Dalam dunia hiburan, baik di Hollywood maupun di Indonesia sendiri, mitos ‘Kutukan Superman’ telah lama menjadi topik yang mendalam dan sangat kontroversial. Istilah kutukan mengerikan ini pada dasarnya muncul setelah sejumlah aktor dari tayangan live action DC’ Superman mengalami kejadian tragis dan tak terduga dalam kehidupan mereka. Misalnya kecelakaan, kebangkrutan, dan nasib buruk lainnya, yang pada akhirnya membuat para penggemar berpikir bahwa kutukannya bukanlah sebuah kebetulan. Berikut ini adalah para aktor yang diduga kuat terkena Kutukan Superman!

Kirk Alyn (1910-1999)

Sebelum industri Hollywood semaju sekarang, di mana layar lebar masih hitam putih, DC pernah merilis dua film Superman beranggaran minim sekitar tahun 1940-an. Film pertama berjudul Superman yang dirilis tahun 1948, kemudian yang kedua adalah sekuelnya Atom Man vs. Superman pada tahun 1950. Nah aktor yang memerankan sang Man of Steel di kedua filmnya tidak lain adalah Kirk Alyn. Kutukan Superman dimulai ketika sang aktor gagal mendapatkan peran lain setelahnya. Pada tahun 1978, Alyn berperan sebagai ayah Lois Lane di film Richard Donner’ Superman: The Movie, sayangnya setelah itu dia didiagnosis mengidap penyakit alzheimer sampai akhirnya meninggal tahun 1999 silam.

George Reeves (1914-1959)

Pada tahun 1951, George Reeves adalah aktor menggantikan Kirk Alyn sebagai Clark kent di film Superman and the Mole Man. Keberhasilan perannya mengantarkan George untuk kembali mengulang perannya di series televisi lanjutan yang berjudul Adventures of Superman. Sebagai aktor yang memicu istilah Kutukan Superman di kalangan penggemar, pada tahun 1959 George dilaporkan telah menembak dirinya sendiri hingga tewas. Kontroversi justru muncul ketika ternyata polisi tidak menemukan ada sidik jari George di pistol yang telah membunuhnya. Sejak saat itu tidak sedikit yang berpekulasi bahwa dia telah dibunuh oleh seseorang yang tidak pernah tertangkap hingga hari ini.

Christopher Reeve (1952-2004)

Siapa yang tidak mengenal Christopher Reeve? Sebagai aktor veteran asal Amerika, dia bisa dibilang adalah pemeran Superman dengan film DC terbanyak sepanjang masa. Mulai dari film Superman: The Movie, Superman II (1980), Superman III (1983), hingga Superman IV: The Quest for Peace (1987). Sayangnya pasca selesai dengan peran ikonisnya, sang aktor diduga terkena Kutukan Superman sehingga kesulitan untuk mendapatkan peran lain. Kemudian pada tahun 1995, Reeve mengalami insiden tragis yang membuatnya lumpuh dari leher ke bawah. Dalam peran terakhirnya, Reeve sempat terlibat dalam series Smallville sebagai Dr. Virgil Swann, sebelum akhirnya meninggal tahun 2004.

Lee Quigley (1976-1991)

Satu lagi aktor yang diduga telah mengalami Kutukan Superman adalah Lee Quigley yang memerankan Kal-El alias Clark Kent bayi di film Superman: The Movie. Pasca terlibat dalam filmnya, kebahagiaan Quigley muda dipercaya mulai hilang secara perlahan-lahan. Di mana kehidupannya berjalan tragis, mulai dari keluarga yang berantakan serta dikabarkan mengalami perundungan di sekolahnya. Mirisnya pada saat itu perannya sebagai Superman versi bayi sama sekali tidak menolongnya. Quigley dilaporkan meninggal dunia pada tahun 1991 saat usianya masih 14 tahun karena penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Marlon Brando (1924-2004)

Kutukan Superman ternyata tidak hanya menimpa para aktor utama saja, tetapi juga pemeran pendukung seperti Marlon Brando. Di film Superman: The Movie, Brando berperan sebagai ayah Superman yang bernama Jor-El. Sejak saat itu konon kehidupannya mulai hancur secara perlahan, dimulai dengan kasus anak laki-lakinya yang menembak mati kekasih anak perempuannya pada tahun 1990. Setelah itu anak pereampuannya dilaporkan mengambil nyawanya sendiri lima tahun kemudian. Brando sendiri meninggal dunia pada tahun 2004, tiga bulan sebelum Christopher Reeve menyusulnya.

Margot Kidder (1948-2018)

Aktor terakhir yang diduga telah mengalami Kutukan Superman adalah Margot Kidder, pemeran Lois Lane di film Superman: The Movie. Pada tahun 1996, Kidder sempat dilaporkan menghilang selama beberapa hari sebelum polisi menemukannya dalam keadaan paranoid. Kemudian pada tahun 2018, Kidder meninggal dunia di kediamannya. Menurut ahli forensik, dia meninggal karena mengambil nyawanya sendiri dengan sengaja memakan banyak obat-obatan terlarang serta meminum minuman keras sampai akhirnya overdosis.

Percaya atau tidak, itulah para aktor yang diduga terkena Kutukan Superman pasca membintangi tayangan live action sang Man of Steel. Mulai dari pemeran utama sampai pemeran pendukung, faktanya para aktor ini memang mengalami sejumlah peristiwa tragis sampai akhir hidupnya. Walaupun begitu, tidak sedikit juga aktor yang justru tidak percaya dengan kutukannya, termasuk Brandon Routh pemeran Superman Returns, Tom Welling pemeran Superman di Smallville, dan Henry Cavill yang menjadi Superman di film Man of Steel. Kalau menurut kalian bagaimana, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.