Dalam sebuah film adaptasi seharusnya pembuat film menghadirkan sesuatu yang unik atau mengikuti sumber aslinya, namun film adaptasi ini justru berubah aneh. Melakukan adaptasi sebuah film bukanlah perkara yang mudah, karena ada banyak hal yang perlu untuk dipertimbangkan. Cerita adalah salah satu contohnya. Menghadirkan perubahan cerita dari sumber aslinya memang bukan hal yang aneh. Namun, terkadang, hal tersebut malah membuat film adaptasi tersebut jadi tidak karuan. Berikut adalah beberapa film adaptasi paling aneh dalam sejarah.

8Steel

Film adaptasi aneh lainnya yang berasal dari DC Comics dan ada alasan kuat mengapa kemudian film ini menjadi salah satu yang paling aneh. Film Steel menghadirkan cerita dari sosok John Henry Irons, seorang insinyur senjata yang bekerja untuk perusahaan bernama Amertek. Ketika dia mengetahui bahwa senjata buatannya digunakan oleh kelompok kriminal, Irons kemudian memutuskan untuk menghentikan produksi senjata tersebut.

Namun, saat berusaha menghentikan uji coba senjata baru, John Henry terluka parah dan memutuskan untuk pensiun dari Amertek. Setelah itu, dia memutuskan untuk memanfaatkan pengetahuan yang dia miliki untuk membuat armor yang kuat dan menjadi sosok superhero bertopeng bernama Steel. Film Steel sendiri merupakan adaptasi dari karakter DC Comics dengan nama yang sama yaitu John Henry Irons.

Karakter ini pertama kali muncul dalam komik Adventures of Superman pada tahun 1993. Shaquille O’Neil menjadi pemeran utama dalam film tersebut. Beberapa alasan yang membuat film Steel gagal di pasaran dan jadi salah satu film adaptasi paling aneh adalah kostum yang dikenakan tidak sesuai, alur cerita yang cenderung berbeda jauh dari komiknya, dan nuansa yang dibangun pun terasa aneh. Akting dar O’Neil juga bisa dibilang sangat kurang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.