Penggunaan buah iblis di dunia One Piece memiliki efek samping yang besar di mana kekuatan tersebut sangat menguras stamina. Meskipun mampu untuk memberikan kekuatan dahsyat kepada para penggunanya, tetapi di sisi lain buah iblis juga memiliki berbagai kelemahan. Berbagai efek negatif tersebut memang jarang untuk terungkap atau terlihat, karena sering kali kedahsyatan dari buah iblis menutupi hal tersebut. Salah satunya adalah penggunaan stamina yang luar biasa. Berikut adalah buah iblis yang paling menguras stamina.

7Wapu Wapu No Mi

Salah satu buah iblis baru yang muncul dalam cerita One Piece. Sesuai namanya, Wapu Wapu no Mi memberikan kemampuan kepada penggunanya untuk bisa melakukan teleportasi atau warp dengan mudah dan cepat. Kekuatan tersebut diaplikasikan terhadap penggunanya atau terhadap orang lain. Pemilik dari kekuatan buah iblis ini adalah penembak jitu dari kelompok Kurohige, yaitu Van Augur.

Kemampuan ini pertama kali terungkap di chapter 1063 kemarin. Meskipun belum diketahui termasuk jenis apa Wapu Wapu no Mi, namun dari kekuatan yang diperlihatkan di chapternya kemungkinan ini adalah buah iblis berjenis Paramecia. Dan sejauh ini, selain melakukan teleportasi (warp) masih belum diketahui juga apakah ada kekuatan lain yang bisa dilakukan atau dimiliki oleh kekuatan buah iblisnya.

Melakukan teleportasi apalagi sambil membawa orang lain, seperti yang dilakukan oleh Van Augur dan Catarina Devon di pulau Egghead, tentunya akan sangat menguras stamina. Dan Van Augur pun mengakui bahwa dia masih belum mahir untuk menggunakan kekuatan tersebut. Ketika kemudian dia sudah menguasai kekuatannya, Van Augur mungkin akan bisa lebih presisi dalam melakukan teleportasi dan dalam urusan stamina.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.