Meskipun terkenal sebagai wakil dari Monkey D Dragon, mengapa kemudian reputasi dari Sabo justru lebih tinggi dari mentor sekaligus pemimpinnya? Sabo merupakan rekan masa kecil dari Portgas D Ace dan juga Monkey D Luffy. Sempat disangka tewas, Sabo ternyata berhasil diselamatkan oleh Dragon dan jadi bagian dari Pasukan Revolusi. Yang menarik adalah sekarang reputasi dari Sabo jauh lebih tinggi dari Monkey D Dragon.

2Alasan Reputasi Sabo Lebih Tinggi

Seperti yang Geeks ketahui, seluruh orang-orang di dunia One Piece mengenal sosok Monkey D Dragon. Reputasi Dragon di dunia One Piece sangat luar biasa, di mana siapapun yang mendengar namanya pasti akan ketakutan. Bukti nyata dari hal ini bisa kita lihat saat nama Dragon pertama kali disebutkan di arc Water Seven dan juga ketika pertempuran puncak di Marineford.

Dragon sendiri diketahui memiliki julukan ‘penjahat paling buruk’ serta ‘penjahat yang paling dicari’ oleh pihak World Government. Namun, sampai sekarang, apa alasan Dragon mendapatkan reputasi tersebut masih belum Oda Sensei hadirkan. Yang menarik adalah seiring perjalanan cerita, terlepas dari reputasi luar biasa Dragon ternyata reputasi Sabo kini mulai juga ikut beranjak.

Bahkan, reputasi dari Sabo tersebut sekarang sudah berhasil melampaui sang mentor dan juga pemimpinnya. Apa yang kemudian menjadi alasan reputasi Sabo jauh lebih tinggi dari Dragon saat ini? Dari apa yang muncul dalam ceritanya, alasan yang paling jelas dari pertanyaan tersebut adalah karena Sabo jauh lebih banyak terlibat dalam pertempuran. Dia berhasil merebut simpati banyak orang.

Harus diakui jika reputasi Monkey D Dragon dan Pasukan Revolusi memang sangat dahsyat. Namun, pasca Pasukan Revolusi sudah berkembang jadi organisasi besar dan jadi ancaman bagi World Government dia sudah mulai tidak banyak terlibat dalam pertempuran. Dia lebih mempercayakan semua urusan pertempuran di berbagai wilayah kepada para komandannya seperti Bello Betty, Karasu, Morley, dan tentunya Sabo.

Dengan Sabo yang aktif membantu wilayah lain dalam pertempuran menghadapi pasukan World Government, hal tersebut membuat Sabao mendapatkan banyak simpati dari orang-orang tersebut. Mereka menganggap Sabo sebagai pahlawan dan juru selamat mereka, yang mana julukan “Flame Emperor” begitu bergema di banyak wilayah sehingga membuat angkatan laut khawatir.

Sabo juga cukup banyak mendapatkan sorotan dunia, mulai dari aksinya pasca Reverie saat menyelamatkan Kuma hingga tuduhan sebagai pelaku pembunuhan Nefertari Cobra. Berbagai hal yang mengarah pada sosok Sabo tersebut yang kemudian membuat reputasinya kemudian melonjak tajam, yang mana pada akhirnya reputasi tersebut berhasil melampaui reputasi dari Dragon.

Ke Halaman 3 – Dampak Reputasi Sabo

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.