Beberapa film yang menghadirkan konsep time travel justru menghadirkan penjelasan yang membingungkan tentang hal tersebut. Menghadirkan penjelasan tentang konsep time travel atau perjalanan waktu tentunya menjadi hal yang perlu dalam sebuah film yang memang menghadirkan elemen tersebut. Ketika seharusnya penjelasan tersebut membuat para penonton menjadi paham akan konsep tersebut beberapa film justru sebaliknya. Beberapa film justru menghadirkan penjelasan tentang time travel yang sangat membingungkan. Apa saja?

5Planet Of The Apes

Planet Of The Apes menghadirkan sebuah cerita bagaimana bumi hancur dalam sebuah peristiwa mengerikan akibat dari ledakan nuklir. Tiga ekor kera kemudian diceritakan berhasil selamat dari kehancuran bumi setelah mereka memperbaiki sebuah kapal luar angkasa dan berhasil pergi dari planet bumi. Namun, mereka kemudian terjebak dalam sebuah gelombang kejut dan melalui sebuah time wrap alias time travel yang tercipta akibat ledakan tersebut.

Film tersebut seolah ingin menghadirkan konsep wormhole dalam ceritanya. Wormhole sendiri merupakan sebuah terowongan yang melalui ruang dan waktu dan bisa digunakan untuk melakukan perjalanan yang jauh lebih cepat bahkan dari cahaya. Inilah yang membuat wormhole dianggap bisa digunakan untuk pergi ke masa depan atau ke masa lalu. Namun, filmnya menghadirkan sebuah hal yang membingungkan.

Menghadirkan sebuah wormhole secara teorinya membutuhkan sebuah zat atau bahan yang disebut sebagai ‘dark matter.’ Dan Dark Matter sendiri tercipta bukan karena sebuah ledakan nuklir. Inilah yang kemudian membuat banyak orang beranggapan jika konsep time travel di film ini membingungkan. Bahkan, dianggap tidak memiliki dasar ilmiahnya. Mereka menganggap ini merupakan “trik murah” dari Hollywood.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.