Sosok Crocodile diketahui memiliki rencana besar di dunia One Piece yaitu membangun ‘Utopia,’ namun bukan itu rencana sebenarnya. Crocodile merupakan salah satu karakter villain yang ikonik di series ini, seperti halnya beberapa karakter lain contohnya Donquixote Doflamingo. Dia dikenal memiliki sebuah rencana besar yang bernama Utopia. Namun, terdapat sebuah teori menarik mengenai rencana sebenarnya dari Crocodile.

Rencana Utopia

crocodile one piece

Rencana besar Utopia yang Crocodile hadirkan pertama kali diperkenalkan dalam cerita One Piece di arc Alabasta. Dalam arc tersebut memang ceritanya berfokus pada sosok Sir Crocodile dan kelompok Baroque Works. Kita juga mengetahui apa yang kemudian jadi alasannya menyerbu wilayah Alabasta, yaitu mencari keberadaan salah satu Senjata Kuno yang diyakini ada di sana, Pluton.

Namun, selain memperkenalkan tujuan utamanya untuk mencari keberadaan Pluton, kita juga diperkenalkan dengan rencana atau mimpi besar dari Crocodile. Rencana tersebut dia beri nama ‘Utopia.’ Dalam arc tersebut dijelaskan jika rencana besar dari Crocodile ini sengaja dia hadirkan untuk menandingi apa yang sudah World Government lakukan. Inilah alasan Crocodile membentuk Baroque Works dan mencari Pluton.

Rencana Utopia sendiri dirancang untuk menghabisi nyawa dari Nefertari Cobra dan mengambil alih kerajaan Alabasta. Dengan demikian, Crocodile kemudian akan bisa menguasai Senjata Kuno yang dia yakini ada di sana yaitu Pluton. Namun, rencana ini pun kemudian berhasil digagalkan ketika Luffy mampu untuk mengalahkan Crocodile dan sebagian besar dari Baroque Works, termasuk Crocodile, harus dipenjara di Impel Down.

Paradoks Utopia

crocodile one piece

Namun, terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan jika Utopia sebenarnya bukan mimpi dari Crocodile. Ada rencana yang sebenarnya dari Crocodile yang belum kita ketahui dan rencana tersebut merupakan paradoks dari apa yang kita ketahui selama ini. Menurut teorinya, paradoks pertama dan yang paling jelas dari Crocodile adalah mimpinya. Utopia memang merupakan rencana besarnya, namun itu bukan mimpi besar dari sang villain.

Crocodile kemungkinan pernah bermimpi untuk menjadi seorang raja bajak laut. Buggy yang kemudian memberikan petunjuk jika skema Utopia tersebut justru berjalan terbalik. Apa maksudnya? Dalam dunia nyata, Utopia merupakan sebuah tempat di mana semuanya terasa kosong dan damai. Bisa dibilang, tempat tersebut nampak seperti sebuah tempat yang ada di dalam mimpi.

Dalam konteks One Piece, Utopia bisa jadi ada kaitannya dengan Kerajaan Kuno di mana semua teknologi, peradaban, dan berbagai hal lainnya sangat maju dan modern serta damai. Namun, ‘Utopia’ yang Crocodile impikan rasanya justru berbanding terbalik dengan apa yang diketahui selama ini. Crocodile bukan ingin membangun Utopia yang damai dan modern, namun sebuah negara atau tempat yang penuh dengan kekuatan dahsyat dan kekuatan militer kuat.

Paradoks dari Crocodile ini pun bisa dilihat dari bagaimana dia membentuk organisasi Cross Guild. Crocodile nampak berperan sebagai seorang rentenir terhadap Buggy. Yang kemudian jadi pertanyaan adalah dari mana Crocodile mendapatkan semua uang tersebut? Ada kemungkinan jika Crocodile memiliki hubungan dengan Du Feld, salah satu penguasa dunia bawah tanah di cerita One Piece yang juga merupakan seorang raja rentenir.

Hal ini bisa menjelaskan bagaimana kemudian Crocodile bisa tiba-tiba memiliki uang dengan sangat besar dan meminjamkannya kepada Buggy. Jika memang demikian, Crocodile juga mungkin pernah bertemu dan mendekati Stussy dan Miss Bakkin. Tujuannya tidak lain adalah mengincar harta yang Whitebeard tinggalkan.

Kemiripan Dengan Im

Teorinya juga memberikan penjelasan jika ada kemungkinan paralel atau kesamaan antara Crocodile dan Im. Karakter villain yang dianggap memiliki kemairipan dengan Im memang ada beberapa selain crocodile, yaitu Enel dan Doflamingo. Di chapter 127, Crocodile nampak memegang setangkai bunga lili. Dialog yang muncul di chapter tersebut bisa dibilang sangat menarik apalagi jika kita melihat chapter kemarin ketika Cobra membahas mengenai hilangnya sang leluhur.

Semua hal tersebut bisa jadi adalah petunjuk bukan hanya mengenai koneksi antara Im dan Lily, namun juga kesamaan antara Crocodile dan Im. Jika melihat dari paradoks yang sudah muncul dari karakternya dan beberapa kesamaan yang ada, ada koneksi yang jauh lebih personal antara Im dan Crocodile. Mimpi besar Crocodile dalam rencana Utopia adalah menghadirkan sebuah negara superpower dengan kekuatan militer dahsyat.

Jika Geeks perhatikan, rencana tersebut mirip dengan bagaimana Im membentuk World Governement dan menciptakan dunia one Piece saat ini. Jadi, kesimpulannya, rencana sebenarnya dari Crocodile untuk menciptakan ‘Utopia’ tidak sama dengan arti sebenarnya. Bukan kedamaian yang dicari oleh Crocodile, namun dia menginginkan kekuasaan dan kekuatan militer yang sangat besar.

Dan hal ini juga yang dilakukan oleh Im dalam membentuk World Government. Crocodile coba untuk menggunakan berbagai sumber daya dan cara untuk bisa mewujudkan rencana besarnya tersebut. Apakah kemudian Crocodile akan menciptakan “World Government” yang baru versinya sendiri pada masa yang akan datang? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.