3. Susan Storm dan Reed Richards

hubungan toxic cerita komik

Mister Fantastic dan Invincible Woman merupakan pasangan suami istri yang sering kali dianggap sebagai panutan bagi para karakter Marvel lainnya. Mereka adalah pasangan suami istri superhero yang sangat cocok dan saling setia. Namun, dalam satu momen ternyata hubungan mereka pernah dalam satu titik hingga dianggap sebagai hubungan yang toxic.

Ketika Susan Storm berada dalam kendali villain, dia mengetahui bahwa untuk menyadarkannya dan mengembalikannya seperti semula dia perlu Reed Richards untuk membantunya. Susan kemudian membuat Reed membencinya hingga suatu momen dia menampar pipi Susan Storm. Terlepas dari hal itu, sebenarnya Reed Richards tidak jarang menelantarkan istri dan anaknya demi ilmu pengetahuan.

4. Magneto dan Rogue

Sekilas mungkin tidak ada yang salah dalam hubungan ini. Namun, jika ditelisik lagi lebih lanjut ada beberapa hal yang cukup menganggu. Pertama, meskipun Rogue sudah dewasa ketika menjalin hubungan dengan Rogue namun hal ini tidak menutup fakta jika Magneto sudah berusia sangat tua. Bahkan, Magneto sudah cukup tua untuk dianggap kakek oleh Rogue. Kedua, mereka sudah saling mengenal sejak lama.

Magneto sudah mengenal Rogue sejak usianya masih kecil dan dia menjadi mentor dari Rogue sejak remaja hingga dewasa. Sebagai sosok yang sudah dianggap sebagai orang tua dalam kehidupan Rogue, rasanya aneh dan bahkan dianggap menggelikan untuk melihat hubungan yang terjalin diantara mereka berdua. Magneto bahkan melamarnya dalam series X-Men: Legacy. Namun, mungkin ini adalah cerita yang berulang mengingat di tahun 1963 Marvel pernah menghadirkan momen di mana Charles Xavier jatuh cinta dengan JEan Grey.

5. Hank Pym dan Janet Van Dyne

hubungan toxic cerita komik

Momen hubungan toxic dalam cerita komik juga terjadi kepada Hank Pym dan Janet van Dyne. Dalam cerita MCU, kita melihat bagaimana Janet dan Hank merupakan pasangan yang romantis dan setia. Hank bahkan terus berusaha selama 30 tahun untuk menyelamatkan sang istri. Namun, dalam cerita komik hubungan diantara mereka berdua nampak berbeda.

Dalam cerita komik, Hank Pym dikenal sebagai sosok suami yang sering melakukan kekerasan terhadap istrinya. Contoh dari hal ini adalah ketika Hank Pym berusaha untuk bisa kembali ke tim Avengers. Dia rela menampar istrinya sendiri yang mana hal itu membuat para fans tidak nyaman. Bahkan, kontroversi di kalangan fans pun muncul akibat dari hal tersebut.

6. Dick Grayson dan Tarantula

hubungan toxic cerita komik

Meskipun memiliki label sebagai pahlawan, sering kali berbagai hal yang menghadirkan sosok tarantula justru memperlihatkan hal sebaliknya. Ini karena Tarantula malah melakukan hal yang buruk yang tidak seharusnya dia lakukan. Dalam komik Nightwing #93, Tarantula bekerja sama dengan Nightwing untuk mengalahkan villain bernama Blockbuster. Namun, Dick gagal untuk melakukannya.

Tarantula pun kemudian menghabisi nyawa dari Blockbuster. Nightwing sendiri sebenarnya sudah mencegah hal itu, tetapi dia gagal karena tubuhnya sudah tidak berdaya. Pasca menghabisi nyawa dari Blockbuster, Tarantula justru melakukan hal yang tidak senonoh di mana dia melakukan serangan seksual yang membuat Dick Grayson trauma. Bahkan, Tarantula kemudian melamar Dick Grayson.

7. Slade Wilson dan Terra

Cerita hubungan antara Slade Wilson dan Terra memang sudah jadi salah satu hubungan toxic dalam cerita komik yang banyak didiskusikan oleh para fans. Banyak fans yang kurang senang dan keberatan dengan alur cerita romansa antara Slade Wison dan Terra. Hubungan badan selalu menghiasi hubungan Slade dan Terra, namun ada berbagai motif lainnya yang membuat para fans kurang senang akan hal ini.

Slade justru memanfaatkan Terra untuk menyelesaikan misinya. Misalnya, Slade Wilson yang memaksa Terra untuk mengkhianati Teen Titans seperti yang diperlihatkan dalam komik Deathstroke #27. Namun, yang kemudian menjadi bahan perbincangan para fans adalah bagaimana usia dari Terra saat itu masih sangat remaja yaitu sekitar 16 tahun. Wajar jika ini kemudian menjadi salah satu hubungan yang toxic.

8. Hal Jordan dan Arisia Rrab

Selain Slade Wilson dan Terra, hubungan toxic di cerita komik yang melibatkan gadis di bawah umur juga dialami oleh Hal Jordan dan Arisia. Karakter Arisia Rrab merupakan “adik kecil” di Green Lantern Corps karena dia adalah yang paling muda. Usianya adalah 13 tahun. Arisia sendiri ternyata memiliki perasaan terhadap sang pahlawan, namun Hal menyadari jika Arisia masih kecil.

Arisia pun kemudian memutuskan untuk membuat dirinya menjadi dewasa dengan menggunakan cincin yang dia kenakan. Meskipun dia menjadi dewasa secara fisik, namun pemikirannya masih 13 tahun. Hal Jordan pun jatuh cinta dan mengajaknya untuk berkencan. Namun, DC Comics kemudian menghadirkan retcon terhadap cerita tersebut meskipun cerita romantis diantara mereka tetap sama.

9. Zebediah dan Melanie Killgrave

hubungan toxic cerita komik

Zebediah Killgrave merupakan sosok yang menggunakan nama Purple Man. Akibat terkena cairan kimia, kulit dari mantan mata-mata dari Kroasia tersebut berubah menjadi ungu. Yang menarik adalah Zebediah mampu mengendalikan pikiran orang lain dan sering kali dia menggunakan kekuatannya tersebut untuk kebutuhan nafsunya. Contohnya adalah ketika dia “memaksa” Melanie untuk menikah dengannya.

Sebenarnya, Melanie tidak pernah suka atau pun cinta terhadap Zebediah. Bagaimana dia menjadi istri dari sang Purple Man di sebagian hidupnya adalah karena pengaruh dari kekuatan Purple Man. Melanie harus menunggu momen di mana pengaruh Purple Man menghilang dan dia pun berhasil kabur. Di era modern, Purple Man melakukan hal yang sama kepada Jessica Jones. Dia membuat Jessica sebagai budak nafsunya dan kaki tangannya selama delapan bulan.

10. Harley Quinn dan Joker

hubungan toxic cerita komik

Dari semua karakter di atas, hubungan toxic yang terjadi di cerita komik yang paling parah terjadi pada Harley Quinn dan Joker. Seperti yang Geeks ketahui jika Harleen Quinzel pada awalnya bersimpati kepada Joker ketika dia berada di Arkham Aslum. Namun, dia kemudian jatuh cinta kepada Joker. Karena hal itu, Harleen memutuskan untuk menjadi kekasih sekaligus kaki tangan dari Joker.

Meskipun statusnya adalah kekasih, namun Joker lebih sering memperlakukan Harley seperti halnya para bawahan yang lain. Joker bahkan sering melakukan tindakan kekerasan serta tidak pernah memperdulikan bagaimana nasib dan keadaan dari Harley Quinn. Dari semua hubungan toxic yang ada dalam cerita komik, bisa dikatakan jika hubungan Harley Quinn dan Joker adalah yang paling toxic dan mengerikan. Untungnya, Harley Quinn sudah mulai diperlihatkan mampu untuk mandiri tanpa Joker.

Hubungan yang toxic ternyata dialami juga oleh berbagai karakter dalam cerita komik, seperti berbagai contoh di atas. Meskipun ada hubungan toxic yang berkaitan dengan masalah seksual, ada juga hubungan toxic tersebut yang berkaitan dengan kekerasan terhadap pasangan.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.