Anime memang masih digemari banyak orang. Biasanya anime akan ditonton oleh mereka yang malas membaca versi manganya. Tentu saja anime akan memberikan pengalaman yang jauh mengasikkan karena kita melihat gambar bergerak, berbeda dengan manga. Ditambah lagi anime memiliki alunan soundtrack yang siap menemani kalian saat menontonnya. Saat ini, ada banyak anime yang bertebaran. Tetapi tak banyak anime yang bertahan hingga ribuan episode. Nah berikut ini, kita akan membahas tentang anime terpanjang yang pernah dibuat, karena berlangsung hingga ribuan episode. Apa saja?

Soreike! Anpanman

Anime ini dirilis tahun 1988, yang diproduksi oleh TMS Entertainment. Buat kalian yang belum tahu, Soreike! Anpanman menceritakan petualangan seorang pahlawan bernama Anpanman dengan ciri khas pipi dan hidungnya yang merah. Ia bertugas untuk melindungi dunia dari iblis bernama Baikinman. Karakter utamanya diberi nama Anpanman karena dia memiliki kepala berbentuk Anpan atau roti isi selai kacang di Jepang.

Menariknya, Anpanman juga bisa memberikan bagian dari kepalanya kepada orang-orang yang membutuhkan makanan darurat. Anpanman selalu bersedia membantu anak-anak dan orang lain yang membutuhkan pertolongan, tetapi kelemahannya adalah dia harus pergi ke tukang roti setiap kali kepalanya dimakan. Animenya sendiri masih tayang hingga sekarang dan memiliki total lebih dari 1400 episode.

Chibi Maruko-chan

Anime Chibi Maruko-chan diadaptasi dari manga Jepang berjudul sama yang ditulis dan diilustrasikan oleh Momoko Sakura. Tentu saja, anime ini sudah tidak asing bagi kalian yang tubuh di tahun 90-an, karena sempat ditayangkan di televisi. Animenya menceritakan kisah kehidupan seorang anak perempuan bernama Maruko Sakura, yang sering dijuluki “Chibi Maruko-chan”.

Dalam bahasa Jepang, Chibi sendiri berarti kecil atau mini. Ceritanya pun berlatar tahun 1970-an di sebuah kota kecil di Jepang dan menyoroti kehidupan sehari-hari Maruko-chan, keluarga, dan teman-temannya di sekolah. Di sini, kita akan disuguhkan dengan humor yang mengelitik, dan kadang-kadang menyentuh. Animenya digarap oleh Nippon Animation, sdan selama perilisannya telah menghasilkan total 1500 lebih episode.

Doraemon

Sama seperti Chibi Maruko-chan, Doraemon juga sangat beken di Indonesia karena pernah tayang di televisi Indonesia. Animenya sendiri sudah ada sejak tahun 1979, dan episode terakhirnya rilis tahun 2005. Ceritanya mengikuti petualangan seorang anak laki-laki bernama Nobita, yang dibantu oleh robot kucing berwarna biru dari abad ke-22 bernama Doraemon.

Doraemon dikirim dari masa depan untuk membantu Nobita agar keturunannya memiliki masa depan yang lebih baik. Doraemon pun membawa berbagai gadget ajaib dari masa depan yang membantu Nobita mengatasi masalah sehari-hari. Pada akhirnya, Doraemon tidak hanya menjadi teman terbaik Nobita, tetapi juga ikon budaya di Jepang dan di seluruh dunia. Sepanjang perilisannya, anime Doraemon sudah memiliki total 1787 episode.

Oyako Club

Dirilis pertama kali tahun 1994, anime Oyaku Club diadaptasi dari manga berjudul Oyaku Club: Kokoro no Naka no Mama, yang dibuat oleh Yoshinori Kobayashi. Animenya menceritakan tentang kehidupan sehari-hari keluarga, dengan fokus pada hubungan antara orangtua dan anak-anak mereka. Namun keluarga ini tidak biasa, karena mereka kehadiran dua alien bernama Rompa dan Lun, yang bergabung dalam keluarga tersebut.

Dalam setiap episode, penonton diajak untuk melihat berbagai situasi dan tantangan yang dihadapi oleh anggota keluarga ini. Animenya pun sangat menarik dan ringan, karena setiap episode hanya berlangsung singkat. Selama perilisannya di tahun 1994 hingga 2013, Oyako Club sudah menghasilkan 1818 episode.

Prince Mackaroo

Anime Prince Mackaroo rilis pertama kali di tahun 1998. Jika ditotal, animenya memiliki total 2000 lebih episode, yang masing-masing episodenya berdurasi sekitar 10 menit. Perjalanan waktu menjadi inti dari anime ini, di mana kita akan disuguhkan dengan kisah Ojamaru Sakanoue, seorang pangeran yang terlempar ke era modern, menggunakan tongkat ajaib dari raja iblis Enma.

Dia berteman dengan seorang anak laki-laki bernama Kazuma dan bergabung dengan keluarganya di masa depan.Tongkat yang dia gunakan pun dicuri oleh tiga iblis yang selalu berusaha untuk mencuri tongkat tersebut, dan itu jugalah yang menjadi kejenakaan dari anime ini. Animenya sendiri digarap oleh studio Gallop di Jepang.

Ninja Boy Rantaro

Ninja Boy Rantaro yang juga dikenal sebagai Nintama Rantarou adalah anime yang dibuat oleh Soubee Amako. Animenya pertama kali ditayangkan pada tahun 1993, dan menjadi salah satu anime yang sangat populer di Jepang, terutama di kalangan anak-anak. Ceritanya berpusat di sekitar Rantaro Inadera, seorang anak ninja yang belajar di sekolah ninja terkenal, Ninjutsu Academy. Bersama dengan teman-temannya, Shinbei dan Kirimaru, Rantaro menghadapi berbagai petualangan dan pelajaran tentang kehidupan menjadi ninja.

Animenya memang menyajikan komedi dan petualangan, yang dikumpulkan dalam total 2400 episode lebih, dan masing-masing episodenya memiliki durasi sekitar sepuluh menit. Dan menariknya animenya masih terus berlanjut hingga sekarang, dan pada April kemarin memasuki musim ke-31.

3000 Whys of Blue Cat

Lan Mao, juga dikenal sebagai 3000 Whys of Blue Cat adalah anime asal tiongkok yang pertama kali tayang pada tahun 1999. Anime ini dibuat untuk kepentingan pendidikan anak-anak di sana, dan menjadi salah satu anime paling panjang sepanjang masa. Animenya diproduksi oleh Beijing Sunchime Happy Culture Company, dan animenya telah menginspirasi lebih dari 400 buku, taman hiburan, dan bahkan video game yang dirancang oleh Sega.

Animenya mencakup beberapa musim dengan tema yang terus berubah-ubah, mulai dari tentang dinosaurus hingga safety tentang kebakaran. Versi bahasa Inggris dari anime ini juga pernah diproduksi tetapi pada akhirnya dibatalkan karena kurang peminat. Jika ditotal, anime ini sudah memiliki lebih dari 3000 episode.

Mrs. Sazae

Rasanya sebagian dari kalian sudah mengetahui anime satu ini yaitu Mrs. Sazae. Jika dibandingkan dengan The Simpsons yang sudah berlangsung lama, anime Mrs. Sazae berlangsung lebih lama lagi. Bagaimana tidak? Anime Mrs. Sazae sudah dimulai pada tahun 1969 dan hanya pernah ditayangkan ulang sebanyak dua kali. Seperti Doraemon, episode Mrs. Sazae dibagi menjadi beberapa segmen, yang masing-masing berisi tiga cerita.

Cerita Mrs. Sazae memang cukup sederhana, yaitu menceritakan tentang Mrs. Sazae yang tinggal di rumahnya bersama suami, anak, dan orang tuanya. Animenya memang menggambarkan kehidupan keluarga Jepang, namun dengan tambahan komedi di dalamnya. Mrs. Sazae sudah memiliki lebih dari 7000 episode.

Itulah dia Geeks beberapa anime terpanjang yang pernah dibuat sepanjang masa. Anime-anime tersebut memiliki ribuan episode yang bisa kalian tonton. Mengingat ceritanya yang panjang, mungkin kalian akan sedikit kebingungan jika melewatkan salah satu episode. Di antara anime tersebut, mana yang jadi favorit kalian?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/