Terlepas dari julukannya sebagai ‘makhluk paling kuat di dunia’ ada beberapa karakter yang pernah kalahkan Kaido dalam cerita One Piece. Kaido merupakan salah satu karakter terkuat dalam cerita One Piece. Hal ini terbukti bagaimana di sepanjang hidupnya Kaido sering kali mencoba untuk mengakhiri hidupnya, yang mana itu semua ternyata tidak berhasil.

Kaido merupakan mantan anak buah dari kelompok bajak laut Rocks dan pernah menjadi rekan dari Big Mom dan Whitebeard. Julukannya sebagai ‘makhluk paling kuat di dunia’ membuat siapa pun akan ketakutan dan sulit untuk menghadapi Kaido. Meskipun begitu, ternyata ada karakter yang pernah berhasil melukai atau bahkan kalahkan Kaido dalam pertarungan. Siapa saja?

Angkatan Laut

Sudah sejak lama pihak angkatan laut memburu Kaido yang saat itu memiliki nilai buruan sebesar 4,611,100,000 Belly. Meskipun di era sekarang angkatan laut jarang melakukan pertempuran langsung dengan Kaido karena aturan untuk tidak menyerang Yonko terlebih dahulu, mereka nyatanya pernah mengalahkan mantan kru Rocks ini. Hal tersebut terungkap dalam kilas balik Kaido.

karakter yang pernah kalahkan kaido

Berdasarkan cerita kilas balik tersebut pasca Kaido kabur dari kelompok bajak laut Rocks dia pernah ditangkap dan kemudian dilaksanakan hukuman mati, yang mana ternyata hal itu tidak berhasil. Yang menarik adalah angkatan laut lebih dari lima kali berusaha untuk menghukum mati Kaido. Namun, alat eksekusinya selalu hancur dan Kaido selalu berhasil kabur.

Monkey D Garp

Sebagai sosok pahlawan angkatan laut, Garp memang hanya memiliki jabatan atau posisi sebagai wakil admiral. Namun, kekuatannya sendiri jauh di atas seorang wakil admiral. Sebagai salah satu angkatan laut yang sudah berpengalaman, Garp sudah sering menghadapi banyak angkatan laut kuat seperti Roger, Big Mom, Shiki, dan bahkan Kaido. Meskipun tidak ada catatan jelas, namun kemungkinan besar Garp pernah beberapa kali atau bahkan sering bertarung menghadapi Kaido.

Gol D Roger

Gol D Roger memang masih menjadi seorang bajak laut yang biasa puluhan tahun lalu. Hal ini karena lautan pada saat itu dikuasai oleh satu orang yaitu Rocks D Xebec. Roger sendiri mampu mengalahkan Kaido dalam peristiwa God Valley 38 tahun yang lalu, di mana dia bekerja sama dengan Garp untuk menghancurkan Rocks. Selain menghadapi Rocks, Roger dan Garp pun tentunya menghadapi kru dari Rocks di mana salah satunya adalah Kaido. Namun, Rocks dan krunya kemudian kalah dan kelompok bajak laut mereka kemudian bubar.

Shanks

Pertarungan puncak antara Whitebeard dan pihak angkatan laut nyatanya memancing banyak orang untuk ikut terlibat. Hal ini diperlihatkan dengan kemunculan Shanks di akhir pertempuran. Kedatangan Shanks bukanlah untuk bertarung – meskipun mereka juga siap melakukannya – tapi mereka datang untuk menghentikan semuanya, mengingat ada banyaknya korban jiwa yang jatuh.

karakter yang pernah kalahkan kaido

Yang menarik adalah seperti dijelaskan para pasukan angkatan laut lainnya, sebelum tiba di Marineford, Shanks sebenarnya sempat bertarung melawan Kaido. Shanks mencoba menahan Kaido yang mencoba membunuh Whitebeard. Pertarungannya sendiri tidak diperlihatkan di ceritanya, dan kita tidak tahu siapa yang menang secara pasti. Tapi, jika melihat Shanks yang mampu ke Marineford dengan cepat tanpa terluka, menandakan bahwa Kaido kalah dan memilih untuk mundur.

Big Mom

Setelah banyak dispekulasikan oleh para fans, akhirnya Big Mom bertemu dengan Kaido di Onigashima setelah dia pingsan akibat Brachio Bomb dari Queen saat berada di penjara Udon. Big Mom lalu dibawa ke Onigashima dan kemudian bertemu dengan Kaido. Pertarungan pun akhirnya tidak terelakan. Keduanya saling serang dan pertarungan tersebut menggetarkan seluruh Onigashima.

Karena Big Mom sama kuatnya seperti Kaido, dia pun bisa menahan semua serangan kaido dengan mudah. Meskipun pertandingannya berujung imbang, namun secara teknik bisa disimpulkan bahwa kemampuan Big Mom sedikit di atas Kaido. Keputusan Kaido yang memutuskan untuk berhenti dan mengajaknya bekerja sama, banyak diasumsikan sebagai bentuk “sadar diri” dari Kaido bahwa dia tidak akan menang.

Kozuki Oden

Tiga tahun setelah pertarungan melawan Gecko Moria dan pasukannya, Kaido kemudian harus menghadapi Kozuki Oden dan sembilan orang pengikutnya yang disebut Nine Red Scabbards. Pertarungannya sendiri berlangsung selama beberapa hari dan dalam pertarungan ini kita melihat bagaimana kemampuan dan kekuatan dari Kozuki Oden begitu dahsyat.

karakter yang pernah kalahkan kaido

Geeks mungkin heran mengapa pertarungan melawan Oden masuk dalam daftar mengingat Kaido menang pada saat itu. Memang, Kaido berhasil memenangkan pertarungan tersebut namun hal itu dikarenakan Kaido berbuat “curang.” Kurozumi Higurashi berhasil mengalihkan perhatian Oden, sebelum kemudian Kaido mengalahkannya. Jika hal itu tidak terjadi, Kaido rasanya akan kalah di tangan Kozuki Oden. Kita bisa lihat juga bekas luka di pinggang hasil tebasan Enma dan Ame no Habakiri.

Monkey D Luffy

Karakter yang pernah kalahkan Kaido terakhir adalah Monkey D Luffy. Dan bisa dibilang, kekalahan yang Kaido alami dari Luffy benar-benar sangat membekas, membuat Kaido akhirnya menghilang tanpa jejak. Seperti yang diperlihatkan dalam arc Wano, Kaido harus berhadapan dengan Luffy dan pertarungan mereka pun terjadi beberapa kali. Dalam pertarungan awal, Luffy harus kalah telak dari Kaido.

karakter yang pernah kalahkan kaido

Namun, pasca berlatih di penjara Udon, dia kemudian berhasil memenangkan pertarungan melawan Kaido. Penggunaan Gear 5 menjadi kunci bagi kekalahan Kaido di tangan Luffy. Nampak Kaido benar-benar tidak berdaya dalam menghadapi serangan Gear 5 Luffy yang memang sangat dahsyat. Puncaknya adalah bagaimana Kaido mendapatkan pukulan telak yang membuatnya harus tersungkur ke dalam aliran lahar.

Kaido memang merupakan karakter yang luar biasa kuat. Dia mampu bertahan selama puluhan tahun dari berbagai serangan orang-orang dan hanya sedikit orang yang pernah berhasil melukai atau bahkan kalahkan Kaido. Nasib dari Kaido sendiri saat ini tidak diketahui, karena sebagian mengira dia sudah tewas, namun ada juga yang menyangka jika dia masih hidup.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.