Selain sosok Shanks, terdapat beberapa karakter bajak laut terkuat lainnya yang juga sama-sama berasal dari era yang sama dengan sang karakter. Shanks merupakan salah satu karakter yang sangat orang-orang perhitungkan dalam cerita One Piece. Hampir semua orang mengenal dan tahu siapa sosok Shanks. Namun, sebenarnya banyak juga karakter bajak laut terkuat yang berasal dari era yang sama dengan sosok Shanks. Siapa saja?

6Marco

Marco merupakan mantan tangan kanan dan juga komandan pertama dari bajak laut Whitebeard. Hal ini berkat kemampuannya dalam bertarung juga berkat buah iblis legendaris dengan model burung Phoenix, sehingga Marco memiliki kekuatan burung Phoenix dan julukan Marco the Phoenix. Setelah tewasnya Whitebeard dalam pertempuran di Marineford, Marco yang kemudian jadi pemimpin dari sisa kelompok bajak laut tersebut.

Menurut Gorosei atau lima tertua bintang, Marco merupakan orang yang memiliki kemampuan untuk bisa mengalahkan Blackbeard. Kurang lebih satu tahun setelah peristiwa Edd War, kelompok bajak laut Roger kemudian harus bertempur dengan kelompok bajak laut Whitebeard di sebuah pulau yang ada di Grand Line. Ini adalah pertempuran terakhir antara Roger dengan Whitebeard.

Eiichiro Oda memang tidak memperlihatkan pertarungannya, tapi kemungkinan Shanks bertarung melawan Marco atau Teach. Sejauh ini, memang tidak pernah ada momen yang memperlihatkan Marco menghadapi Shanks namun dia mengakui kekuatan dari Marco. Bahkan, dia sempat mengajak Marco untuk bergabung dengan kelompok bajak lautnya yang mana hal ini jelas ditolak.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.