Sebagai salah satu ikon paling terkenal dalam dunia komik dan hiburan, Superman telah lama menjadi karakter yang memikat para penggemar dengan kekuatan dan kisahnya yang luar biasa. Namun dalam perjalanan panjangnya di dunia perfilman, tidak semua upaya untuk menghadirkan kisah Superman selalu berbuah sukses. Misalnya film Man of Steel 2 di DCEU yang tidak bisa terwujud karena Warner Bros dan DC Studios memutuskan untuk me-reboot jagat sinemanya. Nah dalam artikel kali ini kita akan mengulas enam film potensial Superman yang justru lebih parah dari itu, di mana proyeknya malah gagal digarap walaupun sudah dikembangkan untuk waktu yang cukup lama!

5Superman Reborn (1993)

Keberhasilan film Batman tahun 1989, ternyata sempat membuka jalan untuk sebuah film reboot berjudul Superman Reborn yang sayangnya lagi-lagi gagal digarap. Pada saat itu produser Jon Peters mempunyai sebuah rencana ambisius untuk mengadaptasi kisah sukses DC Comics yang berjudul Death of Superman (1992-1993). Di mana plot utamanya menceritakan perjuangan Superman sebagai satu-satunya superhero Bumi yang bisa menghadapi ancaman supervillain Kryptonian bernama Doomsday. Peters bahkan sudah sempat menggaet penulis Jonathan Lemkin untuk menggarap naskahnya.

Sama seperti di komiknya, naskah dari Lemkin juga dimaksudkan untuk menceritakan kematian Superman karena luka yang dideritanya setelah berhasil membunuh Doomsday. Bedanya, Superman yang sekarat akan menyatakan cintanya kepada Lois Lane yang ternyata tengah mengandung bayi mereka. Bayi inilah yang kemudian lahir dan tumbuh dengan cepat menjadi Superman yang baru. Namun karena WB menganggap naskah pertama ini terlalu konyol, maka penulis Gregory Poirier ditunjuk untuk merombaknya.

Dalam naskah Poirier sudah tidak ada lagi bayi super yang tumbuh cepat, dia mengganti cerita kebangkitan Superman dengan keterlibatan pemerintah. Selain Doomsday, naskah baru ini juga tadinya akan menyertakan villain tangguh lain, seperti Brainiac dan Parasite. Meskipun terdengar lebih menjanjikan, tetapi pada akhirnya film Superman Reborn tetap  gagal digarap karena ternyata WB punya rencana cadangan yang lebih menarik perhatian mereka.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.