Demi bisa tayang di sebuah negara, seperti China dan negara lain, ada beberapa adegan film yang akhirnya dirubah demi lolos sensor. Melakukan sensor tentunya jadi satu prosedur yang harus sebuah film lakukan agar bisa tayang. Melakukan sensor juga jadi langkah terakhir sebelum filmnya benar-benar bisa tayang. Namun, di beberapa negara sebuah proyek film terkadang harus rela beberapa adegan dalam filmnya dirubah demi sensor. Berikut adalah beberapa contohnya.

8Pirates Of The Caribbean: At World’s End

Pirates Of The Caribbean: At World’s End merupakan film ketiga dari franchise film Pirates Of The Caribbean. Alur ceritanya sendiri berfokus pada Captain Barbossa, Will Truner, dan Elizabeth Swan, di mana mereka berlayar mengikuti peta yang ada untuk menemukan kapten Jack Sparrow. Dalam petualangannya, mereka kemudian bertemu dengan kelompok bajak laut lainnya.

Dalam salah satu adegan yang bersetting di Singapura, filmnya memperkenalkan sosok bajak laut bernama Sao Feng. Karakter bajak laut tersebut diperankan oleh aktor legendaris Chow Yun Fat. Sebenarnya, sang aktor merupakan sosok yang juga besar baik di Hong Kong ataupun di China, Sehingga, logikanya menghadirkan sosok Chow Yun Fat bisa jadi nilai tambah tersendiri.

Namun, pada akhirnya, adegan yang menghadirkan sosok Sao Feng di film tersebut harus dirubah atau dihilangkan. Alasannya adalah karena karakter Sao Feng sendiri erat kaitannya dengan stereorip orang Asia. Bagaimana Sao Feng digambarkan sebagai sosok jahat juga jadi salah satu hal lainnya yang banyak dikritik. Dan akhirnya, karakter Sao Feng hilang dari filmnya untuk versi tertentu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.