Terdapat sebuah teori yang menarik di kalangan fans One Piece, jika ada kemungkinan pulau Elbaf memiliki 9 alam yang berbeda. Pulau Elbaf selalu menjadi pembahasan para fans, di mana mayoritas fans menduga jika kru Topi Jerami akan pergi ke pulau tersebut. Dari berbagai petunjuk yang ada, memang ada peluang jika mereka pergi ke sana. Dan fakta ini juga muncul di arc terbaru yaitu Egghead.

Kru Topi Jerami Menuju Elbaf

elbaf one piece

Seperti yang Geeks ketahui, petunjuk mengenai kemungkinan kru Topi Jerami akan pergi ke pulau Elbaf sendiri muncul di manga One Piece chapter 1090. Dalam chapter ini diperlihatkan jika Luffy melakukan negosiasi dengan angkatan laut dan Gorosei. Luffy meminta mereka untuk pergi dari pulau Egghead atau memberikan jalan kepada mereka untuk kabur jika ingin nyawa York selamat.

Kemudian, Vegapunk bertanya kepada Nami mengenai pulau selanjutnya. Nami pun kemudian memperlihatkan Log Pose di lengannya. Menurut Nami, mereka bisa mengikuti salah satu dari tiga arah yang sebelumnya sudah terekam di negara Wano. Salah satunya mengarah ke arah utara, yang mana menurut Vegapunk pulau di utara yang Nami maksud adalah pulau Elbaf.

Mendengar hal tersebut, Luffy dan Usopp langsung kegirangan dan mereka mengatakan bahwa sudah sejak lama mereka bermimpi untuk bisa pergi ke sana. Dan petunjuk serta berbagai elemen tentang Elbaf sendiri sudah Oda hadirkan sejak lama dalam cerita One Piece. Artinya, memang hanya tinggal masalah waktu sebelum Oda benar-benar menghadirkan pulau Elbaf.

Elbaf Miliki 9 alam

Berkaitan dengan kru Topi Jerami yang hendak pergi ke pulau Elbaf, banyak fans yang menghadirkan spekulasi menarik mengenai pulau ini. Seperti bagaimana sejarah dunia mungkin akan terungkap di pulau ini. Dan yang juga tidak kalah menarik adalah muncul sebuah teori menarik di mana pulau Elbaf kemungkinan memiliki sembilan alam yang berbeda dan unik.

Seperti yang Geeks ketahui, pulau Elbaf memiliki tema atau nuansa Viking serta mitologi Nordik yang sangat kental. Hal ini bisa dilihat dari penampilan para karakter bajak laut raksasa yang mirip dengan para bajak laut Nordik. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari teorinya, di mana ada kemungkinan Oda mengambil inspirasi pulau Elbaf dari pohon legendaris, Yggdrasil.

Dalam mitologi Nordik, Yggdrasil adalah pohon kehidupan yang menjadi tempat bagi kehidupan para manusia. Pohon raksasa Yggdrasil sendiri diketahui memiliki cabang, kurang lebih 9 buah yang mana cabang tersebut menjadi gambaran dari sembilan dimensi atau dunia atau alam yang ada. Kemunculan pohon ini memang cukup masuk akal, apalagi setelah Oda menghadirkan pohon Adam dan Eve.

Dengan rencana kepergian kru Topi Jerami menuju pulau Elbaf, teorinya sendiri meyakini jika mereka akan tiba di dunia atau alam pertama, yaitu Jotunheim. Alam ini sangat mirip dengan apa yang muncul atau dihadirkan dalam cerita One Piece tentang Elbaf. Juga, Jotunheim ini pun akan sama seperti apa yang muncul dalam alur cerita kilas balik dari Big Mom.

Selanjutnya, Oda kemungkinan akan mulai memperkenalkan alam lainnya, Asgard. Dunia Asgard dalam cerita One Piece mungkin akan berbeda dengan apa yang muncul dalam berbagai medium yang ada. Dalam series ini, Asgard bisa jadi adalah tempat tinggal bagi para anggota kerajaan dari suku raksasa di One Piece. Di alam ini juga kita akan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai King Loki dan yang lain.

Alam Lainnya

elbaf one piece

Midgard juga mungkin akan menjadi tempat selanjutnya yang akan kru Topi Jerami kunjungi. Ini menjadi rumah bagi para manusia dan juga suku raksasa. Alam selanjutnya adalah Nidavellir. Di alam inilah para kurcaci dan juga elf jahat atau elf hitam tingga. Di alam ini juga kemungkinan Usopp dan juga Nami akan mendapatkan peningkatan kekuatan lagi seperti halnya Luffy.

Di alam ini, Usopp akan memunculkan keberaniannya untuk mewujudkan mimpi besarnya yaitu menjadi sosok yang paling berani di lautan (brave warrior of the sea). Di sisi lain, para kurcaci juga terkenal karena kemampuan mereka dalam membuat sesuatu. Teorinya menjelaskan jika para kurcaci itu mungkin akan membuat atau menghadirkan sesuatu yang luar biasa bagi tongkat milik Nami.

Berbagai alam lainnya juga akan muncul dan diperkenalkan dalam arc Elbaf ini, yang mana bisa jadi bukan hanya kru Topi Jerami yang akan muncul melainkan juga kru bajak laut lainnya seperti kru bajak laut Kidd. Pada intinya, pulau Elbaf akan menghadirkan berbagai elemen dari pohon kehidupan Yggdrasil yang memang menjadi inspirasi dari mitologi Nordik dan sesuai dengan tema dari pulau tersebut.

Teorinya menjelaskan bahwa di pulau ini pun mungkin akan banyak peristiwa penting dan luar biasa terjadi. Sehingga, bukan hanya tentang sejarah dunia One Piece tetapi juga yang berkaitan dengan banyak hal seperti sejarah para suku raksasa, mengapa ada banyak suku di dunia One Piece, apa yang sebenarnya terjadi kepada mereka, dan sebagainya. Dan di pulau ini pun Usopp akan dilatih untuk bisa kuat dan tangguh seperti para raksasa. Kita nantikan saja kelanjutannya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.