Banyak dari fans One Piece yang penasaran mengapa kemudian Roger dan Garp bantu naga langit dalam peristiwa bersejarah di God Valley. Saat Sengoku memperkenalkan pulau God Valley dalam arc Wano dijelaskan juga jika ada insiden bersejarah yang muncul di pulau itu. Dalam peristiwa tersebut diketahui jika Garp dan Roger bekerja sama untuk bantu melindungi naga langit. Namun, mengapa kemudian mereka melakukan hal tersebut?

Kaum Naga Langit di One Piece

roger garp naga langit

Chapter 1095 manga One Piece memperlihatkan jika World Government, terutama kaum naga langit, sangat terobsesi dengan ras atau bangsa tertentu. Mereka bahkan menerjunkan berbagai agen Cipher Pol untuk pergi ke berbagai rumah sakit demi mencari informasi mengenai ras tertentu yang mereka inginkan. Dan ini jadi awal mula kisah masa lalu dari Bartholomew Kuma.

Kuma dan kedua orang tuanya kemudian menjadi budak bagi kaum naga langit sebelum mereka tewas. Para kaum naga langit juga nampak tidak peduli dengan usia budak mereka. Hal ini terbukti ketika Kuma masih kecil dia sudah mendapatkan perlakuan kasar serta berbagai kekerasan dari para kaum naga langit. Dan yang mengerikan adalah insiden di God Valley berkaitan dengan sifat “aneh” dari kaum naga langit.

Setiap tiga tahun sekali, kaum naga langit mengadakan sebuah turnamen di mana mereka akan berburu penduduk lokal di sebuah pulau. Mereka semua menjadi target buruan beserta dengan para budak yang terkadang jadi hadiah dari turnamen tersebut, seperti yang terjadi kepada Kuma. Tidak diketahui sudah berapa lama tradisi ini berjalan dan berapa banyak ras yang sudah punah.

Jadi, pada intinya, chapter 1095 benar-benar menunjukan sifat asli dan mengerikan dari kaum naga langit yang sudah berjalan sejak lama. Mereka nampak tidak peduli dengan nyawa orang lain yang mereka anggap berada di bawah mereka kastanya. Melihat hal ini tentu rasanya wajar jika kemudian banyak yang penasaran apa yang sebenarnya terjadi saat insiden God Valley terjadi.

Alasan Garp dan Roger Bantu Kaum Naga Langit

roger garp naga langit

Peristiwa mengerikan kemudian terjadi pada 28 tahun lalu ketika turnamen perburuan penduduk lokal diselenggarakan. Menurut penuturan Sengoku, kelompok bajak laut Rocks D Xebec datang ke pulau God Valley dan langsung menyerang kaum naga langit. Tetapi, dalam momen itu kaum naga langit kemudian mendapatkan perlindungan dari angkatan laut terutama dari sosok Monkey D Garp.

Yang unik kemudian adalah dalam pertempuran melawan Rocks, Garp tidak sendirian. Dia mendapatkan bantuan tenaga dari kelompok bajak laut Roger. Kerja sama tersebut pada akhirnya berhasil membuat kelompok Rocks kalah dan akhirnya bubar. Para fans pun jelas penasaran dengan hal ini yang mana memunculkan pertanyaan besar mengapa Garp dan Roger kemudian mau bantu melindungi kaum naga langit.

Perlu jadi catatan bahwa Garp sangat membenci kaum naga langit. Dia tidak ingin menerima promosi jabatan menjadi admiral karena, dia tidak mau jadi alat bagi kaum naga langit. Garp juga sering kali digambarkan sebagai sosok angkatan laut yang bermoral dan memiliki prinsip serta baik hati, seperti halnya koby, Smoker, dan bahkan Fujitora. Mereka bergerak sesuai dengan hati nurani dan kemanusiaan.

Apa yang Garp perlihatkan nyatanya juga terjadi kepada Roger. Meskipun dia adalah bajak laut, Roger tidak pernah membuat keonaran atau melakukan hal jahat kepada pihak lainnya. Hal ini bisa kita lihat bagaimana Roger menjalin kerja sama dengan Oden, Neptunes, dan bahkan penduduk Zou sesuatu yang juga dilakukan oleh Luffy saat ini dalam cerita One Piece.

Sehingga, jika kita bisa simpulkan dari berbagai hal yang ada, kemungkinan besar alasan mengapa Garp dan Roger bantu kaum naga langit tidak lain adalah karena dasar kemanusiaan. Rocks diyakini sengaja menyerang kaum naga langit karena ingin menjadi penguasas dunia. Namun, Garp dan Roger melihat ada pihak yang tidak berdosa dalam insiden tersebut sehingga memutuskan untuk menghentikan apa yang Rocks lakukan.

Meskipun kemudian Garp dan juga Roger membenci kaum naga langit, tentu tidak masuk akal jika mereka melindungi mereka tanpa alasan yang jelas. Artinya, yang paling masuk akal adalah kelompok Rocks benar-benar sudah jadi sebuah ancaman besar yang sangat berbahaya. Karena itulah, mau tidak mau Roger dan Garp harus menghentikan Rocks dan juga para krunya.

Alasan Lain

roger garp naga langit

Selain karena alasan kemanusiaan, alasan lainnya yang cukup masuk akal adalah karena Garp adalah seorang angkatan laut. Mau tidak mau memang sudah menjadi tugas dan kewajibannya untuk melindungi sosok yang ada di atas mereka, yang tidak lain adalah kaum naga langit. Garp mungkin memang membenci mereka, tetapi dia terpaksa untuk melakukan hal tersebut.

Di sisi lain, Roger sendiri kemungkinan memiliki alasan tersendiri mengapaa dia mau membantu Garp. Bisa jadi adalah karena Roger ingin merebut salinan Road Poneglyph yang Rocks miliki. Inilah yang kemudian membuat Roger memiliki modal untuk bisa pergi menuju Laugh Tale dan berhasil mendapatkan titel raja bajak laut. Menarik tentunya untuk menantikan apa yang akan Oda hadirkan mengenai insiden God Valley ini dan berbagai fakta menarik di balik hal tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.