Genre mecha di industri aanime sudah jadi salah satu hal yang sangat ikonik, namun beberapa anime menghadirkan desain mecha yang unik. Anime dengan genre mecha memang jadi salah satu genre yang mungkin bersifat segmented atau hanya digemari oleh para fans yang memang senang dengan hal berbau robot. Mobile Suit Gundam, Astro Boy, Evangelion, mungkin adalah beberapa judul anime mecha yang sering jadi panutan bagi anime dengan genre serupa terutama untuk desain mechanya. Namun, ada beberapa anime yang memiliki desain mecha unik. Apa saja?

10Super Dimension Fortress Macross

Anime yang menghadirkan desain mecha unik yang pertama adalah anime yang berasal dari era 1980an, yaitu Super Dimension Fotress Macross. Premis cerita dari Macross sendiri cukup sederhana sebenarnya, di mana manusia diperlihatkan mencoba bertahan dari serangan alien. Mereka menggunakan berbagai pesawat tempur untuk bertahan dari serangaan alien, namun pesawat itu memiliki teknologi alien.

Meskipun teknologi kendaraan atau pesawat tempur bisa bertransformasi menjadi sesuatu bukan menjadi sesuatu yang baru, yang kemudian membedakan mecha dalam cerita Macross adalah sebuah fitur di salah satu modenya. Nama modenya sendiri adalah GERWALk atau Ground Effective Reinforcement of Winged Armament with Locomotive Kne–Joint.

Simpelnya, mecha di series anime Macross ini bisa tetap mempertahankan penampilan atau bentuk dari pesawat jet mereka sambil juga merubah, memanjangkan, serta melakukan perubahan terhadap komponen di tubuh mereka. Dalam seriesnya, mode GERWALK membuat mecha tersebut bisa terbang rendah sambil juga menggunakan senjata mereka.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.