Sosok Kashin Koji kemungkinan adalah sosok yang latih Rasengan Uzuhiko milik Boruto dalam cerita manga Two Blue Vortex. Alur cerita manga Boruto kembali setelah sempat hiatus selama empat bulan. Setting waktu ceritanya pun mengalami timeskip selama tiga hingga empat tahun. Dalam cerita baru ini, para fans bisa melihat peningkatan kekuatan dari Uzumaki Boruto. Namun, siapa yang kemudian melatih sosok Boruto saat momen timeskip tersebut? Muncul spekulasi jika sosok yang sudah lama menghilang, Kashin Koji, yang melatih Boruto.

Peningkatan Kekuatan Boruto

kashin koji rasengan uzuhiko boruto

Sebagai protagonis utama dalam seriesnya, Boruto jelas akan jadi salah satu karakter terkuat pasca timeskip di series Two Blue Vortex. Sebelum timeskip, Boruto sendiri sudah berjanji jika dia akan bertambah kuat dan berusaha untuk membalas dendam Kawaki atas apa yang sudah dia lakukan. Dan dalam cerita pasca timeskip tersebut kita pun melihat bagaimana Boruto memang sudah mengalami peningkatan kekuatan.

Dalam chapter 81 kemarin kita bisa melihat bagaimana Boruto nampak percaya diri dengan kekuatannya untuk menghadapi Code. Boruto bahkan berani untuk mengancam Code untuk memberi tahu di mana lokasi dari keberadaan Jyuubi. Sebelum timeskip, Boruto benar-benar tidak mampu untuk menghadapi Code. Hal ini terbukti dalam momen pertarungan Boruto dan Kawaki saat menghadapi Code di luar Konoha.

Untuk bisa menandingi kekuatan dari Code, saat itu Boruto perlu kekuatan Karma milik Momoshiki Otsutsuki yang berakibat Momoshiki mengambil alih tubuhnya. Dan dalam momen tersebut Boruto akhirnya harus “tewas” setelah Kawaki merenggut nyawanya sebelum kemudian dia bangkit lagi dengan memanfaatkan proses Otsutsukifikasi yang sudah berjalan.

Perbedaan level kekuatan atau peningkatan kekuatan yang Boruto hadirkan dalam cerita Two Blue Vortex memang sangat luar biasa, meskipun Boruto baru sedikit memperlihatkan kekuatannya. Kekuatan dahsyat Boruto ini bahkan mampu membuat Code benar-benar tidak berdaya seperti yang nampak di chapter 83 kemarin. Dalam momen itu, jika Boruto mau dia bisa saja menghancurkan Code tetapi sang protagonis utama memutuskan untuk mencari informasi tentang Jyuubi dari Code.

Pertanyaaan yang muncul kemudian di benak para fans adalah siapa yang melatih Boruto saat timeskip. Dari petunjuk sebelumnya, sosok yang paling masuk akal untuk melatih Boruto saat timeskip tidak lain adalah Uchiha Sasuke. Selain karena permintaan Sarada, Sasuke juga nampak tidak yakin dengan pikiran atau ingatannya meskipun terkena teknik Omnipotence dari Eida.

Kashin Koji Dalam Cerita Boruto

kashin koji rasengan uzuhiko boruto

Selain Uchiha Sasuke, karakter lainnya yang mungkin melatih Boruto adalah Kashin Koji. Geeks mungkin bingung dengan hal ini karena, sampai sejauh ini nasibnya masih jadi misterius. Kemunculan sosok Kashin Koji dalam cerita Boruto: Naruto Next Generation berhasil mencuri banyak perhatian dari para penggemar seriesnya. Hal ini bukan tanpa sebab. Kashin Koji memiliki penampilan yang menarik dan unik, di mana dia penampilannya sangat mirip dengan salah satu legenda Sannin Konoha, Jiraiya.

Dalam chapter 47 kita diberi tahu bahwa Kashin Koji bukanlah Jiraiya yang menyamar atau pun reinkarnasi dari Jiraiya. Kashin Koji ternyata merupakan kloning dari sosok legendaris tersebut, di mana Amado yang menciptakan Kashin Koji dengan memanfaatkan DNA dari Jiraiya. Di chapter itu kita diperlihatkan bagaimana Jigen bertarung melawan Kashin Koji. Pertarungan ini memang menjadi salah satu pusat perhatian para fans.

Sebenarnya, Kashin Koji berhasil menang melawan Jigen berkat teknik Fire of Samadhi yang dia praktikan membuat tubuh Jigen akhirnya terbakar. Selain itu, tubuh Jigen juga hancur karena sudah tidak kuat lagi menahan serangan yang dilakukan oleh Kashin Koji. Ketika situasi dianggap sudah selesai dan menganggap Isshiki sudah mati, tetapi nyatanya Isshiki masih hidup dan berhasil melakukan reinkarnasi.

Isshiki memanfaatkan Karma di tubuh Kawaki untuk kembali bangkit. Pertarungan Isshiki melawan Kashin Koji bisa dibilang tidak seimbang, karena kekuatan Isshiki jauh di atas Kashin Koji. Efeknya, Kashin Koji pun mampu dikalahkan dengan mudah oleh Isshiki setelah dia menggunakan teknik Sukunahikona dan Daikokuten. Tubuh Kashin Koji sendiri tidak bisa bergerak setelah terkena kotak-kotak besar yang menimpa tubuhnya. Itu adalah momen terakhir dari Kashin Koji sebelum dia menggunakan teknik Kuchiyose untuk menyelamatkan diri.

Kashin Koji Latih Rasengan Uzuhiko Boruto

kashin koji rasengan uzuhiko boruto

Nasib dari Kashin Koji sendiri memang sempat misterius mengingat luka parah yang dia derita sebelum dibawa pergi oleh salah satu katak gunung Myoboku. Namun, melihat situasinya saat itu banyak fans yang menduga jika Kashin Koji masih hidup. Saat itu, Kashin Koji sedang dalam masa pemulihan di gunung Myoboku. Dan sepertinya karakter yang telah lama menghilang ini akhirnya kembali.

Dalam chapter 83 manga Two Blue Vortex, nampak bagaimana Boruto membawa dua ekor katak kecil di mana salah satunya berhasil menyelinap ke balik tubuh Code. Satu katak lainnya tersembunyi di balik pakaian Boruto. Dan setelah mengetahui di mana letak atau keberadaan Jyuubi, Boruto pun langsung bergerak menuju Code berada. Jika Geeks perhatikan, katak kecil yang bersama dengan Boruto tersebut mirip dengan katak milik Kashin Koji.

Hal ini pun seolah menghadirkan konfirmasi jika Kashin Koji masih hidup dan memunculkan spekulasi lain jika dia yang kemudian melatih Boruto saat timeskip. Sasuke mungkin memang adalah sosok yang sudah melatih Boruto di awal momen timeskip. Tetapi, seiring berjalannya waktu mentor Boruto pun kemudian diserahkan kepada Kashin Koji. Satu hal yang jelas, pertemuan Boruto dan Kashin Koji terjadi di luar Konoha atau setelah Boruto keluar dari Konoha.

Jika memang demikian rasanya memang masuk akal jika Boruto mengalami peningkatan kekuatan yang cukup signifikan. Bahkan, Kashin Koji kemungkinan jadi orang yang sudah latih Boruto berbagai kedahsyatan yang dia punya sekarang seperti teknik Rasengan Uzuhiko. Hal ini dirasa masuk akal jika kita melihat beberapa poin menarik yang mendukung spekulasi tersebut.

Contohnya, yang pertama adalah Jiraiya merupakan mentor dari Naruto ayah dari Boruto. Kashin Koji merupakan kloning dari Jiraiya, yang mana Amado mungkin memasukan ingatan dari Jiraiya dalam tubuh Koji. Artinya, dalam satu momen kebersamaan Boruto dan Kashin Koji fakta jika Boruto adalah anak dari Naruto kemudian diketahui oleh sang karakter. Dan berkat ingatan miik Jiraiya, Koji pun mau melatih Boruto seperti halnya Jiraiya yang melatih Naruto.

Petunjuk kedua, Masashi Kishimoto sering mengambil elemen menarik dari series sebelumnya dan kemudian dirubah atau dimodifikasi dan disesuaikan dengan alur cerita Boruto. Dalam konteks ini, Kishimoto Sensei mungkin mengambil poin cerita di mana saat momen timeskip sang protagonis mendapatkan pelatihan dari mentor hebat. Jika dalam cerita sebelumnya ada Naruto dan Jiraiya, maka dalam cerita sekarang kita melihat Boruto dan Kashin Koji.

Petunjuk ketiga, dalam light novel Minato kemarin kita melihat bagaimana Jiraiya menjadi mentor sekaligus saksi dari Minato yang berhasil menemukan teknik Rasengan. Dalam cerita Naruto pun Jiraiya mampu menggunakan teknik Rasengan. Boruto mungkin sudah tidak asing dengan teknik Rasengan, karena ayahnya juga yang mengajarkan teknik itu. Namun, Kashin Koji kemungkinan latih Boruto untuk menghadirkan teknik Rasengan ke level yang lebih tinggi yang melahirkan Rasengan Uzuhiko.

Dan berkaitan dengan hal tersebut, Kashin Koji juga mungkin sudah melatih Boruto tentang Sage Mode. Pasalnya, seperti yang kita tahu, Sage Mode erat kaitannya dengan chakra atau kekuatan alam. Rasengan Uzuhiko juga menggunakan chakra alam, bahkan Boruto memanfaatkan rotasi bumi untuk menciptakan efek yang sangat dahsyat dari Rasengan tersebut.

Kashin Koji Akan Kembali

Jika memang kemudian Kashin Koji berhasil bertahan hidup dari pertarungannya melawan Isshiki, dia bisa menjadi sosok terdepan yang bisa membantu Boruto untuk menghentikan langkah Code. Kashin Koji bisa menjadi tambahan kekuatan untuk menghadapi Code yang mana kini limiter dalam tubuhnya berhasil dibuka. Apalagi, Code juga kini memiliki pasukan Jyuubi yang artinya dia butuh banyak kekuatan.

Rasanya memang masuk akal jika Kashin Koji kemudian menjadi lawan bagi Code. Kashin Koji mungkin bisa menjadi sekutu yang sebenarnya bagi Konoha dan merubah Kara menjadi “organisasi hitam” Konoha yang akan melakukan “pekerjaan kotor” Konoha setelah organisasi ini diambil alih oleh Amado atau Kashin Koji. Sistem kerjanya mirip seperti ANBU, hanya saja Kara merupakan organisasi di luar Konoha.

Kemunculan kembali dari Kashin Koji tentunya sangat dinantikan oleh para fans dan tentunya ada alasan kuat mengapa kemudian Masashi Kishimoto masih belum memperlihatkan kematian dari Kashin Koji. Dan jika melihat dari petunjuk di chapter baru ini, besar kemungkinan jika Kashin Koji masih hidup dan akan kembali setelah latih Rasengan Uzuhiko milik Boruto.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.