Ada kemungkinan jika sumber kekuatan dari para Gorosei bukan dari buah iblis melainkan kekuatan mengerikan yang Im Sama berikan. Setelah menjadi pertanyaan bagi para fans, akhirnya terungkap jika para Gorosei merupakan sosok yang mengerikan berkat kekuatan dahsyat mereka. Dalam chapter terbaru kemarin, Oda Sensei akhirnya mengungkap kekuatan buah iblis milik Gorosei Saturn. Namun, bagaimana jika kekuatan Gorosei Saturn tersebut bukan kekuatan buah iblis?

Kekuatan Gorosei

sumber kekuatan gorosei

Sejak awal muncul dalam cerita One Piece, para fans sudah penasaran dengan level kekuatan dari para Gorosei. Hal ini karena Oda Sensei sendiri selama puluhan tahun tidak pernah memperlihatkan para Gorosei bertarung. Biasanya, mereka hanya diam di istana Pangaea dan memerintahkan bawahannya untuk menjalankan apa yang mereka instruksikan. Contohnya adalah menghabisi Vegapunk.

Setelah apa yang terjadi di arc Reverie dengan Nefertari Cobra dan Sabo, baru di chapter 1094 kemarin kita akhirnya mendapatkan petunjuk mengenai kekuatan dari Gorosei. Dalam cerita kilas balik Reverie, terungkap jika para Gorosei mampu berubah wujud menjadi berbagai bentuk. Sayangnya, saat itu, kita hanya melihat dalam versi siluet saja. Namun, dalam chapter terbaru kemarin kita akhirnya bisa lihat dengan jelas kekuatan dari Gorosei.

Secara spesifik, dalam chapter 1094 kemarin kita melihat bagaimana Gorosei Saturn akhirnya muncul ke permukaan. Dia muncul dalam wujud hybrid di mana setengah badannya adalah laba-laba dan setengah badannya merupakan manusia dengan adanya perubahan berupa tanduk. Hal itu seolah memberikan petunjuk jelas jika para Gorosei kemungkinan memiliki kekuatan buah iblis.

Namun, Oda Sensei belum memberikan informasi mengenai buah iblis apa yang Gorosei konsumsi dan buah iblis apa yang Gorosei lain miliki. Yang menarik adalah terdapat sebuah spekulasi yang menyebutkan jika kemungkinan kakuatan Gorosei Saturn – dan para Gorosei lainnya – bukan berasal dari buah iblis melainkan dari sumber kekuatan lainnya yang jauh lebih kuat dan mengerikan.

Sumber Kekuatan Gorosei

sumber kekuatan gorosei

Jika buah iblis bukan menjadi sumber kekuatan dari Gorosei, lalu apa yang jadi sumber kekuatan mereka? Dalam teorinya dijelaskan bahwa itu merupakan kekuatan dahsyat yang memang Im Sama berikan sejak ratusan tahun yang lalu. Ini karena Gorosei merupakan pelayan setia dari Im. Hal tersebut membuat para Gorosei tidak perlu memakan kekuatan buah iblis untuk mendapatkan kekuatan dahsyat.

Terdapat spekulasi tentang inspirasi Oda untuk menghadirkan sosok Im di kalangan fans. Salah satu yang menarik menyebutkan jika sosok Im kemungkinan besar diadaptasi dari dewa laut bangsa Kanaan, Ym (yam). Dewa ini menguasai seluruh lautan. Kanaan sendiri merupakan wilayah di sekitaran Yordania, Israel, Palestina, Suriah, dan juga Lebanon. Dalam bahasa Kanaan, Ym sendiri berarti adalah ‘laut’.

Dalam artikel sebelumnya pun sempat ada pembahasan jika Im kemungkinan memang adalah sosok iblis yang menjadi sumber kekuatan dari semua buah iblis yang ada di dunia One Piece. Hal ini dilihat dari panah hitam yang Im lancarkan kepada Sabo dan Cobra mirip dengan ekor dari iblis. Bagaimana Gorosei Saturn muncul dalam sebuah ritual mirip pemanggil iblis dan juga setan dianggap menjadi petunjuk jika Im adalah sumber kekuatan mereka.

Artinya, Im Sama memang merupakan sosok iblis yang memberikan kekuatan kepada para Gorosei. Dan jika memang demikian, artinya masuk akal jika spekulasinya menyebutkan jika para Gorosei tidak perlu memakan buah iblis untuk mendapatkan kekuatan yang dahsyat. Karena, Im sama sudah memberikannya secara langsung yang sudah dia lakukan sejak ratusan tahun yang lalu.

Yang juga menarik adalah ini kemungkinan adalah salah satu alasan mengapa kemudian aliansi 20 kerajaan bisa menang menghadapi Kerajaan Kuno. Kemudian, ini juga yang mungkin jadi alasan mengapa Im bisa berkuasa di dunia One Piece. Dengan kekuatan yang dimiliki oleh para Gorosei, mereka pun bisa jadi sosok yang kuat yang melayani Im dengan berbagai hal yang dia inginkan termasuk menghancurkan dunia dan menata ulang semuanya.

Jadi Asal-Usul Kekuatan Buah Iblis

sumber kekuatan gorosei

Im atau Im Sama adalah karakter yang paling misterius dalam cerita One Piece saat ini. Kita tidak pernah tahu wajahnya, atau apakah dia wanita atau pria. Selama ini Im selalu muncul dalam siluet, dan diketahui merupakan pemimpin tertinggi World Government. Dalam salah satu teori disebutkan bahwa Im adalah orang yang menanam atau membuat buah iblis yang selama ini kita ketahui.

Lalu, untuk apa sebenarnya buah iblis tersebut? Mengapa Im membuat buah iblis? Jawabannya tentu untuk menguasai dunia. Menghancurkan Kerajaan Kuno adalah upaya Im meraih kekuasaan di dunia. Dan untuk menghancurkan kerajaan yang hebat dan besar tersebut dibutuhkan sesuatu yang sangat kuat. Maka dari itu Im pun dengan sengaja membuat buah iblis untuk mempermudah “pasukannya” menghancurkan pasukan Kerajaan Kuno.

Mungkin itulah alasan mengapa World Government selalu menyembunyikan sejarah tentang abad yang hilang. Di sisi lain, spekulasi tersebut juga sejalan dengan spekulasi awal jika sumber kekuatan dari Gorosei kemungkinan bukanlah buah iblis melainkan kekuatan yang Im berikan kepada mereka yang juga menjadi sumber kekuatan dari buah iblis yang kita kenal. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.