Sauron merupakan sosok villain dan penyihir yang sangat populer dari cerita The Lord of the Rings dan mungkin tidak banyak yang tahu jika karakter ini memiliki evolusi wujud. Dalam cerita The Lord of the Ring, nama Sauron mungkin lebih erat dengan makhluk yang memiliki bentuk mata besar yang selalu mengawasi Middle-Earth. Inilah alasannya mengapa kemudian mata itu diberi nama Eye of Sauron. Namun, berbicara mengenai Sauron mungkin tidak banyak yang tahu jika sebenarnya dia memiliki beberapa wujud. Berikut adalah evolusi wujud Sauron.

2Wujud Sauron Dengan Armor

Geeks para penggemar film TLOR garapan Peter Jackson mungkin mengenal Sauron di awal cerita filmnya, di mana dia digambarkan sebagai sosok yang menggunakan armor mengerikan. Ukuran tubuhnya terlihat sepeti manusia, namun jauh lebih besar dari ukuran manusia normal. Di film pertamanya kemudian diperlihatkan bagaimana Sauron berhasil dikalahkan dalam Battle of Dagorlad di era Second Age.

Namun, sebenarnya, wujud Sauron dengan armor tidak pernah ada dalam cerita novelnya. Tolkien tidak pernah menjelaskan jika Sauron merupakan sosok dengan wujud mirip seperti manusia yang mengenakan armor. Apa yang muncul di film tersebut murni merupakan “karakter orisinal” yang memang sengaja dibuat khusus untuk Peter Jackson di film trilogi The Lord of the Rings.

Menurut informasinya, Jackson mendapatkan inspirasi untuk menghadirkan Sauron dalam armor tersebut setelah dia melihat koleksi surat milik Tolkien, di mana banyak yang menggambarkan sosok Sauron sebagai sosok manusia dengan ukuran yang jauh lebih besar. Filmnya sendiri kemudian menghadirkan Sauron sebagai sosok yang tinggi dan mengerikan dengan aarmor miliknya.

Dia juga mampu mengalahkan musuhnya hanya dengaan satu pukulan saja. Series The Rings of Power juga sempat menghadirkan wujud Sauron ini dalam sebuah pertempuran untuk menggulingkan kekuasaan tuannya yaitu Morgoth dalam episode “A Shadow of the Past.”

Wujud Terakhir Sauron – Ke Halaman 4

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.