Salah satu fakta yang jarang diketahui oleh para fans adalah sebenarnya ada banyak lokasi dari Batcave milik Batman. Sejak pertama kali muncul dalam cerita Detective Comics dan kemudian muncul di seriesnya sendiri, Batman terkenal memiliki markas pribadinya yang bernama Batcave. Umumnya orang mengetahui Batcave terletak di bawah Wayne Manor di kota Gotham. Namun, sebenarnya, terdapat beberapa lokasi Batcave lainnya yang jarang diketahui. Di mana saja?

7Batcave East

Jika Batcave West adaalah Batcave yang ada di wilayah Pantai Barat (West Coast) Amerika, tepatnya di Los Angeles, maka Batman juga memiliki Batcave lainnya yang ada di wilayah Pantai Timur (East Coast) Amerika yang bernama Batcave East. Berbeda dengan Batcave West, yang sengaja dibuat untuk menjadi markas dari tim Outsiders, Batcave East sengaja dibangun untuk digunakan anggota Bat-Family.

Bat-Family sendiri merupakan “keluarga” sekaligus tim yang memang sengaja dibentuk oleh Batman. Beberapa karakter yang jadi bagian dari tim ini adalah Tim Drake, Dick Grayson, Barbara Gordon, dan sebagainya. Dan seperti halnya Batman, Bat-Family sendiri sering juga beraksi di luar Gotham city. ini jadi alasan Bruce menghadirkan Batcave East yang bisa digunakan oleh mereka.

Batcave East pertama kali muncul dalam alur cerita komik Batman Incorporated #7 yang rilis pada 2013. Yang menarik adalah Batcave ini tidak digunakan oleh Batman dalam alur ceritanya, namun digunakan oleh Jason Todd alias Red Hood. Dia menggunakan Batcave East ketika masih menggunakan identitas yang lain yaitu Wingman.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.