Semenjak DCEU tampil perdana di tahun 2013 melalui Man of Steel, sangat disayangkan salah satu pendiri Justice League yang juga merupakan superhero DC favorit Green Lantern, tidak kunjung ditampilkan.

Padahal sekali lagi, si “Emerald Knight” adalah sosok superhero DC yang fans ingin saksikan dari jauh-jauh hari. Terlebih apabila mengingat kegagalan yang diraih oleh Green Lantern (2011) dulu. Makin tidak sabaran saja rasanya. Namun apa daya? Kemungkinan besar, kita baru akan menyaksikannya lagi di layar lebar tahun 2020 mendatang.

Nah, mungkin karena melihat animo yang sangat besar ini, oleh karenanya sadar atau tidak, DCEU diam-diam kerap menyertakan berbagai easter egg Green Lantern di hampir seluruh film mereka sejauh ini. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.


Man of Steel Sudah Memperkenalkan Elemen Kosmik / Alien


Beberapa Green Lantern memang manusia. Namun, secara garis besar Green Lantern baik itu sumber kekuatan maupun lain-lainnya bersifat kosmik (alien). Nah, agar nantinya audiens awam tidak langsung kaget dengan kisah dan sosok Green Lantern, oleh karenanya Man of Steel sudah lebih dulu memperkenalkan konsep kosmik ini.

Memang, filmnya tidak menampilkan logo lentera atau penyebutan nama Hal Jordan, tapi dengan ditampilkannya konsep bumi yang dijajah dan ditolong oleh alien atau kekuatan kosmik, sudah lebih dari cukup untuk dijadikan “pemanasan” sebelum akhirnya menyaksikan si pahlawan cincin ajaib tersebut.


Carrie Ferris


Ferris dan wanita. Bagi fans, pastinya langsung menangkap dengan kaitan keduanya ini. Ya di sejarah kisah Green Lantern, nama Ferris adalah nama dari kekasih Hal Jordan, Carol Ferris. Dalam perjalanannya nanti, Ferris mirisnya malah menjadi musuh Jordan, Star Sapphire.

Nah menjelang ending MOS, Superman (Henry Cavill) berbincang dengan Jendral Calvin Swanwick (Harry Lennix) dan anak buahnya, Carrie Farris (Christina Wren). Di komiknya memang tidak ada nama Carrie Farris.

Namun setidaknya, nama modifikasi ini sukses memberikan fans Green Lantern tingkat Nerdgasm sekaligus harapan tinggi untuk suatu hari nanti akhirnya menyaksikan Lantern di DCEU.


Wonder Woman Memperkenalkan Unsur Magis di DCEU


Magis? Loh apa hubungannya dengan Green Lantern? Bukannya kekuatan Lantern berbau alien dan teknologi? Memang. Tapi perlu kamu ingat bahwa Green Lantern pertama (orisinil) Alan Scott, mendapatkan kekuatan Green Lantern-nya melalui unsur magis.

Spesifiknya, cincin kekuatan (Power Ring) yang ia miliki itu, kekuatannya berasal dari api suci hijau yang memiliki efek magis nan mistis. Nah, seperti kita tahu Wonder Woman beserta Ares dan karakter-karakter pendukungnya sangat didominasi oleh hal yang berbau magis.

Oleh karenanya, walau tidak ditampilkan nama Jordan atau diumunculkannya simbol atau pasukan Green Lantern lain, tetap saja film Wonder Woman (2017) sangat berjasa dalam memperkenalkan unsur magis dan lain-lain yang mungkin saja nanti akan ditampilkan di film Green Lantern Corps.


Film Justice League Menampilkan Pasukan Green Lantern Kuno


Dan mungkin inilah easter egg terakhir Green Lantern yang sangat kentara. Rasanya kami tidak perlu berpanjang lebar menjelaskan. Karena kami yakin, Geeks pastinya masih ingat dengan easter egg yang ditampilkan di salah satu adegan awal Justice League (2017) ini.

Namun kalau memang perlu refresher, jadi berbad-abad lalu, seluruh ras termasuk Lantern Corps memerangi Steppenwolf yang ingin menguasai dunia dengan menggunakan ketiga Mother Box.

Nah, sosok Green Lantern yang di tengah foto adalah Lantern Gladiator bernama Yalan Gur. Gur adalah protektor sektor luar angkasa 2814 yang mana Bumi, termasuk dalam sektor tersebut. Sayang Gur tewas dibunuh Steppenwolf. Atas kematiannya ini, alhasil cincin kekuatan yang dikenakannya lepas dan terbang mencari pemilik baru yang pantas.

Sekali lagi dengan ditampilkannya Gur ini, semakin jelas kalau tidak hanya Green Lantern eksis di DCEU, namun kenyatannya DCEU memang ingin menampilkan lagi kisah dan karakternya di tahun 2020 mendatang.

BACA JUGA : Mengenal Batu Ketujuh Infinity Stones, Ego Stone!

Nah. Itulah tadi beberapa easter egg Green Lantern yang ditampilkan di hampir seluruh film DCEU sejauh ini. Semoga saja proyek Green Lantern Corps memang bakalan jadi dirilis di tahun 2020 mendatang.

Karena kalau sampai tidak jadi dirilis, ya akan menjadi percuma saja seluruh easter egg yang telah ditampilkan ini. Sekarang, bagaimana pendapat kalian dengan fakta easter egg Green Lantern di DCEU ini?