Ketika kualitas cerita dari sebuah film terlalu bagus, hal tersebut justru jadi mimpi buruk karena malah hancurkan franchisenya. Sebuah franchise yang besar dan bagus lahir dari film-film yang memang memiliki kualitas yang juga bagus. Sudah ada banyak contoh franchise film yang bertahan hingga sekarang karena kualitas filmnya. Namun, ada beberapa film yang dianggap terlalu bagus justru malah hancurkan franchisenya yang sudah terbangun sebelumnya. Apa saja?

9First Blood

Film pertama dari franchise Rambo, yang sukses untuk membawa nama Sylvester Stallone terkenal di kancah Hollywood. First Blood bercerita tentang John Rambo, seorang veteran perang Vietnam, yang kembali dari perang dan berusaha untuk menemui teman-temannya setelah dia kembali dari Vietnam. Namun, ketika dia pergi ke sebuah kota kecil Rambo justru dianggap sebagai sosok yang jahat.

Para polisi lokal di wilayah tersebut berusaha untuk membuat John Rambo keluar dari wilayah tersebut, karena dianggap meresahkan. Namun, Rambo kemudian melawan dengan memperlihatkan kemampuan militer yang dia miliki. Filmnya sendiri coba untuk mengangak realita tentang peperangan dan juga kematian, serta apa yang terjadi kepada para veteran perang.

Sukses dengan film First Blood, film selanjutnya coba untuk mengangkat cerita yang hampir sama dengan beberapa formula cerita yang dirubah. Namun, dalam film sekuelnya tersebut Rambo nampak lebih seperti mesin perang daripada sosok veteran perang. Dan ceritanya sendiri kurang memberikan dampak yang besar seperti halnya film First Blood. Bahkan, di filmnya yang terakhir, Last Blood, justru dia harus berhadapan dengan kartel yang mana membuat banyak fans kurang meminati ceritanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.