Melihat fenomena mengerikan yang terjadi kepada Gorosei Saturn memunculkan spekulasi jika Gorosei kemungkinan bukan manusia biasa pada umumnya. Menjadi perwakilan kasta tertinggi di World Government, Gorosei merupakan beberapa karakter terkuat dalam dunia One Piece. Mereka merupakan pelayan setia dari Im atau Imu yang merupakan penguasa tersembunyi dari seluruh dunia. Terdapat sebuah teori jika Gorosei kemungkinan bukanlah manusia biasa pada umumnya.

Berbagai Bukti Yang Ada

gorosei bukan manusiaSelama lebih dari 800 chapter sejak mereka debut dalam cerita, arc Egghead akhirnya memberikan petunjuk tentang mengapa mereka begitu berpengaruh dan sangat orang-orang takuti. Mereka diketahui memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dan mengerikan. Petunjuk pertama dari kekuatan Gorosei sendiri muncul dalam pertemuan Nefertari Cobra dan juga Gorisei dan Im.

Setelah Im muncul di hadapan Cobra dan bertanya tentang Tekad D serta nasib dari Nefertari D Lily, penguasa dari Alabasta tersebut dibuat terkejut dengan kemunculan “monster” dalam bentuk bayangan. Berbagai wujud bayangan monster tersebut mirip dengan transformasi dari buah iblis Zoan. Bersama dengan Im, Gorosei pun kemudian menyerang Cobra dan Sabo.

Sayangnya, Cobra akhirnya tewas setelah melindungi Sabo agar dia bisa kabur sambil membawa pesan rahasia. Hal ini pun membuka spekulasi di kalangan fans jika para Gorosei dan Im memiliki kekuatan buah iblis. Dan akhirnya hal tersebut terkonfirmasi di chapter 1094 kemarin di mana Saint Jay Garcia Saturn muncul dalam form Zoan yang sangat mengerikan.

Transformasi tersebut bahkan sanggup mengalahkan Sanji dan Franky dengan mudah. Selain kekuatan buah iblis, di chapter 1095 dalam cerita kilas balik di God Valley kita melihat bagaimana Gorosei Saturn masih nampak sama seperti sekarang. Jika kemudian kita tarik lagi ke belakang dari ceritanya kita juga bisa lihat penampilan Gorosei masih tetaap sama selama puluhan tahun.

Hal inilah yang kemudian memberikan petunjuk serta menjadi dasar spekulasi jika Gorosei dan Im memiliki usia yang benar-benar sangat panjang. Bisa juga mereka adalah makhluk yang abadi dan para Gorosei ini sudah ikut bersama dengan Im menguasai dunia sejak 800 tahun lalu. Hal tersebut seolah cocok dengan apa yang Ivankov ungkapkan tentang sosok Im yang berasal dari salah satu keluarga kerajaan pada 800 tahun lalu, Saint Nerona Im.

Gorosei Bukan Manusia Biasa

gorosei bukan manusia

Dengan berbagai petunjuk yang ada sejauh ini, para fans pun tidak berhenti untuk memunculkan spekulasi tentang para Gorosei. Ada beberapa hal yang bisa dijelaskan dari berbagai hal tidak biasa tentang Gorosei dan Im. Misalnya, terkait dengan usia panjang Gorosei hal tersebut bisas jadi adalah hasil buah iblis Ope Ope atau Youth Operation yang jadi kekuatan terbesar dari buah iblis Ope Ope.

Seperti yang pernah dijelaskan dalam ceritanya oleh Doflamingo, Youth Surgery atau Youth Operation merupakan kemampuan di mana pengguna buah iblis Ope Ope akan memberikan keabadian kepada seseorang. Namun, hal tersebut harus mereka bayar dengan nyawa mereka. Mengingat sudah ada beberapa karakter yang mengetahui tentang hal tersebut artinya hal ini memang valid atau benar terjadi atau bahkan pernah dilakukan di masa lalu.

Sosok yang kemudian pernah melakukan hal tersebut di masa lalu, yang paling masuk akal, tidak lain adalah Gorosei dan juga Im. Selanjutnya, kekuatan dahsyat dari buah iblis Gorosei Saturn merupakan wujud dari awakening buah iblisnya. Dan hal ini juga kemungkinan besar terjadi pada Gorosei lainnya. Selain itu, kemampuan Saturn untuk meledakan kepala seseorang kemungkinan lebih dari sekedar Haki.

Kita sudah melihat bagaimana Luffy atau Shanks menggunakan Advanced Conqueror Haki mereka. Namun, Haki tersebut nyatanya hanya membuat orang-orang tidak sadarkan diri. Hal ini jelas berbeda dengan Haki dari Gorosei Saturn yang bisa menghabisi nyawa orang lain. Artinya, level kekuatan Haki Saturn benar-benar mengerikan dan jauh berbeda dari pengguna Haki pada umumnya.

Hal tersebut seolah memberikan kesimpulan jika Gorosei kemungkinan bukan manusia biasa pada umumnya. Mereka bukan manusia yang sekedar memiliki kekuatan buah iblis layaknya karakter lain dalam cerita One Piece. Hal ini seolah terkoneksi dengan spekulasi lainnya yang menyebutkan jika ada kemungkinan kekuatan para Gorosei bukan dari buah iblis melainkan Im. Dan sosok Im sendiri adalah iblis tersebut.

Gorosei Bukan Berasal Dari Bumi

gorosei bukan manusia

Meskipun poin dalam spekulasi ini sedikit berlebihan, namun mungkin cukup masuk akal melihat bukti yang ada. Dalam poin ini, para Gorosei kemungkinan bukan berasal dari bumi. Mengapa? Hal ini terlihat dari sikap dan pernyataan dari Gorosei Saturn sebelumnya yang menganggap manusia tidak lebih dari sekedar serangga yang tidak berharga dan bisa dihabisi kapanpun.

Seperti yang Geeks ketahui, dunia One Piece merupakan sebuah dunia yang sangat luas dan juga unik. Selain manusia, Oda Sensei memperkenalkan berbagai ras non-manusia lainnya seperti manusia ikan dan juga Lunarian. Gorosei kemungkinan bukan manusia pada umumnya, di mana paling ekstrim bisa kita katakan jika mereka adalah alien. Hal ini pun didukung dengan arti dari Gorosei itu sendiri yaitu Lima Tetua Bintang.

Gorosei kemungkinan mirip seperti Automata dalam cerita sampul Enel di mana mereka berasal dari bulan. Gorosei kemungkinan bukan hanya bertindak sebagai pelayan dari Im, melainkan juga sebagai “senjata” dari Im. Mengingat cerita tentang bulan dan luar angkasa bukan hal yang baru dalam dunia One Piece, artinya spekulasi jika Gorosei memang bukan manusia bisa jadi benar adanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.