Meskipun dalam cerita The Lord of the Rings nama Morgoth hanya disebutkan sekilas, namun dia merupakan salah satu karakter yang penting. Dalam hal ini, Morgoth merupakan sosok dark lord atau penguasa kegelapan yang jauh lebih jahat, jauh lebih kuat, dan jauh lebih mengerikan dari Sauron. Banyak dari para fans mungkin lebih mengenal sosok Sauron sebagai penguasa kegelapan atau sosok villain di cerita Lord of the Rings. Namun, ada sosok dark lord yang jauh lebih kuat yaitu Morgoth.

1Morgoth Menghancurkan Middle-Earth

Kehancuran dari Two Trees dan dicurinya permata Silmarils menjadi pemicu dari Wars of Beleriand yang sangat panjang dan berdarah. Dalam perang ini, para elf bersatu untuk bertarung menghadapi para pasukan milik Morgoth di Middle-Earth. Pasca kemunculan bangsa manusia, mereka juga kemudian berpartisipasi dalam konflik tersebut yang mana mereka terbagi menjadi dua kubu.

Ada pihak manusia yang justru bergabung dengan sang Dark Lord, namun ada juga yang berlawanan dengannya. Wars of Beleriand kemudian diakhiri dengan War of Wrath. Kombinasi para pasukan Elf dan Maiar berhasil untuk menghancurkan Morgoth. Perang ini benar-benar sangat mengerikan dan menghancurkan, di mana buktinya sebagian dari wilayah Middle-Earth tenggelam ke lautan.

Peperangan itu jadi penanda berakhirnya era First Age di Middle-Earth. Para Valar kali ini benar-benar menghilangkan Morgoth menuju Timless Void, di mana dia tidak akan pernah bisa lagi merusak Ea. Meskipun begitu, nyatanya kekuatan, kegelapan, dan kejahatan yang sudah Morgoth tanamkan dan sebarkan sudah begitu melekat di Middle-Earth. Sauron dan juga the One Ring adalah bukti nyata dari pengaruh kuat Morgoth.

Sauron menyadari bahwa dia tidak akan sanggup menghadapi para Valar, yang mana dia memutuskan untuk kabur menuju wilayah timur. Setelah bersembunyi selama 500 tahun, Sauron kemudian mulai menjalankan renca jahat yang sudah dia bangun dan bergerak di balik bayang-bayang untuk menjadi Dark Lord kedua. Dan inilah yang kemudian menjadi awal cerita dari The Lord of the Rings yang kita kenal.

Dalam novel The Silmarillion, Tolkien sempat menyebutkan jika Morgoth kemungkinan akan kembali muncul namun tidak ada kelanjutn dari hal tersebut. Dari apa yang sudah diketahui sejauh ini dalam adaptasi karya J.R.R. Tolkien, nama dari Morgoth memang sangat jarang disebut dalam ceritanya. Hal ini kemungkinan karena Morgoth merupakan karakter “prekuel” dari cerita The Lord of the Rings.

Meskipun begitu, Morgoth merupakan sosok yang sangat penting dalam sejarah Middle-Earth, karena dialah yang menciptakan semua kejahatan dan kehancuran yang ada dunia tersebut. Bahkan, seperti yang disebutkan di atas, Sauron dan the One Ring, serta Smaug, merupakan bukti dari pengaruh Morgoth yang sangat kuat. Tanpa Morgoth mungkin kita tidak akan bisa melihat berbagai peristiwa penting di cerita The Hobbit, Lord of the Rings, dan tidak akan ada banyak hal mengerikan yang terjadi.

Berikutnya
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.