Alur cerita terbaru dari manga Jujutsu Kaisen berikan petunjuk jelas jika Gojo Satoru akhirnya benar-benar tewas. Spekulasi mengenai Gojo Satoru yang akan tewas dalam cerita Jujutsu Kaisen sebenarnya sudah sejak lama muncul di kalangan fans. Namun, baru di chapter terbaru manganya akhirnya hal tersebut benar-benar terjadi. Gojo akhirnya benar-benar tewas dalam cerita terbaru Jujutsu Kaisen.

Gojo Vs Sukuna

gojo tewas jujutsu kaisen

Dalam chapter sebelumnya, diperlihatkan bagaimana Gojo Satoru dan sang raja kutukan, Ryomen Sukuna, saling bertarung satu sama lain. Dalam ceritanya, pertarungan tersebut benar-benar sangat brutal. Sukuna sendiri kemudian menggunakan mahoraga untuk menghabisi nyawa dari Gojo. Namun, Gojo sendiri sempat melakukan perlawanan yang luar biasa dengan menggunakan Hollow Purple.

Yang menarik adalah Gojo sempat berhasil menghajar Sukuna dengan teknik Hollow Purple tersebut. Efeknya, tubuh Sukuna pun nampak sama sekali tidak berdaya. Hal ini pun memunculkan banyak spekulasi dari para fans jika Gojo berhasi mengalahkan sang raja kutukan. Namun, dari apa yang muncul di chapter terbaru Jujutsu Kaisen justru hasil yang muncul adalah sebaliknya.

Dalam chapter 236, nampak bagaimana Gojo bertemu dengan Suguru Geto yang merupakan mantan rekan sekaligus rivalnya di sekolah Jujutsu. Gojo nampak terlena sambil juga bingung dengan apa yang dia lihat dan alami tersebut. Namun, seperti yang Geeks ketahui, jika Geto sudah tewas beberapa waktu lalu. Dan di akhir chapternya, nampak bagaimana tubuh dari Gojo Satoru sudah terbelah dan hanya menyisakan bagian bawah tubuhnya saja.

Gojo Benar-benar Tewas

gojo tewas jujutsu kaisen

Melihat dari apa yang terjadi kepada Gojo, sebagian fans berspekulasi jika kemungkinan Gojo masih belum tewas setelah apa yang terjadi dengan tubuhnya. Hal ini berdasarkan dari berbagai pertarungan brutal lainnya yang pernah dia lakukan. Contohnya adalah dalam pertarungan menghadapi Toji Fushiguro dia benar-benar membuat tubuh dari Gojo Satoru benar-benar terluka parah.

Namun, Gojo kemudian berhasil untuk kembali hidup. Gojo bahkan mengatakan kepada Toji jika dia masih bisa hidup, karena Toji tidak memenggal kepalanya. Gojo sendiri memiliki Reversed Cursed Technique yang membuatnya bisa merubah energi kutukan menjadi energi penyembuhan. Namun, untuk kali ini, sepertinya Gojo akan benar-benar tewas dalam pertarungan melawan Sukuna.

Ada beberapa petunjuk mengenai hal tersebut, yang petama adalah bagaimana Sukuna membelah tubuhnya. Yang menjadi catatan adalah yang membelah tubuh dari Gojo adalah Mahoraga. Ketika Mahoraga membelah tubuh Gojo, efek yang muncul adalah bukan hanya dia membelah tubuh tersebut namun juga ruang dan waktu. Sukuna menjelaskan tidak peduli jika seseorang memiliki keabadian, selama dunianya bisa “dibelah” maka dia tetap akan mati.

Kedua, di chapter 236 juga beberapa karakter muncul seperti sosok Nanami yang seolah mengonfirmasi kematian dari Gojo Satoru. Dalam dialog di chapter tersebut, Nanami mengatakan bahwa meskipun dia tidak setuju cara untuk Gojo tewas tetapi dia masih memiliki rasa simpati bagi Gojo. Ketiga, kemunculan kenangan Gojo bertemu dengan Geto jadi petunjuk besar lainnya.

Dalam cerita anime atau manga, ketika kemudian seorang karakter nampak bertemu dengan karakter lain yang sebelumnya sudah lama tewas maka hal itu bisa jadi petunjuk jika karakternya akan tewas. Dan hal ini pun kemungkinan terjadi juga kepada Gojo Satoru yang mana untuk kali ini dia benar-benar tewas dalam alur cerita manga Jujutsu Kaisen, sesuatu yang sudah cukup lama para fans prediksi.

Peran Gege Akutami

Selain berbagai petunjuk di atas, ada juga satu hal penting yang bisa mengonfirmasi kematian dari Gojo Satoru kali ini. Dalam laporan sebelumnya, diketahui jika Gege Akutami sudah ingin segera mengakhiri cerita dari series Jujutsu Kaisen. Bahkan, Akutami hendak menyelesaikan cerita dari Jujutsu Kaisen di tahun 2023 meskipun tidak ada jadwal pasti kapan chapter terakhirnya tayang.

Pada Juli kemarin, Gege Akutami mengaku bahwa dia hendak menunda penyelesaian cerita Jujutsu Kaisen. Dalam hal ini, sang kreator tetap akan menyelesaikan ceritanya namun tidak dengan tergesa-gesa. Dia ingin akhir cerita Jujutsu Kaisen bisa dinikmati oleh para fans semuanya dan dia ingin akhir ccerita tersebut berhasil memenuhi ekspektasi dari para fans.

Kematian Gojo Satoru ini tentunya bisa jadi jalan bagi para karakter lain, seperti murid Gojo satoru yaitu Yuji Itadori atau Yuta Okkotsu dan yang lain, untuk membalas dendam kematian dari sang mentor. Dan mungkin, pertarungan mereka menghadapi sang raja kutukan, Sukuna, akan jadi puncak cerita dari Jujutsu Kaisen. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.