Ada banyak karakter yang diperkenalkan di MCU. Dari karakter yang biasa dari segi kekuatan, hingga karakter sangat kuat. Hulk dan Thor menjadi contoh dari karakter kuat yang eksis di MCU. Selain menghadirkan karakter kuat, MCU juga turut menghadirkan karakter-karakter yang memiliki umur sangat panjang. Bahkan ada beberapa karakter yang memiliki umur paling tua karena sudah hidup lebih dari ratusan tahun, bahkan jutaan tahun. Lantas siapa saja karakter tertua di MCU yang sudah kami ketahui? Simak berikut ini!

Ancient One

Ancient One adalah sosok yang kuat dan dihormati di MCU. Dia mampu memanipulasi ruang dan waktu, sehingga membuatnya menjadi sekutu yang berguna bagi Avengers. Diketahui bahwa sebelum tewas, Ancient One memiliki usia sekitar 500 tahun. Selama itulah Ancient One telah banyak berlatih, sehingga memberinya keterampilan dan pengetahuan yang tak tertandingi dalam dunia sihir. Meskipun menjadi salah satu karakter termuda dalam daftar ini, usia dan pengalaman Ancient One patut diperhitungkan. Sayangnya, Ancient One melakukan hal fatal, di mana dia menggunakan kekuatan dari Dark Dimension agar bisa abadi, sesuatu yang dia larang kepada murid-muridnya.

Thanos

Inilah sosok yang selama ini menebar teror di MCU, Thanos. Baik di komik maupun di MCU, Thanos memang menjadi ancaman yang serius bagi Avengers dan pahlawan lainnya. Sebagai Titan, Thanos telah terbang mengelilingi alam semesta selama lebih dari seribu tahun, dan itu sudah dikonfirmasi langsung oleh sutradara Infinity War dan Endgame yaitu Russo Brothers. Dengan masa hidupnya yang panjang, Thanos berhasil membangun reputasinya yang menakutkan, dan dianggap sebagai makhluk kejam dan perkasa. Selama umurnya yang sudah ribuan tahun, dia terus meneror berbagai planet, dan salah satu korban dari kekejamannya adalah Xandar.

Loki

Meski wajahnya terlihat sangat muda, tetapi Loki sebenarnya sudah sangat tua. Tidak ada angka pasti dari usia Loki, tetapi Loki berusia lebih tua dari Thanos. Diprediksi bahwa umur Loki sekitar 1500 tahun, apalagi orang Asgardian terkenal memiliki umur panjang. Sebagai God of Mischief, Loki diberkahi dengan kekuatan, kecerdasan, dan kekuatan magis yang luar biasa. Dia pun menjadi sosok yang tidak bisa diduga, karena disatu sisi Loki adalah villain, tetapi disisi lainnya, Loki juga pernah menjadi pahlawan. Karena tidak bisa diduga, maka itulah yang menjadi daya tarik karakternya. Apalagi konfliknya dengan Thor selalu menarik perhatian.

Thor

Sebagai seorang Asgardian, Thor menjadi salah satu makhluk terkuat di MCU. Dengan usianya yang sudah 1500 tahun, maka dia memiliki banyak pengalaman. Sudah banyak pertempuran besar yang dia lalui, dan karena itulah dia dianggap layak. Mungkin dahulu, Thor terkenal arogan. Sifat itulah yang membuat Thor dihukum ke Bumi. Tetapi dari sana semuanya berubah. Thor berangsur menjadi sosok yang lebih baik dan bijaksana. Dan setelah perubahan masif yang dialaminya, diapun didapuk sebagai raja Asgard, menggantikan ayahnya, Odin. Sebagai “saudara” Loki, umur Thor memang tidak terlalu jauh dengannya.

Hela

Selanjutnya adalah “kakak” dari Thor dan Loki yaitu Hela. Sebagai anak sulung Odin, Hela sudah ada selama ribuan tahun, dan menjadikannya sebagai Asgardian kedua tertua di MCU. Usia Hela diperkirakan sudah menyentuh angka 2000 tahun, berada di atas Thor dan Loki. Pasalnya dia sudah dipenjara selama ribuan tahun oleh ayahnya sendiri, Odin. Dan sepertinya, Hela menghabiskan lebih banyak waktu di penjara daripada di Asgard. Kekuatan Hela memang luar biasa dan dia haus akan penaklukan. Terbukti di akhir film Thor: Ragnarok, Hela berhasil memporak-porandakan Asgard.

Odin

Nah Asgardian terakhir yang memiliki umur paling panjang adalah Odin, All Father yang sempat menjadi penguasa Asgard, sebelum digantikan Thor. Selain memiliki tugas untuk melindungi Asgard, Odin juga bertugas sebagai pelindung 9 Realms. Diperkirakan bahwa Odin sudah berusia 4000 tahun, yang menjadikannya Asgardian tertua. Dia beruntung karena bisa hidup selama itu setelah kehilangan semua saudara kandungnya selama perang besar yang terjadi di sekitar Asgard. Odin sendiri diceritakan meninggal dalam film Thor: Ragnarok, sebelum akhirnya Hela muncul dan membuat teror bagi Loki dan Thor.

Surtur

Geeks masih ingat dengan Surtur? Makhluk dengan wujud mengerikan ini ternyata sudah berusia ratusan ribu tahun. Di MCU, Surtur pernah dikalahkan oleh Thor, sebelum akhirnya dibangkitkan kembali untuk melawan Hela. Sebenarnya Surtur sudah ada ketika Odin lahir. Sehingga berarti umurnya lebih tua dari Odin. Tetapi tidak diketahui umur pastinya. Surtur memang sangat besar dan mampu menghanguskan apapun yang ada disekitarnya. Dalam MCU, Surtur sendirilah yang akhirnya menciptakan Ragnarok. Dengan senjatanya yang masif, Surtur berhasil membelah Asgard dan menghancurkan seluruh isinya. Ragnarok atau kiamat Asgard memang tidak bisa dihindarkan.

The Collector

Para Asgardian di atas memang memiliki umur yang sangat panjang. Tetapi adalagi karakter di MCU yang memiliki umur yang jauh lebih panjang lagi. Dia adalah The Collector. Dia digadang-gadang sudah ada tak lama setelah alam semesta terbentuk. Itu berarti usia The Collector bukanlagi ribuan, melainkan jutaan tahun. Dan karena umurnya yang super panjang, The Collector menghabiskan waktunya untuk mencari benda-benda yang dianggap spesial, seperti tanaman, spesies, dan benda-benda hebat. Yap dia memang memiliki waktu yang banyak untuk mencari dan memperoleh benda-benda tersebut.

Grandmaster

Sama seperti saudaranya, The Collector, Grandmaster juga lahir tak lama setelah alam semesta terbentuk. Dia menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk membuat pertarungan antar spesies, seperti yang kita lihat di planet Sakaar. Grandmaster membuat pertarungan layaknya Gladiator. Yap, di akan mengadu satu sama lain untuk melihat siapa yang akan keluar sebagai pemenang. Sifat licik dan manipulatifnya hampir tak tertandingi, dan dia juga dikenalkan mampu merubah realitas sesuai dengan keinginannya. Mengingat Grandmaster hanya muncul beberapa kali, kemungkinan kekuatannya jauh lebih besar dari itu.

Ego

Ego adalah ayah dari Starlord. Ego menjadi makhluk primordial, yang berarti dia sudah ada sejak awal waktu. Di MCU sendiri, Ego semacam planet yang hidup dan telah mencari tujuan hidup dengan berkelana ke berbagai planet untuk menanamkan benihnya sendiri. Ego mempertanyakan tujuan hidupnya, dan karena itulah dia berkelana ke berbagai planet menggunakan avatar ciptaannya yang berbentuk manusia. Dia menyebar benih agar eksistensinya bisa meluas. Dan setelah hidup jutaan tahun, wajar jika dia memiliki banyak anak yang tersebar di seluruh penjuru galaksi, dan seperti yang disebutkan di atas bahwa Starlord adalah salah satu anaknya.

Itulah dia Geeks beberapa karakter paling tua di MCU. Mereka sudah ada sejak lama, dan memiliki pengaruh yang besar terhadap jalannya cerita. Di antara para karakter tersebut, mana yang menjadi favorit kalian?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/