Maya Lopez merupakan sosok karakter Marvel yang diketahui memiliki nama panggilan Echo dan berikut adalah penjelasan asal-usul nama tersebut. Setelah resmi diperkenalkan di series Hawkeye, Marvel Studios kemudian mempersiapkan sebuah series khusus yang menghadirkan sosok Maya Lopez sebagai bintang utamanya yaitu Echo. Setelah sempat diundur, akhirnya pada 10 Januari kemarin seriesnya resmi tayang perdana. Dalam ceritanya, terdapat penjelasan mengenai asal-usul nama dari Echo.

3Siapa Maya Lopez

Dalam versi MCU, Maya Lopez muncul pertama kali dalam series Hawkeye di tahun 2021 sebagai antagonis lainnya yang mencoba untuk mencari tahu siapa sosok Ronin yang sudah menghabisi ayahnya. Namun, setelah sekian lama menduga jika pembunuh ayahnya adalah Avengers dia baru sadar jika musuh sebenarnya adalah sosok penting dari masa kecilnya yang tidak lain adalah Wilson Fisk alias Kingpin.

Maya Lopez kemudian berusaha untuk membalas dendam terhadap kematian ayahnya dengan menembak Wilson Fisk di akhir series Hawkeye, yang kemudian jadi awal mula series Maya Lopez di MCU, Echo. Dalam seriesnya sendiri kemudian diperlihatkan jika Maya Lopez merupakan keturunan dari suku Choctaw, suku asli yang menghuni wilayah Tamaha, Oklahoma, yang merupakan kampung halaman Maya.

Maya Lopez sudah sedari kecil tungarungu, karena dia mewarisi hal tersebut dari ibunya yang juga merupakan keturunan suku Choctaw. Pasca sebuah kecelakaan yang merenggut nyawa sang ibu serta sebagian kaki dari Maya, dia dan ayahnya kemudian pergi ke New York setelah sang paman, Henry Lopez, memberikan ayahnya pekerjaan. Henry sendiri ternyata merupakan kaki tangan dari Fisk.

Kingpin melihat potensi besar dari dalam sosok Maya, yang mana membuat dia begitu dilindungi dan disayang oleh Fisk. Inilah yang kemudian membuat Fisk menganggapnya sebagai putrinya sendiri. Bahkan, yang lebih dahsyat lagi adalah Fisk ingin Maya Lopez menjadi penerusnya dalam menjalankan kerajaan bisnis yang dia kuasai di kota New York. Namun, Maya Lopez sendiri sudah terlalu marah dan kecewa setelah mengetahui jika Kingpin adalah pembunuh ayahnya.

Inilah yang kemudian jadi sorotan utama di series Echo, bagaimana Maya berusaha balas dendam dan menghancurkan seluruh kerajaan dari Fisk. Meskipun begitu, Maya kemudian menyadari bahwa membalas dendam atas apa yang terjadi bukanlah jalan keluar. Dia pun berusaha untuk “menyadarkan” Kingpin di akhir seriesnya. Dan sekarang, Maya Lopez pun resmi menjadi Choctaw Warrior.

Di Marvel Comics cerita tentang Maya Lopez sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda. Dia memulai petualangannya sebagai seorang vigilante setelah dia menyaksikan sendiri kematian dari sang ayah. Wilson Fisk alias Kingpin kemudian merawat Maya yang masih kecil dan menyalahkan kematian dari sang ayah kepada Daredevil demi menutupi fakta bahwa dialah yang sudah membunuhnya.

Maya kemudian tumbuh menjadi seorang petarung yang sangat handal dan mengerikan, yang mana inilah yang kemudian membuat Fisk begitu mengandalkan sosok Maya. Jika dalam versi MCU sosok Ronin yang menyadarkan Maya jika Kingpin adalah pembunuh ayahnya, maka di komiknya sosok Daredevil yang melakukan hal tersebut. Dia juga kemudian sempat menjadi rekan dari Daredevil.

Penjelasan Nama Echo – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.