Terdapat teori menarik mengenai buah iblis para Gorosei di mana buah iblis tersebut benar-benar memiliki hubungan dengan setan atau iblis. Gorosei Saturn merupakan salah satu Gorosei dalam cerita One Piece. Saat ini, karakternya sedang menjadi perbincangan hangat para fans. Hal ini karena Gorosei Saturn akhirnya mulai memperlihatkan kekuatannya, seperti kekuatan buah iblis yang dia miliki. Yang menarik adalah ada kemungkinan jika buah iblis para Gorosei berhubungan dengan setan.

Buah Iblis Gorosei Saturn

buah iblis gorosei setanGorosei Saturn memiliki kekuatan buah iblis yang sangat unik, yang belum pernah muncul sebelumnya dalam dunia One Piece. Meskipun Oda Sensei belum memberikan informasi detil mengenai buah iblisnya, namun kita semua tahu jika itu merupakan bagian dari Mythical Zoan yang artinya makhluk yang jadi perwujudan Gorosei berasal dari hewan mitologi atau hewan legendaris.

Dari bentuk Zoan yang muncul, para fans sendiri banyak yang meyakini jika buah iblis Saturn kemungkinan terinspirasi dari Ushi-Oni, salah satu Yokai atau makhluk mitologi di negara Jepang. Yokai, dalam mitologi Jepang, adalah makhlik mitologi yang biasanya berisi hantu, setan, makhluk jahat, dan sebagainya. Mengingat Gorosei adalah otoritas terkuat, rasanya masuk akal jika mereka memiliki kekuatan dahsyat dan juga kekuatan iblis mereka berdasarkan makhluk mitologi.

Kekuatan dari buah iblis Gorosei ini memang masih belum diperlihatkan seluruhnya. Namun, buah iblisi ini mampu menghancurkan manusia yang tidak memiliki Haki yang kuat. Inilah alasannya angkatan laut yang berpangkat rear admiral ke bawah tidak boleh melihat wujud Zoan Gorosei Saturn. Apakah kemudian ada kekuatan dahsyat lainnya dari buah iblis itu masih harus kita tunggu.

Ritual Penanda Kemunculan Saturn

buah iblis gorosei setan

Yang menarik adalah sebelum Gorosei Saturn muncul di pulau Egghead terdapat satu momen unik yang terjadi. Akan muncul sebuah simbol berupa bintang atau pentagram dengan angka 5 di sekitarnya. Dan Saturn kemudian muncul dari tengah-tengah sumbol tersebut seperti sebuah alat teleportasi. Padahal, sebelumnya, Gorosei Saturn masih dalam wujud manusia di kapal angkatan laut.

Simbol pemanggil Saturn yang mirip dengan simbol pentagram ini memiliki ukuran yang besar dan dikelilingi oleh api yang sangat mengerikan. Aura Haki yan gsangat kuat juga muncul berkat ritual penanda kemunculan dari Gorosei Saturn tersebut. Siapa pun mereka akan mampu merasakan hawa yang tidak biasa saat Gorosei Saturn muncul seperti yang dirasakan oleh Luffy dan juga Kizaru.

Berbicara mengenai simbol pentagram yang jadi cara untuk memunculkan atau memanggil Gorosei Saturn mirip dengan ritual gelap yang biasanya dihadikan dalam berbagai cerita atau bisa juga berkaitan dengan Satanisme dalam dunia nyata. Biasanya, simbol pentagram tersebut menjadi cara untuk melakukan ritual pemanggilan roh atau arwah bahkan setan itu sendiri.

Berdasarkan hal tersebut, ritual pemanggilan Gorosei Saturn ini bisa jadi petunjuk jika sosok Gorosei Saturn – bahkan para Gorosei lainnya – atau mungkin buah iblis yang dikonsumsi oleh para Gorosei memiliki koneks dengan setan atau iblis itu sendiri. Dan jika kita kemudian melihat wujud dari Zoan Gorosei, yang terinspirasi dari Yokai, rasanya memang masuk akal jika buah iblis para Gorosei, termasuk Saturn, memiliki koneksi atau berhubungan dengan setan atau iblis.

Im Adalah Sang Iblis

buah iblis gorosei setan

Dengan asumsi jika memang buah iblis Gorosei memiliki koneksi dengan iblis atau setan, pertanyaan lainnya kemudian adalah dari mana sumber kekuatan buah iblis tersebut. Jawaban yang paling logis adalah Im Sama. Geeks tentunya sudah tahu jika Gorosei adalah pelayan setia dari Im, yang merupakan pemimpin dari dunia One Piece. Bahkan, Im sudah berkuasa selama 800 tahun.

Berbicara mengenai kekuatan, logikanya jika Gorosei yang memiliki kekuatan dahsyat pun mengakui kehebatan Im bahkan mau bersujud di hadapan Im artinya level kekuatan Im berkali-kali lipat dari kekuatan Gorosei. Berdasarkan hal tersebut, Im Sama bisa jadi adalah sumber kekuatan dari Saturn dan juga para Gorosei lainnya. Ini artinya Imu Sama bisa jadi adalah sosok iblis tersebut, yang memberikan kekuatan kepada mereka.

Jika memang demikian, maka teori fans yang sempat muncul sejak lama bisa jadi kembali masuk akal di mana Im mungkin adalah orang yang bertanggung jawab atas penciptaan atau keberadaan dari buah iblis. Dan yang menarik adalah Imu memiliki wujud yang kemungkinan berbentuk iblis berdasarkan serangan yang dia lakukan terhadap Nefertari Cobra dan Sabo sebelumnya.

Bentuk bayangan yang menyerang mereka berdua berbentuk seperti panah. Jika Geeks amati, bentuk panah bayangan tersebut seolah memiliki bentuk yang sama dengan penggambaran ekor dari iblis dalam berbagai cerita fiksi. Melihat bagaimana Im bisa bertahan selama 800 tahun, bagaimana kemudian bisa jadi penguasa dunia, dan tanda-tanda lainnya rasanya memang bukan mustahil jika Im Sama adalah iblis atau setan dan dia juga yang menciptakan buah iblis Saturn dan para Gorosei lainnya bahkan seluruh buah iblis di dunia One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.