DC Comics telah menjadi rumah bagi beberapa karakter pahlawan super paling ikonik dalam sejarah komik. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 10 karakter pertama yang muncul dalam komik-komik DC, memberikan gambaran lengkap tentang cerita lengkap komik mereka, bagaimana mereka pertama kali memasuki dunia komik, karakteristik mereka, dan siapa yang menciptakan mereka.

10Superman – Action Comics (Vol. 1)

Cerita lengkap komik Superman dimulai dengan penampilannya yang epik dalam “Action Comics” (Vol. 1) #1 yang diterbitkan pada tahun 1938. Superman adalah ciptaan dari penulis Jerry Siegel dan seniman Joe Shuster, yang menciptakan pahlawan super yang segera menjadi legenda dalam dunia komik.

“Action Comics” #1 menghadirkan Superman sebagai seorang alien dari planet Krypton yang tiba di Bumi sebagai bayi setelah planet asalnya mengalami kehancuran. Dia ditemukan oleh pasangan petani Kent, Jonathan dan Martha, yang mengadopsinya dan memberinya nama Clark Kent. Sebagai anak, Clark mulai menyadari bahwa dia memiliki kekuatan luar biasa yang diberikan oleh matahari Bumi yang berbeda dari matahari Krypton. Dia memiliki kekuatan super, termasuk kekuatan fisik yang tak terbantahkan, kemampuan terbang, dan penglihatan sinar-X.

Ketika dewasa, Clark Kent menjadi wartawan di surat kabar Daily Planet di Metropolis dan menggunakan identitas sipil ini untuk melindungi identitas aslinya sebagai Superman. Ia membantu mereka yang dalam bahaya dan memerangi kejahatan di kota Metropolis dan di seluruh dunia.

Cerita “Action Comics” #1 mengikuti Superman yang memecahkan kasus korupsi politik, menyelamatkan seorang wanita dari eksekusi mati yang salah, dan bahkan menghentikan kekerasan domestik. Dalam beberapa cerita singkat ini, Superman memperlihatkan bahwa ia adalah pahlawan bagi yang lemah dan teraniaya, dan bahwa keadilan adalah misinya.

Majalah “Action Comics” #1 tidak hanya menandai debut Superman, tetapi juga memulai era pahlawan super dalam komik. Pada saat itu, konsep pahlawan super dengan kekuatan luar biasa adalah sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya dan segera menjadi fenomena yang mendunia. Kesuksesan Superman telah membuka jalan bagi banyak karakter ikonik dalam DC Comics dan komik secara umum. Dalam waktu singkat, Superman menjadi simbol keadilan dan kekuatan yang melindungi yang lemah dari para penindas, dan warisan ini masih terus berlanjut hingga hari ini.

Kembali
Oky Handiman
Oky merupakan salah satu founder dari Greenscene, ia juga turut berperan sebagai Operational Director. Passionnya terhadap topik seputar pop culture membuat ia terkadang ikut coverage untuk beberapa pembahasan yang tengah hangat.