Beberapa rumah produksi di berbagai negara ternyata ada yang tidak ragu untuk memproduksi tiruan dari para Tokusatsu Jepang. Tokusatsu merupakan sebuah seriesl pahlawan Jepang yang memiliki ciri khas efek spesial yang kental. Ultraman dan Kamen Rider menjadi beberapa contoh dari karakter tokusatsu Jepang yang populer. Dengan kepopuleran Tokusatsu, tidak jarang berbagai negara coba untuk menghadirkab versi mereka.

Indonesia sendiri memiliki Tokusatsu resmi yang mendapat izin dari Ishinomori, yaitu Bima Satria Garuda. Namun, ternyata ada juga beberapa rumah produksi di berbagai negara yang mencoba untuk menghadirkan tiruan dari para Tokusatsu tersebut. Dan yang mengejutkan juga adalah bisa dibilang tiruan ini tidak resmi atau tidak mendapatkan izin dari pemilik franchisenya. Lalu, apa saja Tokusatsu tersebut?

2Chuldong! K-Cop

Series asal Korea Selatan yang rilis pada 2015 ini mungkin lebih dianggap sebagai parodi dari karakter tokusastsu Jepang. Hal ini dilihat dari alur cerita seriesnya yang memang lebih fokus pada properti atau poin-poin dalam plotnya yang menghadirkan adegan lucu. Polisi menjadi tema utama dalam series tokusatsu asal Korea Selatan itu. Tidak ada sinopsi yang detail mengenai cerita seriesnya ini sehingga banyak fans di luar Korea Selatan yang merasa kebingungan.

Dari segi desain, sebenarnya Chuldong! K-Cop ini memiliki desain karakter yang cukup apik. Namun, jika Geeks perhatikan desain dari kedua karakter utamanya sendiri mirip seperti para pahlawan dalam series Dekaranger. Memang, salah satu perbedaanya adalah pada kostum yang digunakan di mana karakter dalam series Chuldong! K-Cop lebih terlihat seperti armor. Durasi seriesnya cukup singkat yaitu 10-12 menit.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.