Bagi kita-kita yang sudah menyaksikan sekuel Wreck-it Ralph (2012), Ralph: Breaks the Internet, seperti kita ketahui, sekuel ini banyak menampilkan easter egg keren yang sukses menggelitik saraf nerdy kita.

Namun pertanyaannya sekarang, apakah kita menyaksikan seluruh easter egg yang ditampilkan? Atau lebih jauhnya, apakah kita memahami seluruh refrensi-refrensi geeky yang ditampilkan tersebut?

Nah, apabila mungkin kita terlewat atau kurang memahami, berikut kami bahas kembali easter egg-easter egg yang dimaksud tersebut. Oh ya, SPOILER ALERT bagi Geeks yang mungkin belum menyaksikan.


1. Steve Urkel


Di adegan pembuka yang menampilkan Ralph (John C. Reilly) dan Vanellope (Sarah Silverman) meminta tolong ke search engine KnowsMore (Alan Tudyk) untuk mencarikan perangkat kemudi Sugar Rush baru yang sedang dijual,  KnowsMore secara agresif langsung “menyemburkan” nama-nama yang terlintas di mesin pencariannya.

Nah, salah satu nama yang diucapkan  adalah “Urkel”. Bagi kita yang generasi milenial, mungkin ketika mendengar nama tersebut, menganggap Urkel adalah nama yang asal sembur saja.

Namun bagi kita-kita yang generasi 80 dan 90an, tak dipungkiri  kita langsung merasa greget sendiri ketika mendengar nama tersebut. Ya, Urkel yang keluar dari mulut KnowsMore mengacu pada karakter televisi top, Steve Urkel yang diperankan oleh Jaleel White di seri komedi hit akhir 80an, Family Matters.


2. Menampilkan Suara Dari YouTuber Terkenal


Dengan konsep internet yang diusung, tak mengherankan apabila sekuel ini, meminta jasa YouTuber terkenal untuk mengisi suara dari karakter yang ada ada di filmnya.

Dua diantaranya adalah GloZell Green yang menyuarakan kru Slaughter Race wanita kulit hitam Debbie dan Colleen Ballinger aka Miranda Sings yang tampil sebagai dirinya sendiri.


3. Bob Ross


 

 

 

 

 

 

 

 

Ketika Ralph diizinkan untuk membuat video viral oleh Yesss (Taraji P. Henson) demi mendapatkan jumlah uang yang nantinya digunakan untukmembuat kemudi Sugar Rush, Ralph bisa dikatakan membuat jenis video apapun yang bisa ia buat.

Dan salah satu videonya adalah tutor melukis dengan rambut kribo di kepalanya. Tak pelak video ini merefrensikan sosok pelukis viral top, Bob Ross.


4. Chewbacca Mom


Dia adegan Ralph menanyakan cara sekaligus contoh membuat video viral, Yesss mengatakan kalau salah satu karakter yang gagal viral, adalah “Chewbacca Dad”. Tentunya istilah ini mengacu pada video super viral di bulan Mei 2016, “Chewbacca Mom”.

Chewbacca Mom sendiri adalah video yang menampilkan wanita berusia 37 tahun yang ketika sedang mengemudikan mobilnya, menggunakan topeng Chewbacca sembari tertawa-tawa.


5. King Kong


Di adegan ketika Vanellope sedang balapan di Slaughter Race, ia melihat gorila pajangan di atas salah satu bangunan gedung yang ia kira adalah Ralph. Dan di adegan klimaks, virus Ralph raksasa memanjat gedung-gedung server tinggi untuk mengacaukan situs-situsnya.

Nah, kedua adegan tersebut tak dipungkiri terinspirasi dari adegan film monster universal klasik, King Kong (1933).


6. Stan Lee


Dengan Marvel yang kini sudah gabung dengan Disney (divisi filmnya), tak heran apabila Ralph: Breaks the Internet, menyertakan si empu Marvel, Stan Lee sebagai salah satu cameo.

Kemunculan Lee di film ini hanya beberapa detik saja. Walau demikian, kemunculannya sukses membuat kita terharu sendiri ketika menyaksikannya. Pasalnya, ketika film ini dirilis, Lee sudah meninggalkan kita semua.


7. Fortnite


Yap game survival battle royal hit ini, jugalah tidak ketinggalan disertakan di dalam film ini. Spesifiknya adalah ketika Ralph di salah satu adegan, dirinya melakukan “Fortnite Dance” yang sangat fenomenal itu.


8. Karakter Disney dan Star Wars


Bisa dikatakan sekuel ini menampilkan banyak sekali cameo dari karakter-karakter Disney, Marvel, dan Star Wars. Beberapa diantaranya adalah Eeyore, C-3PO, R2-D2, Groot, Grumpy, dan tentunya Buzz Lightyear.

Kerennya, seluruh karakter klasik tersebut, di-dubbing kembali oleh para pengisi suara orisinilnya


9. Batman 1966


Di adegan ketika seluruh putri Disney bertransisi kostum dari gaun ke T-shirt santai, adegan transisi ditampilkan dengan menggunakan adegan transisi klasik seri televisi Batman di tahun 1966 yang dibintangi oleh (alm) Adam West.

Sekilas bagi kita-kita yang sedang fokus ke plot cerita yang ditampilkan, kita tidak terlalu menggubris atau “tergelitik” ketika menyaksikannya. Namun, bagi kita yang fokus ke semua aspek plus notabene super nerdy, kita pasti langsung greget sendiri.

Bukan hanya karena kita merasa greget dengan kejeniusan yang ditampilkan, namun kita juga greget karena seperti kita ketahui, Disney bekerjasama dengan Marvel. Dan Batman adalah milik DC yang notabene rival dari Marvel.

Pasca menyaksikan apa yang dilakukan film ini, tak pelak kitapun menjadi bertanya. Apakah adegan ini memang untuk fun-fun saja? Atau apakah jangan-jangan adegan tersebut adalah pertanda bahwa Disney akan membeli DC juga ke depannya? Bagaimana menurut pendapat kalian Geeks?


10. Rick Roll


Apabila kalian tetap setia hingga seluruh kredit selesai, kami cuma ingin mengatakan: KASIHAN DEH LO! Pasalnya, adegan akhir kredit yang ditampilkan tak lain dan tak bukan adalah adegan nge-troll yang amat sangat.

Spesifiknya, ketika adegan akhir kredit dimulai, dikatakan di adegan tersebut kita akan menyaksikan sneak peek dari sekuel Frozen (2013), Frozen 2 yang menurut rencana akan dirilis 22 November 2019.

Betapa kecele-nya kita. Karena setelah itu adegan berganti dengan Ralph yang tampil menyanyikan lagu hit “Never Gonna Give You Up” milik Rick Astley yang dirilis di tahun 1987. Adegan ini tentunya merefrensikan fenomena Rickrolling yang menjadi “legenda” intenet itu.

 

Nah Geeks. Itulah tadi makna dari adegan 10 easter egg keren yang ditampilkan di Ralph: Breaks the Internet. Dari kesepuluh easter egg ini, manakah yang membuat kalian greget nerdy sendiri ketika menyaksikannya?

FOLLOW US