Selain sosok Shanks, terdapat beberapa karakter bajak laut terkuat lainnya yang juga sama-sama berasal dari era yang sama dengan sang karakter. Shanks merupakan salah satu karakter yang sangat orang-orang perhitungkan dalam cerita One Piece. Hampir semua orang mengenal dan tahu siapa sosok Shanks. Namun, sebenarnya banyak juga karakter bajak laut terkuat yang berasal dari era yang sama dengan sosok Shanks. Siapa saja?

5Crocodile

Crocodile juga merupakan salah satu bajak laut terkuat dari era Shanks lainnya sekaligus juga salah satu mantan Shichibukai. Dia berhasil ditangkap dan dipenjara ke Impel Down setelah peristiwa Alabasta Saga dalam cerita One Piece. Menjadi bajak laut yang sangat berbahaya, Crocodile dikurung di penjara level 6. Dengan kekuatan tipe Logia Suna Suna no Mi, Crocodile merupakan ancaman besar bagi hampir semua orang yang ada levelnya.

Setelah sempat dipenjara di Impel Down, dia kembali muncul dan mulai kembali aktif terlibat dalam berbagai peristiwa besar. Yang paling baru adalah Crocodile membentuk organisasi Cross Guild bersama Mihawk dan Buggy. Nilai buruan atau bounty dari Crocodile sendiri yang terbaru dari Crocodile adalah 1,965 miliar Belly. Angka tersebut hampir mendekati bounty dari Blackbeard di awal dia terpilih menjadi Yonko.

Namun, yang membuat Crocodile jadi salah satu karakter yang berbahaya sekaligus kuat adalah karena dia merupakan sosok yang cerdas. Kecerdasannya membuat dia kemudian bisa menyusun rencana kudeta di kerajaan Alabasta, sebelum kemudian Luffy berhasil menggagalkannya. Dan kecerdasannya ini juga yang kemudian menjadi awal terbentuknya Cross Guild.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.