Genre mecha di industri aanime sudah jadi salah satu hal yang sangat ikonik, namun beberapa anime menghadirkan desain mecha yang unik. Anime dengan genre mecha memang jadi salah satu genre yang mungkin bersifat segmented atau hanya digemari oleh para fans yang memang senang dengan hal berbau robot. Mobile Suit Gundam, Astro Boy, Evangelion, mungkin adalah beberapa judul anime mecha yang sering jadi panutan bagi anime dengan genre serupa terutama untuk desain mechanya. Namun, ada beberapa anime yang memiliki desain mecha unik. Apa saja?

9Neon Genesis Evangelion

Evangelion adalah series anime yang bukan hanya memberikan perubahan yang sangat signifikan terhadap anime untuk genre Mecha, tapi juga merubah pandangan terhadap industri anime secara keseluruhan. Series Neon Genesis Evangelion tayang pada 1995 silam dan benar-benar memberikan arti baru terhadap genre Mecha. Saking besarnya pengaruh Evangelion, di Jepang sendiri Evangelion sudah dianggap sebagai fenomena budaya.

Sama seperti genre Mecha lainnya, Evangelion berkisah tentang tiga orang remaja yang menjalankan misi untuk menyelamatkan dunia. Dalam ceritanya, sosok Shinji Ikari mendapatkan tugas untuk menjadi pilot bagi mecha yang disebut sebagai EVA Unit. Yang membuat desain mecha dari anime Evangelion unik adalah penampilan serta perawakan dari EVA Unit tersebut.

Dalam series Gundam, para mecha berdiri dengan tegak dan kokoh. Namun, EVA Unit nampak terlihat lebih bungkuk postur tubuh atau perawakannya serta lebih ramping dari mecha yang muncul di series Gundam. Yang juga berbeda adalah jika bentuk wajah dari mecha Gundam nampak gagah dan terlihat heroik, justru desain wajah dari EVA Unit terlihat menyeramkan karena mirip iblis. Seriesnya juga menyebutkan jika EVA Unit merupakan gabungan antara organik dan mekanik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.