Sebagai salah satu ikon paling terkenal dalam dunia komik dan hiburan, Superman telah lama menjadi karakter yang memikat para penggemar dengan kekuatan dan kisahnya yang luar biasa. Namun dalam perjalanan panjangnya di dunia perfilman, tidak semua upaya untuk menghadirkan kisah Superman selalu berbuah sukses. Misalnya film Man of Steel 2 di DCEU yang tidak bisa terwujud karena Warner Bros dan DC Studios memutuskan untuk me-reboot jagat sinemanya. Nah dalam artikel kali ini kita akan mengulas enam film potensial Superman yang justru lebih parah dari itu, di mana proyeknya malah gagal digarap walaupun sudah dikembangkan untuk waktu yang cukup lama!

6Superman V (1991)

Superman V adalah film gagal digarap pertama yang tadinya akan melanjutkan kisah sang Man of Steel tahun 1970-an dan 1980-an yang sudah lama diperankan oleh aktor Christopher Reeve. Filmnya sendiri tadinya dimaksudkan untuk menjadi film kelima dari waralabanya setelah Superman: The Movie (1978), Superman II (1980), Superman III (1983), dan Superman IV: The Quest for Peace (1987). Walaupun begitu menurut penulis Cary Bates yang pertama kali mempunyai idenya, Superman V akan membuang kisah ketiga dan keempat agar bisa melanjutkan kesuksesan film pertama dan keduanya.

Bates tadinya sudah mengembangkan kisah yang berfokus pada pertarungan epik antara Superman dan Brainiac. Di mana sang supervillain Brainiac menggunakan teknologi alien canggihnya untuk mengecilkan Metropolis dan menyimpannya dalam sebuah botol sebagai miniatur kota. Mengetahui bahwa ada Superman di dalamnya, Brainiac yang merasa tertantang lantas sengaja mengecil dan bertarung dengannya sampai berhasil membunuh sang Man of Steel. Kisah ini kurang lebih mirip seperti yang pernah terjadi di DC Comics.

Tidak berhenti sampai di situ saja, Bates juga masih punya ide lanjutan yang ditandai dengan kebangkitan Superman dengan kekuatan yang lebih hebat dari sebelumnya. Singkat cerita, Superman bisa membalaskan dendamnya kepada Brainiac dan berhasil membebaskan seluruh kota yang sebelumnya diubah menjadi miniatur. Meskipun film Superman V hampir mendapatkan lampu hijau pada tahun 1991, tetapi sayangnya proyek ini ditunda sampai akhirnya gagal digarap karena WB lebih memilih memproduksi series Lois & Clark: The New Adventures of Superman yang tayang perdana tahun 1993

Kembali
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.