Beberapa film box office yang sukses di pasaran cenderung banyak ditiru oleh berbagai pembuat film lainnya untuk menghadirkan formula cerita yang sama. Sebuah film box office yang laku keras atau laku di pasaran tentunya menjadi “panduan” bagi berbagai film lainnya. Mereka berusaha untuk bisa menirukan berbagai hal yang film tersebut hadirkan mulai dari formula cerita, karakter, atau hal lain. Berikut adalah film box office yang banyak ditirukan.

8Trilogi Batman

Trilogi Batman karya Christopher Nolan jadi salah satu trilogi film yang sukses sepanjang sejarah. Meskipun Nolan sebenarnya bukan sosok sutradara yang biasa mengerjakan film adaptasi buku komik, namun bisa dibilang dia berhasil menghidupkan sosok tersebut dengan ciri khasnya sendiri. Trilogi Batman karya Nolan tidak lain adalah Batman Begins, The Dark Knight, dan The Dark Knight Rises.

Yang menarik kemudian adalah bagaimana semua film tersebut mampu mendapat ulasan positif dan sukses besar di box office. Trilogi Batman, khususnya Batman Begins dan The Dark Knight, menjadi film box office yang banyak ditirukan. Mayoritas film yang menirukan kedua judul tersebut berusaha untuk bisa menghadirkan formula cerita yang sama, terutama mengenai cerita asal-usul sebuah karakter.

Seperti yang Geeks ketahui, Batman Begins berhasil dengan sukses memperkenalkan sosok Bruce Wayne dan perubahannya dari sosok pemuda biasa menjadi Batman. Iron Man, The Amazing Spider-Man, Man Of Steel, dan Godzilla, dianggap menjadi film yang menghadirkan formula cerita yang sama dengan trilogi Batman ini. Dan hasilnya bisa dibilang memang berhasil.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.