Meskipun Vegapunk diceritakan tewas di chapter One Piece baru, namun kemungkinan dia tidak benar-benar mati dan berubah menjadi robot. Setelah sempat menjadi misteri di kalangan fans selama puluhan tahun, Oda Sensei akhirnya memperlihatkaan sosok dari ilmuwan paling cerdas di dunia yaitu Vegapunk. Dia muncul di arc Egghead yang masih berjalan saat ini. Di chapter baru kemarin, Vegapunk diduga tewas setelah terkena serangaan Kizaru dan Gorosei Saturn. Namun, kemungkinan Vegapunk tidak tewas di chapter baru One melainkan berubah jadi robot.

3Vegapunk Tewas

Salah satu momen yang paling mengejutkan di manga One Piece chapter 1108 kemarin  adalah bagaimana kondisi Vegapunk yang tidak lagi tertolong.  Hal ini terjadi setelah Vegapunk terkena serangan dari Kizaru. Sebenarnya, Sanji masih berusaha untuk membawa Vegapunk menuju tempat aman dan agar dia segera mendapatkan perawatan. Namun, besar kemungkinan Vegapunk akhirnya tewas.

Memang, belum ada konfirmasi resmi dari Oda apakah kemudian Vegapunk benar-benar tewas dalam momen itu. Namun, seperti yang dibahas dalaam review One Piece chapter 1108 kemarin ada beberapa hal yang bisa dianggap jadi petunjuk mengenai hal ini. Yang pertama adalah kepanikan dari Sanji dan melihat bagaimana luka parah yang Vegapunk derita di tubuhnya.

Seperti yang Geeks ketahui, Vegapunk mengalami dua kali serangan tusukan dari Gorosei Saturn dan juga pedang cahaya Kizaru. Dua kali terkena tusukan mengerikan tentunya cukup masuk akal jika nyawa Vegapunk sulit untuk tertolong. Dan nampak di chapter 1108 kondisi Vegapunk benar-benar sudah sangat parah. Petunjuk kedua adalah bagaimana Vegapunk kemudian menghadirkan sebuah pesan yang disiarkan ke seluruh dunia.

Seperti halnya di film fiksi ilmiah, rekaman tersebut kemungkinan sudah dipersiapkan sedemikian rupa oleh Vegapunk. Dalam hal ini, rekaman tersebut akan secara otomatis menyala ketika Vegapunk diketahui sudah tewas. Kematian Vegapunk ini seolah mengonfirmasi teori para fans sebelumnya yang menyebutkan jika ada kemungkinan Vegapunk akan tewas di arc Egghead.

Dalam chapter sebelumnya terungkap jika World Government mengincar nyawa dari Vegapunk. Mereka ingin menghabisi nyawanya setelah salah satu satelit Vegapunk, York, membocorkan aktivitas penelitian Poneglyph dari Abad Kekosongan. Inilah yang kemudian membuat angkatan laut dan World Government akhirnya bertindak secara represif atau bertindak secara kasar.

Vegapunk sebelumnya mungkin aman karena kru Topi Jerami berada di dekatnya. Dia juga masih memiliki Pacifista dan Seraphim. Namun, peluang Vegapunk untuk tertangkap atau bahkan tewas juga tidak kecil. Dan hal ini terbukti, bagaimana kru Topi Jerami kewalahan menghadapi 30 ribu pasukan angkatan laut, 9 waki admiral, 1 admiral, dan 1 Gorosei. Situasi memang perlahan mulai berbalik saat ini.

Kru Topi Jerami mendapatkan bantuan dari para suku raksasa dan angkatan laut yang justru sekarang mengalami kewalahan. Mereka bahkan berharap jika perintah Buster Call bisa segera dibatalkan. Belum lagi, kini mereka harus berhadapan dengan Pacifista yang mana kendalinya ada di tangan Bonney yang struktur pengendaliannya bahkan jauh lebih tinggi dari Gorosei.

Vegapunk Jadi Robot – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.