Star Wars adalah film yang fenomenal. Ketika dirilis pertama kali di tahun 1977 lewat film pertamanya berjudul Star Wars Episode IV: A New Hope, franchise ini langsung melejit dan digemari orang-orang. Karena itulah franchise ini terus berlanjut bahkan hingga sekarang, setelah hampir 50 tahun. Nah setelah kesuksesan di film pertama, banyak pembuat film yang mencoba menirukan Star Wars, dan meniru berbagai elemen di dalamnya. Apa saja film yang dianggap oleh banyak orang menirukan Star Wars? Simak berikut ini Geeks!

The Man Who Saved the World

The Man Who Saved the World lebih dikenal sebagai film Star Wars dari Turki yang dirilis pada tahun 1982. Film ini memang dibuat dengan anggaran rendah, sehingga wajar saja jika kita akan melihat banyak potongan adegan yang buruk di dalamnya. Selain itu, orang-orang yang terlibat di dalam filmnya pun pasti sangat asing di telinga kita, di mana filmnya disutradarai oleh Cetin Inanc, dengan naskah buatan Cuneyt Arkin.

Menariknya, Cuneyt Arkin tidak hanya menulis naskahnya saja, tetapi juga turut membintangi filmnya bersama dengan beberapa nama lain seperti Aytekin Akkaya dan Fusun Ucar. Filmnya menceritakan tentang dua penjelajah dari luar angkasa yang mendarat di sebuah planet gurun mirip Tatooine.

Nah jika dalam Star Wars kita disuguhkan dengan pertarungan antar pengguna lightsaber, sementara dalam film The Man Who Saved the World, kita akan disuguhkan dengan pertarungan menggunakan tangan kosong dan seni bela diri. Mereka kemudian bertemu dengan seorang penyihir yang ingin menaklukkan Bumi. Di awal film, kita akan juga diperlihatkan deretan pesawat mirip di Star Wars, dan pasukan-pasukan yang juga mirip Stormtrooper.

Starchaser: The Legend of Orin

Starchaser: The Legend of Orin mengikuti kisah seorang pemuda bernama Orin, yang tinggal di sebuah planet yang dikuasai oleh seorang tiran jahat bernama Zygon. Orin menemukan sepotong kristal misterius yang mengubah hidupnya dan memicu petualangan epik. Orin kemudian memulai perjalanan untuk menyelamatkan seorang putri yang diculik.

Seiring dengan perjalanannya, Orin menemukan fakta bahwa kristal yang ia miliki memiliki kekuatan mirip seperti kekuatan The Force di Star Wars dapat digunakan untuk melawan kekuasaan jahat Zygon. Film ini memang meniru banyak aspek dari Star Wars, seperti sang karakter utama yang berpetualang dengan dua robot pembantu, dihadirkannya seorang putri mirip Leia Organa, dan masih banyak lagi.

Meski memiliki banyak kemiripan, tetapi film ini dibuat dengan sangat “niat” karena menjadi salah satu film animasi pertama yang menggunakan teknologi 3D dalam beberapa adegannya. Meskipun animasi 3D tersebut mungkin terlihat sederhana dibandingkan dengan standar saat ini, tetapi pada masanya itu merupakan langkah yang signifikan.

Krull

Krull mengisahkan tentang petualangan pangeran bernama Colwyn yang berusaha menyelamatkan calon istrinya, Lyssa, dari cengkeraman makhluk jahat bernama “The Beast”. Pada hari pernikahan mereka, istana mereka diserang oleh pasukan monster yang dikirim oleh The Beast. Lyssa diculik dan dibawa ke benteng yang berpindah-pindah, yang dikenal sebagai Krull.

Colwyn, dengan bantuan sekelompok pahlawan termasuk seorang penyihir tua bernama Ynyr dan sekelompok pengembara yang unik, memulai perjalanan epik mereka untuk menyelamatkan Lyssa. Mereka harus mengatasi berbagai rintangan, termasuk makhluk-makhluk aneh, medan yang berbahaya, dan pasukan The Beast. Film ini disutradarai oleh Peter Yates dan diproduksi oleh Ron Silverman.

Krull menjadi film sci-fi fantasy yang dianggap mirip Star Wars karena memang berfokus kepada kisah di luar angkasa. Kisahnya juga berfokus tentang keluarga kerajaan yang akan menguasai galaksi. Filmnya pun rilis di tahun yang sama dengan Star Wars: Episode VI – Return of the Jedi, meski pada akhirnya film ini kalah saing di box office, dan dikiritik oleh kritikus.

The Last Starfighter

The Last Starfighter adalah sebuah film sci-fi adventure yang dirilis pada tahun 1984, dan disutradarai oleh Nick Castle. Ceritanya berkisah tentang seorang pemuda bernama Alex Rogan, yang tinggal di trailer park dan terjebak dalam kehidupan kecilnya. Suatu hari, saat bermain game video, Alex mencapai skor tertinggi dalam permainan “Starfighter.”

Ternyata, game tersebut adalah program rekrutmen yang dibuat oleh Aliansi untuk menemukan pilot handal demi melawan armada luar angkasa jahat yang dikenal sebagai Ko-Dan. Centauri, seorang alien, muncul di Bumi dan mengungkapkan bahwa Alex sekarang harus menerima tugas nyata sebagai pilot pesawat luar angkasa The Gunstar. Alex pun diangkut ke dunia luar angkasa untuk melibatkan diri dalam pertempuran antar bintang.

Ada banyak kemiripan film ini dengan Star Wars. Hal tersebut bisa kita lihat dari sang karakter utama yaitu Alex yang memiliki kemiripan dengan Luke Skylwaker. Keduanya sama-sama harus menghadapi armada lawan di luar angkasa. Selain itu, keduanya pun memiliki kemiripan dari segi karakter dan sifat. Kita pun disuguhkan dengan pesawat-pesawat luar angkasa yang juga memiliki desain mirip dengan Star Wars.

Battle Beyond the Stars

Battle Beyond the Stars disutradarai oleh Jimmy T. Murakami. Ceritanya memang diadaptasi dari kisah “Seven Samurai” karya Akira Kurosawa, hanya saja dibuat versi luar angkasanya. Di sini kita diceritakan tentang sebuah planet bernama Akir yang diserang oleh panglima perang jahat bernama Sador yang memaksa penduduknya untuk menyerahkan sumber daya mereka.

Seorang pemuda bernama Shad dari planet Akir berangkat mencari bantuan untuk melawan ancaman Sador. Dia mengumpulkan sekelompok pahlawan dan kapal angkasa yang unik untuk membentuk aliansi yang kuat, mengingat bahwa mereka tidak memiliki kekuatan militer yang cukup untuk menghadapi Sador sendirian. Bersama dengan mentor lama, Cowboy, dan timnya, Shad bersiap untuk menghadapi Sador dan pasukannya dalam pertempuran luar angkasa yang epik.

Di sini, kita bisa melihat pertempuran di luar angkasa yang mirip dengan Star Wars, baik dari segi karakter, desain pesawat, dan pertempuran yang dihadirkan bisa dibilang hampir keseluruhannya memiliki kemiripan dengan Star Wars. Bahkan poster Battle Beyond the Stars pun memiliki tone warna dan desain keseluruhan yang mirip dengan poster Star Wars A New Hope.

Spaceballs

Film Spaceballs yang rilis tahun 1987 memang dibuat sebagai parodi dari Star Wars. Film yang disutradarai oleh Mel Brooks ini mengambil setting di ruang angkasa dan mengisahkan tentang planet Spaceball yang membutuhkan pasokan udara segar. Penguasa planet tersebut, President Skroob, berencana mencuri atmosfer planet tetangga, Druidia. Untuk melakukannya, mereka menculik putri Druidia, Princess Vespa.

Sementara itu, seorang pahlawan luar biasa yang bernama Lone Starr dan sahabatnya, Barf, mendapatkan tugas untuk menyelamatkan Princess Vespa. Mereka juga harus menghadapi ancaman dari Dark Helmet, seorang komandan jahat dari Spaceball. Karakter Lone Starr sendiri adalah parodi dari Han Solo, sementara Barf adalah parodi dari Chewbacca. Sementara itu Putri Vespa menjadi parodi dari Putri Leia, dan Yogurt adalah parodi dari karakter Yoda.

Menariknya film ini pun menghadirkan sebuah kekuatan bernama Schwartz yang menjadi parodi dari kekuatan The Force. Spaceballs secara khusus mengambil inspirasi dari seri Star Wars, dan banyak adegan dalam film ini memparodikan momen-momen terkenal dari film-film tersebut. Di film ini, Mel Brooks berperan ganda, tidak hanya sebagai President Skroob tetapi juga sebagai Yogurt

Itulah dia Geeks beberapa film yang dianggap meniru Star Wars, karena berbagai elemen yang dihadirkan, mulai dari cerita, karakter, dan latar yang digunakan. Di antara beberapa film tersebut, mana yang pernah kalian tonton Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/