Menghadirkan plot twist menarik menjadi salah satu daya tarik sebuah film dan ada berbagai film menarik yang memiliki plot twist mengejutkan para penonton. Bagi para pecinta film, mengikuti sebuah alur cerita di sebuah judul film mungkin menjadi sesuatu yang tidak sulit untuk mereka lakukan. Pasalnya, mayoritas film Hollywood menggunakan formula cerita yang sama.

Inilah alasan mengapa kemudian banyak para penonton yang sudah bisa menebak atau tahu apa kemungkinan cerita selanjutnya. Terkadang, alur cerita film yang sudah terbaca jadi salah satu alasan sebuah film gagal di pasaran. Meskipun begitu, ada juga beberapa film yang memiliki plot twist paling mengejutkan sehingga para penonton sulit menebak apa yang terjadi. Apa saja filmnya?

The Village

Film bergenre Thriller ini ditulis dan disutradarai oleh M. Night Shyamalan. Bersetting di sebuah desa terpencil di pertengahan abad ke 19, para penduduk sekitar diceritakan memiliki ketakutan besar terhadap berbagai makhluk yang ada di sekitar hutan. Seorang wanita bernama Ivy justru memberanikan diri pergi ke hutan tersebut, demi mencari obat yang bisa menyembuhkan tunangannya.

film plot twist mengejutkan

Namun, kejutan besar kemudian muncul di mana sebenarnya desa tempat orang-orang tersebut tinggal bukan berasal dari abad ke 19. Desa tersebut merupakan sebuah bangunan yang sengaja diciptakan oleh sekelompok orang yang ingin kabur dari kepenatan dan semua hal mengerikan yang terjadi di dunia modern. Berbagai makhluk mengerikan yang mereka takuti sebenarnya adalah manusia yang menyamar menjadi monster demi mencegah para penduduk desa untuk pergi dari tempatnya.

Atonement

Film dengan plot twist paling mengejutkan selanjutnya adalah Atonement. Atonement merupakan sebuah film drama yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Ian McEwan. Filmnya sendiri berkisah tentang seorang gadis bernama Briony Tallis, yang menuduh kekasih adiknya melakukan sebuah tindakan kriminal yang sebenarnya tidak dia lakukan. Hal tersebut justru berakibat panjang, di mana banyak pihak terlibat.

Pasalnya, tuduhan tersebut merubah kehidupan berbagai pihak itu. Kejutannya sendiri muncul menjelang akhir film, di mana seluruh cerita yang sebenarnya para penonton saksikan sejak awal sebenarnya merupakan cerita karangan dari Briony. Kemudian, pada faktanya, sosok pria yang dituduh tersebut harus dipenjara atas kejahatan yang tidak dia lakukan dan tewas dalam pertempuran perang dunia kedua. Briony berusaha menghilangkan rasa bersalahnya untuk memperbaiki semuanya dengan cerita tersebut.

The Skin I Live In

Salah satu film yang pernah dibintang oleh Antonio Banderas. Film karya Pedro Almodovar ini mengisahkan seorang dokter bedah plastik yang sangat terobsesi untuk menciptakan sebuah kulit sintetis jenis baru. Kulit buatan tersebut harus mampu menahan segala macam kerusakan atau luka. Di tengah cerita, akhirnya terungkap apa yang membuat sang dokter terobsesi dengan hal tersebut.

Karakter Banderas berusaha untuk membalas dendam terhadap sosok pria yang sudah meruda paksa anak perempuannya sehingga harus menghabisi nyawanya sendiri. Plot twistnya sendiri adalah ternyata gadis yang terkunci dan dijadikan subyek uji coba oleh sang dokter merupakan putrinya sendiri. Sebagian menganggap film ini menarik dan luar biasa, namun sebagian menganggap film ini sangat mengganggu (disturbing).

The Prestige

Dengan setting waktu di London, Inggris, pada abad ke 19, The Prestige menghadirkan cerita menarik dari rivalitas panas dua pesulap yaitu Robert Angier dan Alfred Borden. Mereka berdua bersaing untuk membuktikan siapa dari keduanya yang terbaik dalam menghadirkan berbagai aksi dan trik sulap. Mereka bahkan rela melakukan apa pun yang bahkan bisa mengancam nyawa mereka.

Elemen fiksi ilmiah dalam film ini adalah bagaimana cara keduanya untuk bisa saling mengalahkan satu sama lain. Untuk menghadirkan berbagai trik sulap yang epik, mereka harus melakukan berbagai uji coba yang berbahaya dan menghadirkan berbagai penemuan yang tidak biasa. Yang menjadi plot twist dalam film ini adalah bagaimana sebenarnya Alfred Boden ternyata memiliki dua kepribadian berbeda. Angier ternyata memiliki alat untuk menciptakan kloning dan menghabisi kloningnya setiap kali dia melakukan trik.

Shutter Island

Film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio ini berkisah tentang seorang U.S. Marshal bernama Teddy Daniels, yang pergi ke sebuah pulau bernama Shutter Island. Dia dan rekannya, Chuck, berusaha untuk melakukan investigasi atas hilangnya seorang pasien gangguan jiwa di pulau tersebut. Namun, semakin dalam mereka melakukan investagasi berbagai fakta pun mulai terkuak.

film plot twist mengejutkan

Ternyata, Teddy adalah sosok pasien yang hilang dari rumah sakit jiwa di pulau tersebut. Semua hal yang berkaitan dengan investigasi dalam ceritanya merupakan sebuah sesi terapi peran dari Teddy yang memang didesain untuk membantunya menenangkan diri dari peristiwa masa lalunya yang mengerikan. Bagaimana alur ceritanya mampu mempermainkan pikiran para penonton jadi salah satu daya tarik dari filmnya.

The Game

Dibintangi oleh Michael Douglas, Teh Game bercerita tentang seorang pebisnis kaya raya bernama Nicholas Van Orton. Nicholas kemudian diberikan hadiah oleh sang adik, Conrad, untuk memainkan sebuah permainan di mana permainan tersebut menjanjikan perubahan besar dalam hidupnya. Awalnya, Nicholas tidak percaya dengan hal tersebut sampai kemudian dia benar-benar terjerembap ke dalam permainan tersebut.

Akibat dari tindakan Nicholas tersebut, kehidupannya benar-benar berubah. Namun, yang kemudian jadi plot twist dari ceritanya adalah permainan tersebut sebenarnya didesain untuk membantu Nicholas menghadapi sisi gelap dalam dirinya. Permainan ini juga didesain untuk menghilangkan kekakuan emosi dalam diri Nicholas. Sebagian mengkritik plot twist yang muncul dalam film ini kurang begitu baik dan terlalu dibuat-buat. Namun, sebagian lainnya benar-benar merasa terkejut.

The Machinist

Salah satu film yang membuat nama Christian Bale melambung berkat penampilannya yang luar biasa. Bale berperan sebagai seorang mekanik (machinist) bernama Trevor Reznik, yang belum tidur selama satu tahun terakhir. Akibatnya, dia perlahan mulai kehilangan kesadaran tidak bisa membedakan mana yang nyata dan mana yang tidak nyata. Misalnya, dia melihat sosok rekan kerja bernama Ivan yang tidak dikenali oleh yang lain.

film plot twist mengejutkan

Yang kemudian jadi plot twist dalam filmnya adalah Ivan merupakan salah satu bentuk khayalan dari pikiran Trevor. Trevor juga bertanggung jawab atas sebuah peristiwa mengeikan yang terjadi di tempat kerjanya. Sebenarnya, berbagai petunjuk tentang keanehan Trevor bisa dilihat dalam beberapa momen dalam filmnya. Namun, penjelasan detail mengenai hal tersebut muncul di akhir filmnya.

Frailty

Frailty berfokus pada sosok Fenton, seorang pria yang diwawancarai oleh FBI karena sang adik, Adam, melakukan pembunuhan massal. Fenton bersikukuh jika adiknya merupakan sosok pembunuh yang dicari oleh FBI tersebut. Dia tahu semua hal tersebut karena ayah mereka juga nyatanya adalah seorang pembunuh. Yang jadi plot twist dalam film ini adalah ternyata ayahnya memang adalah seorang pembunuh.

Ayahnya adalah seseorang yang memiliki pikiran yang tidak waras, karena percaya jika ada iblis dalam diri setiap orang atau manusia. Dan dia berpikir bahwa sudah menjadi tugasnya sebagai penganut yang taat untuk menghabisi para manusia tersebut. Dan apa yang ayahnya lakukan dia ajarkan juga kepada anak-anaknya. Meskipun filmnya cukup banyak mendapatkan tanggapan positif, sayangnya film ini kurang laku di pasaran.

The Gift

Film thriller psikologis yang rilis pada 2015 ini berkisah tentang sepasang suami istri, Simon dan Robyn, yang pindah ke los Angeles dan bertemu dengan teman masa sekolah dari Simon, Gordo. Ketika mereka bertemu kembali, Gordo memberikan sebuah hadiah misterius di rumah mereka. Dan sejak saat itu, perilaku pasangan tersebut berubah. Mereka juga merasa tidak nyaman dengan keberadaan Gordo.

film plot twist mengejutkanSimon pun berusaha untuk menghindari dari keberadaan Gordo. Namun, yang kemudian jadi plot twist filmnya adalah Simon dahulu merupakan pelaku perundungan terhadap Gordo saat masih sekolah. Hal tersebut membuatnya mengalami kesulitan dalam menjalani hidup. Hadiah yang Gordo berikan sebenarnya adalah upaya agar Simon merasa bersalah atas apa yang dia lakukan dahulu. Simon juga kemudian mengaku jika dia berbohong kepada istrinya mengenai apa yang terjadi.

The Invitation

Film dengan plot twist paling mengejutkan yang terakhir adalah The Invitation. The Invitation merupakan sebuah film horror yang rilis pada 2016. Ceritanya mengisahkan sosok Will, yang menghadiri sebuah pesta makan malam yang diadakan oleh mantan istrinya, Eden, dan juga suami barunya, David. Semakin malam, Will semakin curiga dengan apa yang menjadi tujuan mereka mengundang makan malam.

film plot twist mengejutkan

Ternyata, Will menemukan sebuah fakta mengejutkan dari pasangan tersebut dan juga para tamu yang datang. Eden dan David ternyata adalah penganut kepercayaan sesat di mana mereka yakin mereka bisa pergi ke surga dengan cara kematian. Mereka mengundang teman-teman mereka dalam pesta makan malam dengan upaya untuk menghabisi semua nyawa teman-temannya. Twist dari ceritanya membuat film ini memiliki rating yang cukup tinggi di situs Rotten Tomatoes yaitu 89%.

Menghadirkan alur cerita yang tidak tertebak dalam sebuah film merupakan sesuatu yang jadi daya tarik dari film tersebut. Semakin filmnya berhasil membuat para penonton tetap berada di kursi mereka, semakin film tersebut mampu menghibur mereka. Apalagi, filmnya menghadirkan sebuah plot twist yang paling mengejutkan yang membuat pikiran para penonton “meledak.”

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.