Tidak semua film horor menjual jumpscare di mana ada yang memang benar-benar menghadirkan cerita seram dan berikut rekomendasi filmnya. Jumpscare atau momen menakut-nakuti dengan membuat penonton kaget merupakan salah satu trik umum yang digunakan dalam film horor. Bahkan, bisa kita katakan jumpscar merupakan salah satu poin penting dalam sebuah film horor. Meskipun begitu, ada beberapa film horor yang memang benar-benar menghadirkan cerita mengerikan dan elemen psikologis dalam ceritanya. Apa saja?

9The Silence Of The Lambs

Masih dari film horor psikologis, rekomendasi film horor tanpa jumpscare selanjutnya adalah salah satu film epik dan ikonik dalam sejarah yaitu The Silence of the Lambs. The Silence of the Lambs adalah film thriller psikologis yang dirilis pada tahun 1991 dan disutradarai oleh Jonathan Demme. Cerita film ini didasarkan pada novel dengan judul yang sama karya Thomas Harris.

Filmnya sendiri berfokus pada sosok karakter bernama Clarice Starling, seorang agen FBI yang baru saja lulus. Dia kemudian diberi tugas oleh atasannya, Jack Crawford, untuk melakukan wawancara dengan sosok Dr. Hannibal Lecter, seorang psikopat jenius yang juga seorang ahli kejiwaan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi tentang kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh pembunuh berantai Buffalo Bill.

Jika Perfect Blue menghadirkan sisi psikologis dari karakter Mima dan bagaimana tekanan dari sang penggemar membuat dia menjadi sosok yang tidak waras, di film ini para penonton akan diajak melihat sisi psikopat seorang manusia melalui cerita dari sosok Hannibal Lecter. Dia bercerita tentang banyak hal mulai anatomi tubuh manusia sampai hal mengerikan seperti memakan daging manusia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.