Beberapa film yang menghadirkan konsep time travel justru menghadirkan penjelasan yang membingungkan tentang hal tersebut. Menghadirkan penjelasan tentang konsep time travel atau perjalanan waktu tentunya menjadi hal yang perlu dalam sebuah film yang memang menghadirkan elemen tersebut. Ketika seharusnya penjelasan tersebut membuat para penonton menjadi paham akan konsep tersebut beberapa film justru sebaliknya. Beberapa film justru menghadirkan penjelasan tentang time travel yang sangat membingungkan. Apa saja?

6The Terminator

Masih dari film klasik lainnya di era 1980an, yaitu The Terminator. Disutradarai oleh James Cameron, The Terminator menghadirkan cerita di mana bumi mendapatkan invasi dari robot produksi Skynet di tahun 2029. Sarah Connor kemudian bertemu osok dari masa depan, yaitu Kyle Reese yang menyelamatkannya dari serangan Terminator. Kyle kemudian menyatakan bahwa Sarah menjadi sasaran dari serangan di masa depan.

Mereka mengirimkan salah satu robot Terminator untuk kemudian dikirim ke tahun 1984 demi menghabisi nyawa Sarah. Dan dia juga kemudian mengetahui jika perang tersebut akan dihentikan oleh anaknya, John. Sarah dan Kyle sendiri kemudian jatuh cinta yang mana menjadi awal dari kemunculan sosok John. Hal ini sebenarnya merupakan sebuah paradoks yang membingungkan yang sering terjadi pada film yang menghadirkan konsep time travel.

Ketika kemudian objek atau seseorang atau situasi terjadi karena adanya intervensi dari seseorang dari masa depan, maka hal tersebut biasanya akan berakibat pada kemunculan situasi atau objek atau orang lainnya. Hal ini sering menghadirkan sebuah lingkaran situasi yang tidak akan pernah berhenti (causal loop). Dalam cerita The Terminator, terdapat penjelasan jika time travel bisa terjadi karena adanya Time Displacement Equipment.

Butuh energi yang besar untuk melakukan hal tersebut yang mana franchisenya tidak pernah menghadirkan secara detil hal tersebut. Dan di film ini pun dijelaskan bagaimana time travel hanya bisa dilakukan satu kali yaitu dari masa depan ke masa lalu. Kecuali, jika di masa lalu terdapat alat Time Displacement Equipment. Meskipun sebenarnya konsep time travel di film ini tidak terlalu aneh, namun ada beberapa hal yang dianggap kurang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.