Setelah Oda Sensei ungkap buah iblis Yokai dari salah satu Gorosei, kemungkinan Gorosei lainnya juga memiliki kekuatan buah iblis yang sama. Teka-teki mengenai kekuatan dari para Gorosei perlahan mulai Oda ungkapkan dalam arc pulau Egghead ini. Setelah puluhan tahun muncul, akhirnya di chapter baru kemarin Oda mulai menghadirkan kekuatan buah iblis dari salah satu Gorosei. Dan ternyata, buah iblis Gorosei tersebuh berjenis Zoan yang terinspirasi dari Yokai alias setan. Dan ini adalah buah iblis Yokai lainnya dari Gorosei.

Buah Iblis Yokai Saturn

buah iblis yokai gorosei

Buah iblis dari para Gorosei yang pertama kali Oda perkenalkan adalah milik Saint Jay Garcia Saturn. Hal ini terjadi pada chapter terbaru manga One Piece yaitu chapter 1094. Dalam chapternya, nampak bagaimana Gorosei Saturn akhirnya muncul di pulau Egghead setelah sebelumnya dia hanya berdiam di salah satu kapal angkatan laut. Gorosei Saturn juga yang memerintahkan untuk menghancurkan semuanya.

Ketika Gorosei Saturn tiba di pulau Egghead, akhirnya terungkap jika Gorosei Saturn memiliki kekuatan buah iblis berjenis Zoan. Hal ini pun terlihat dari bentuk tubuhnya yang dalam mode hybrid. Nampak Saurn memiliki bagian bawah berupa kaki laba-laba dan badannya manusia. Namun, bagian hidung dari Gorosei nampak membesar dan terlihat sepasang tanduk juga muncul di kepalanya.

Meskipun kita sudah tahu jika buah iblisnya berjenis Zoan, namun belum ada konfirmasi apakah itu merupakan ancient Zoan atau mythical Zoan – yang kemungkinan besar merujuk pada mythical Zoan. Teori pun kemudian berkembang di kalangan fans jika desain buah iblis Zoan dari Gorosei Saturn tersebut kemungkinan diadaptasi dari salah satu Yokai dalam mitologi Jepang, Ushi-Oni.

Kekuatan penuh dari buah iblis Zoan Gorosei itu juga sebenarnya masih belum terungkap secara jelas. Namun, dari apa yang muncul di chapter 1094 beberapa petunjuk mengenai kekuatannya sudah muncul. Misalnya, siapa pun yang memiliki kemampuan Haki lemah atau bahkan tidak memiliki Haki maka dia akan mati saat berada di dekat atau ketika melihat Gorosei Saturn. Hal ini terbukti ketika ada salah satu angkatan laut biasa yang tewas dengan kepalanya meledak saat melihat Gorosei Saturn.

Buah Iblis Yokai Gorosei Lain

buah iblis yokai gorosei

Untuk saat ini, memang kita masih belum mengetahui apakah Gorosei lainnya juga memiliki kekuatan buah iblis. Namun, apa yang muncul di chapter sebelumnya memberikan petunjuk jelas jika para Gorosei lainnya pun memiliki kekuatan buah iblis. Petunjuknya ada dalam kilas balik Reverie, di mana para Gorosei menyerang Sabo dan juga Nefertari Cobra.

Pada momen tersebut, nampak para Gorosei berubah menjadi wujud yang aneh meskipun berbaut siluet. Berdasarkan hal itu, para Gorosei lainnya kemungkinan besar memiliki kekuatan buah iblis Yokai lainnya. Berkaitan dengan hal ini terdapat teori menarik mengenai Yokai apa saja yang kemungkinan jadi bentuk Zoan dari para Gorosei tersebut. Yang pertama adalah Saint Marcus Mars.

Gorosei Mars kemungkinan mengonsumsi buah iblis Yokai Tengu Tengu, Model: Karasu Tengu. Dalam cerita mitologi Jepang, Tengu merupakan Yokai manusia burung. Dengan memiliki kekuatan buah iblis Yokai ini, Mars akan memiliki kemampuan untuk terbang atau mengendalikan angin. Pergerakannya pun akan sangat lincah, sesuai dengan Yokai Tengu dalam ceritanya.

Yang kedua adalah Saint Topman Warcury/Mercury. Kemungkinan, sosok Gorosei satu ini memiliki kekuatan buah iblis Yokai Bakunawa Bakunawa, Model: Moon-Eating Serpent. Dalam siluet saat menghadapi Sabo dan cobra, Gorosei Mercury nampak memiliki bentuk seperti ular. Yang ketiga adalah Saint Ethanbaron V. Nusjuro yang kemungkinan memiliki buah iblis Yokai Mizuchi Mizuchi, Model: Water Dragon.

Gorosei Nusjuro memiliki sisluet yang tidak kalah menarik, di mana dia memiliki bentuk seperti tabung yang terbang. Hal ini yang kemudian memunculkan spekulasi jika bentuk tersebut mirip dengan Yokai Mizuchi, naga air misterius. Yang terakhir adalah Saint Sheperd Ju Peter yang kemungkinan memiliki kekuatan buah iblis Nopperabo Nopperabo, Model: Faceless Ghost.

Dalam pertarungan melawan Sabo, nampak bagaimana Gorosei Ju Peter berubah menjadi makhluk misterius berbentuk manusia dengan ukuran besar dan mulut yang terbuka. Hal tersebut dianggp mirip dengaan penggambaran dari sosok Yokai Nopperabo yang merupakan hantu atau Yokai tanpa wajah.

Buah Iblis Im Sama

buah iblis yokai gorosei

Jika kemudian kita melihat bahwa para Gorosei memiliki kekuatan buah iblis Yokai, maka kemungkinan besar juga sang pemimpin dunia, Im Sama, juga memiliki kekuatan buah iblis yang sama. Dan spekulasi ini juga didukung oleh momen perubahan Im menjadi sosok mengerikan saat pertarungan melawan Sabo dan Cobra. Namun, buah iblis apa yang kemudian cocok untuk Im Sama?

Mayoritas fans meyakini jika Im Sama kemungkinan memiliki buah iblis Yokai model Umibouzu. Dalam cerita mitologi Jepang, Umibouzu merupakan makhluk raksasa yang ada di laut. Saking besarnya ukuran Umibouzu, dia bisa berjalan dengan mudah di sepanjang lautan tersebut. Dia suka membalikan perahu para nelayan atau pelaut jika ada yang berani mengajaknya bicara.

Jika memang hal ini benar, maka bisa jadi sosok monster mengerikan yang ada di Thriller Bark adaalah Im sama. Dan mungkin, ini juga yang membuat dia bisa menjadi sosok penguasa dunia dan bisa mengalahkan 19 kerajaan lainnya serta Ancient Kingdom. Selain buah iblis Umibouzu, para fans juga berspekulasi jika buah iblis Im Sama merupakan model Oni atau iblis.

Hal ini berdasarkan fakta jika serangan bayangan hitam yang mengarah kepada Sabo dan Cobra memiliki bentuk seperti panah hitam yang panjang. Bentuk tersebut dianggap mirip dengan ekor dari iblis yang biasanya muncul dalam berbagai cerita fiksi. Jadi, bisa disimpulkan jika para Gorosei dan juga Im kemungkinan besar memiliki kekuatan buah iblis yang berkaitan dengan para Yokai.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.