Beberapa rumah produksi di berbagai negara ternyata ada yang tidak ragu untuk memproduksi tiruan dari para Tokusatsu Jepang. Tokusatsu merupakan sebuah seriesl pahlawan Jepang yang memiliki ciri khas efek spesial yang kental. Ultraman dan Kamen Rider menjadi beberapa contoh dari karakter tokusatsu Jepang yang populer. Dengan kepopuleran Tokusatsu, tidak jarang berbagai negara coba untuk menghadirkab versi mereka.

Indonesia sendiri memiliki Tokusatsu resmi yang mendapat izin dari Ishinomori, yaitu Bima Satria Garuda. Namun, ternyata ada juga beberapa rumah produksi di berbagai negara yang mencoba untuk menghadirkan tiruan dari para Tokusatsu tersebut. Dan yang mengejutkan juga adalah bisa dibilang tiruan ini tidak resmi atau tidak mendapatkan izin dari pemilik franchisenya. Lalu, apa saja Tokusatsu tersebut?

3SFX Fantasy Rayforce

SFX Fantasy Rayforce merupakan salah satu proyek series tokusatsu yang pada akhirnya gagal tayang. Secara kualitas efek visual, SFX Fantasy Rayforce bisa dibilang sangat luar biasa. Dalam tayangan teaser di YouTube, banyak Geeks yang mungkin takjub dengan kualitasnya karena mirip dengan apa yang dihadirkan dalam versi Jepang. Namun, ada hal negatif dalam seriesnya.

SFX Fantasy Rayforce nyatanya menghadirkan kostum tiruan dari beberapa Kamen Rider, seperti Agito dan Hibiki, dengan desain yang dirubah detailnya. Bahkan, SFX Fantasy Rayforce juga bukan hanya menirukan para Kamen Rider melainkan juga series dari Tiongkok seperti Armor Hero. Proyek seriesnya sendiri tidak jadi dibuat karena kurangnya investor yang mau mendanai.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.