Bagaimana jika sebenarnya ras Buccaneer dalam alur cerita One Piece sebenarnya tidak jahat dan tidak seperti yang diketahui orang-orang? Setelah sekian lama jadi misteri, akhirnya Eiichiro Oda ungkap sedikit tentang masa lalu dari Bartholomew Kuma. Ternyata, Kuma harus menjalani masa kecilnya dengan sama berat. Kedua orang tuanya tewas akibat dihabisi nyawanya oleh kaum naga langit. Kuma juga jadi budak dan hampir saja ikut tewas.

Ras Buccaneer di One Piece

ras buccaneer one piece

Namun, kejutan terbesar yang para fans dapatkan kemudian adalah ternyata Kuma berasal dari sebuah ras bernama ras Buccaneer. Seperti yang terungkap di chapter sebelumnya, Bonney sempat menyebutkan jika sang ayah merupakan bagian dari ras khusus atau ras spesial yang membuatnya menjadi incaran dari World Government. Sayangnya, Oda Sensei tidak pernah menjelaskan tentang hal tersebut.

Chapter 1095 manga One Piece akhirnya menghadirkan jawaban dari teka-teki asal-usul ras Kuma. Dalam momen kilas balik yang terjadi kepada Bonney, terungkap jika Kuma merupakan bagian dari sebuah ras yang disebut sebagai ras Buccaneer. Ras ini disebut sebagai kelompok orang yang pernah melakukan dosa atau kesalahan besar berupa kejahatan di masa lalunya.

Yang menarik adalah ras Buccaneer memiliki darah atau DNA dari suku raksasa dalam tubuh mereka. Inilah yang kemudian membuat mereka berbeda dan sangat kuat. Kuma sendiri sebenarnya lahir di keluarga yang normal, di mana ibunya adalah manusia biasa. Namun, ayahnya merupakan bagian dari ras Buccaneer. Informasi mengenai Kuma tersebut sampai ke telinga agen World Government.

Akibat dari hal tersebut, kedua orang tua Kuma pun kemudian dijadikan budak oleh kaum naga langit. Setelah kematian dari sang ibu, Kuma dan ayahnya kemudian dipenjara. Orang-orang yang menjadi bagian dari Ras Buccaneer sepertinya memang menjadi incaran dari pihak World Government mengingat kekuatan dahsyat yang mereka miliki, berkat DNA suku raksasa. Namun, belum ada informasi apakah ras Buccaneer ini merupakan salah satu dari tiga ras langka di dunia One Piece.

Propaganda World Government

ras buccaneer one piece

Meskipun Oda akhirnya mengungkapkan ras dari Kuma, yaitu ras Buccaneer di mana mereka dianggap sebagai ras yang pernah berbuat jahat, belum ada informasi mengenai kejahatan apa yang kemudian membuat orang-orang tertentu dianggap sebagai bagian dari ras tersebut. Selain itu, apa alasan mereka begitu diincar oleh para World Government juga masih jadi misteri.

Hal ini pun memunculkan beragam spekulasi di kalangan fans dan salah satu yang menarik adalah pernyataan jika ras Buccaneer berisi para mantan penjahat sebenarnya adalah propaganda dari World Government. Apa maksudnya? Dalam spekulasi ini dijelaskan jika ras Buccaneer bisa jadi sebenarnya bukan ras para mantan penjahat. Mereka kemungkinan tidak berbeda dari ras spesial lainnya.

Meskipun begitu, tentunya ada alasan mengapa kemudian ras Buccaneer dianggap sebagai ancaman dan mengapa pihak World Government sampai harus membuat propaganda. Jika kita melihat sosok Kuma dan juga keluarganya, rasanya sulit untuk menerima fakta bila Kuma dan keluarganya serta ras Buccaneer adalah mantan penjahat atau pernah melakukan kejahatan.

Memang, bukan hal mustahil mereka pernah benar-benar melakukan kejahataan. Tetapi, bisa jadi ada alasan lain mengapa mereka kemudian dikucilkan dan dipandang rendah. Salah satu kemungkinan yang paling masuk akal adalah ras Buccaneer menjadi salah satu ras yang menentang pihak World Government. Dalam hal ini, ras Buccaneer tidak mau mengikuti apa yang pihak World Government inginkan.

Simpelnya, ras Buccaneer mirip seperti klan D. Mereka merupakan klan yang dengan tegas menolak dan bertentangan terhadap berbagai keputusan atau hal buruk yang World Government lakukan. Inilah yang kemudian membuat klan D menjadi sebuab ‘nama’ yang buruk di mata masyarakat. World Government berhasil menghadirkan propaganda di mana klan D adalah iblis dan sosok yang jahat. Padahal, fakta sebenarnya justru sebaliknya.

Ras Yang Dinantikan

ras buccaneer one pieceSelain kemungkinan menentang berbagai hal yang World Government hadirkan, terdapat spekulasi lain mengapa ras Buccaneer sebenarnya tidak jahat dalam cerita One Piece tetapi mendapatkan anggapan jika mereka adalah orang jahat. Mereka kemungkinan adalah kelompok yang membangun perahu Noah yang sekarang tenggelam di pulau manusia ikan dan menunggu untuk diperbaiki.

Seperti yang Geeks ketahui, Noah adalah sebuah kapal raksasa atau bahtera yang muncul dalam arc pulau manusia ikan. Kapal ini adalah salah satu peninggalan dari masa lalu yang dibuat khusus untuk para manusia ikan. Noah diketahui berfungsi untuk membawa para manusia ikan dan membuat mereka tinggal di dunia permukaan bersama-sama dengan para manusia lainnya.

Tetapi, Noah akhirnya tidak jadi digunakan setelah Joy Boy tidak mampu memenuhi janjinya. Yang menarik adalah salah satu Sea Kings sempat mengatakan jika satu-satunya harapan agar perahu Noah bisa kembali digunakan adalah dengan mengandalkan kemampuan dari ras “itu.” Dan ras Buccaneer kemungkinan adalah ras yang makhluk laut tersebut maksud.

Selain itu, ada juga kemungkinan jika ras Buccaneer adalah kelompok yang membuat atau membangun perahu Noah tersebut. Melihat kekuatan fisik mereka yang luar biasa, rasanya memang masuk akal jika ras Buccaneer yang bertanggung jawab membangun Noah. Sehingga, jika klan D mendapatkan stigma buruk akibat dengan terbuka menantang dan menentang World Government maka ras Buccaneer mendapatkan cap buruk karena membantu manusia ikan dan Joy Boy dengan membuat Noah.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.