warna kulit biru dan sedikit perak ini memiliki perbedaan unik. Api yang dia keluarkan tidak berwarna merah, melainkan biru. Api berwarna biru tersebut benar-benar sangat dahsyat bahkan bisa membuat membuat benda sekeras tulang berubah menjadi abu.

Oleh karena itu, naga ini menjadi salah satu spesies naga yang sangat berbahaya. Naga Swedish Shor-Snout sempat muncul dalam film Harry Potter and the Goblet of Fire, meskipun warnanya kuning bukan biru. Cedric Diggory adalah orang yang menghadapi naga jenis ini saat turnamen Triwizard. Diggory berhasil mengambil telur emasnya dengan mengalihkan perhatian naga ini sejauh mungkin.

Ukrainian Ironbelly

Ukrainian Ironbelly adalah naga yang paling besar yang pernah hidup di dunia sihir. Karena ukurannya yang sangat besar dan juga kekuatannya yang dahsyat, naga jenis ini menjadi naga yang paling berbahaya. Sesuai dengan namanya, di bawah perut naga ini terdapat kulit berwarna abu-abu yang memiliki tingkat kekerasan yang mirip dengan baja.

Tinggal di wilayah Ukraina, naga Ironbelly pernah mengangkat sebuah kapal di laut hitam pada 1799. Newt Scamander menuturkan dia pernah “bekerja sama” dengan naga ini saat perang dunia pertama berlangsung. Dalam film Harry Potter and the Deathly Hallows, seekor naga Ironbelly ditugaskan untuk menjaga lemari besi Lestrange di Gringotts Wizarding Bank. Harry, Ron, dan Hermione menunggangi naga ini untuk kabur setelah menyusup ke bank tersebut.

Naga Yang Sudah Punah

Meskipun Newt Scamander menyebutkan bahwa hanya ada 10 jenis naga yang yang dia ketahui, tapi ada dua jenis naga lainnya yang diungkapkan oleh Rowling. Dalam sebuah halaman di buku Dragon Breeding For Pleasure and Profit di situs resmi Rowling, ada sebuah gambar dari jenis naga Portuguese Long-Snout yang ditemukan di wilayah utara Portugal.

Jenis naga lainnya adalah Catalonian Fireball, naga yang berasal dari wilayah Spanyol. Naga jenis ini memiliki dua tanduk berwarna hitam dan hidung yang menonjol. Ada kemungkinan jika dua jenis naga ini sudah dianggap punah, karena keduanya tidak diketahui bagaimana statusnya dalam franchise Harry Potter.