Adaptasi live action anime saat ini menjadi primadona bagi industri film Hollywood dengan ada berbagai proyek yang akan segera digarap. Melakukan adaptasi live action dari cerita anime atau manga merupakan salah satu tantangan besar bagi industri film Hollywood, selain juga menghadirkan adaptasi dari cerita game. Pasalnya, ada berbagai hal yang sulit untuk dideskripsikan dalam versi live action dari cerita anime.

Meskipun begitu, nyatanya hal tersebut tidak menghentikan banyak pembuat film untuk mau mengerjakan atau menggarap berbagai proyek adaptasi live action anime. Hal ini terbukti dari berbagai proyek adaptasi live action anime yang akan segera digarap dalam waktu dekat. Lalu, apa saja proyeknya? Berikut adalah daftarnya.

Death Note

live action anime digarap

Death Note merupakan salah satu anime yang populer yang sebenarnya sudah sempat dibuat versi live actionnya. Bahkan, Death Note sempat dibuat versi live action dalam versi Jepang dan juga Hollywood. Untuk Hollywood sendiri, Netflix sempat menghadirkan filmnya di tahun 2017 yang mana film tersebut akhirnya harus gagal total. Adam Wingard dianggap gagal untuk mewujudkan hal tersebut.

Yang menarik adalah Netflix sepertinya masih belum kapok untuk menghadirkan adaptasi live action anime Death Note. Kali ini, sutradara series horor populer, Duffer bersaudara, yang mengerjakan proyek Stranger Things sudah ditunjuk untuk membuat filmnya di tahun 2022. Sayangnya, hingga 2023 ini belum ada kabar kelanjutan dari proyek tersebut. Kemungkinan filmnya akan dirilis spada 2024 atau 2025 mendatang.

Sword Art Online

Sword Art Online merupakan salah satu proyek live action anime lainnya yang akan digarap oleh pihak Netflix. Berbeda dengan Death Note, Sword Art Online akan dihadirkan dalam format series. Proyeknya sendiri diketahui pertama kali diumumkan pada 2016 silam di mana rumah produksi Skydance Production yang akan menggarap seriesnya dengan John Zinman dan Patrick Massett yang akan mengawasi proyeknya.

Melihat potensi yang besar dari series ini, akhirnya pada 2018 Netflix membeli lisensi untuk menghadirkan series live action tersebut. Menurut laporan sebelumnya, mereka akan melakukan audisi terhadap aktor Asia untuk memerankan dua karakter utamanya, Kirito dan Asuna. Sayangnya, seperti proyek series Death Note, sampai sejauh ini belum ada kabar lanjutan mengenai proyeknya.

One-Punch Man

Rilis pertama kali pada 2009 dalam versi webcomic, One-Punch Man karya ONE berhasil meraih atensi yang luar biasa dari para pembaca. Akhirnya, pihak Shueisha memberikan tempat bagi One-Punch Man untuk muncul dalam format manga yang kemudian digambar ulang oleh Yusuke Murata. Lagi-lagi, kesuksesan menghinggapi series tersebut yang membuat One-Punch Man diadaptasi dalam versi anime.

Di tahun 2022, kabar menarik muncul di mana sutradara dari franchise Fast and Furious, Justin Lin, sudah ditunjuk untuk menjadi sutradara proyek live action anime One-Punch Man yang akan segera digarap. Selain itu, Scott Rosenberg dan Jeff Pinkner sudah ditunjuk untuk menulis filmnya. Yang menarik adalah proyek live action anime ini bukan digarap oleh Netflix melainkan Sony Pictures.

Your Name

live action anime digarap

Kimi no Na Wa atau yang biasa disebut sebagai Your Name adalah film fenomenal yang dihadirkan oleh Makoto Shinkai. Kualitas visual yang sangat luar biasa dan alur cerita yang menarik menjadi dua hal yang membuat film tersebut sangat sukses di pasaran. Kesuksesan yang luar biasa inilah yang membuat pihak Paramount memutuskan untuk menghadirkan proyek live acton dari filmnya.

Rumah produksi tersebut bekerja sama dengan rumah produksi lainnya, Bad Robot, untuk menghadrkan adaptasi filmnya dan sempat menunjuk Marc Webb untuk menjadi sutradara dari filmnya. Sayangnya, Marc Webb kemudian mengundurkan diri dan diganti oleh Lee Isaac Chung, sebelum kemudian Lee juga memutuskan untuk mundur. Status filmnya sendiri saat ini masih aktif, di mana pihak studio sedang menantikan sutradara yang tepat untuk filmnya.

Steins;Gate

Selain mengerjakan proyek adaptasi live action anime Sword Art Online, Skydance juga memiliki proyek lainnya yang akan digarap yaitu Steins;Gate. Ini merupakan anime yang juga sama-sama bergenre fiksi ilmiah. Namun, dibandingkan SAO, Steins;Gate dianggap sebagai salah satu anime terbaik dalam sejarah dengan banyak tanggapan positif dari berbagai pihak.

Hal ini pun membuat industri film di Hollywood tertarik untuk mengadaptasi filmnya dalam format live action. Sayangnya, sampai sejauh ini belum ada perkembangan pasti dari proyek adaptasi ini selain informasi pengumuman sebelumnya. Meskipun begitu, dalam situs resmi dari dafilmnya diketahui jika proyek ini masih berjalan dan masih menantikan sosok yang tepat untuk menggarap filmnya. BERSAMBUNG KE HALAMAN 2.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.