Untuk menghadirkan totalitas peran dalam sebuah film tidak jarang seorang aktor atau aktris mengalami sebuah perubahan yang sangat ekstrem. Sebagai seorang aktor atau aktris memang sudah menjadi keharusan atau kewajiban untuk mengerahkan atau menghadirkan seluruh kemampuan akting mereka. Hal ini tentunya agar film yang dia bintangi bisa sesuai dengan apa yang diharapkan.

Selain itu, dengan kemampuan akting tersebut tentunya akan membuat perannya terasa lebih natural. Di sisi lain, untuk bisa menghidupkan sebuah karakter dalam film terkadang para aktor atau aktris juga rela melakukan perubahan. Dalam hal ini, mereka rela “mengorbankan” tubuh mereka untuk didandani sedemikian rupa. Bahkan, beberapa aktor diperlihatkan menghadirkan sebuah perubahan ekstrem untuk menjalankan sebuah peran. Siapa saja mereka?

Charlize Teron

Charlize Teron diketahui pernah memerankan seorang pembunuh berantai wanita bernama Aileen Wuornos dalam film Monster. Film ini memang secara tidak langsung menjadi “biopik” dari sang tersangka. Diketahui jika Aileen menghabisi enam orang pria yang pernah dia kencani saat menjadi wanita malam. Meskipun begitu, Wuornos mengaku jika hal tersebut dia lakukan sebagai pembelaan diri.

Yang menarik adalah Charlize Theron kemudian setuju untuk memerankan karakter dari sang pembunuh berantai, yang mana penampilannya banyak dipuji oleh orang-orang. Mereka menyatakan jika penampilan Theron sebagai Wuornos benar-benar tidak bisa dikenali. Selain bantuan riasan, Theron juga rela menaikan berat badannya, tidak peduli terhadap penampilan, dan bahkan pergi ke dokter gigi untuk melakukan perubahan susunan giginya.

Tom Cruise

Geeks mungkin sering melihat Tom Cruise dalam berbagai film aksi menegangkan, seperti franchise Mission: Impossible. Namun, dalam salah satu film yang pernah dia bintangi, Tropic Thunder, penampilan Cruise benar-benar berbeda. Tropic Thunder bercerita tentang sebuah proses pengambilan gambar untuk film bertema perang Vietnam. Namun, karena sang sutradara tidak bisa mengendalikan para aktor akhirnya mereka ditinggalkan di tengah hutan sambil tetap melakukan pengambilan gambar.

Film komedi yang dirilis pada 2008 ini disutradarai dan dibintangi oleh Ben Stiller, sambil juga menghadirkan sederet nama populer misalnya Robert Downey Jr., Jack Black dan bahkan Tom Cruise. Cruise berperan sebagi sosok Les Grossman aktor besar Hollywood. Penampilan Cruise benar-benar berubah dan sulit dikenali di mana dia bersenang-senang dengan kepalanya yang plontos dan juga berat badan yang bertambah.

Robert Downey Jr.

Tidak lama setelah sosol Robert Downey Jr. mendapatkan tawaran untuk memerankan karakter Tony Stark di film Iron Man, dia kemudian mendapatkan tawaran untuk bermain di film Tropic Thunder. RDJ diketahui berperan sebagai Kirk Lazarus. Berbeda dengan perubahan ekstrem yang dilakukan oleh aktor lain, RDJ melakukan perubahan ekstrem dengan “merubah” warna kulitnya menjadi hitam.

Transformasi ini nyatanya memberika perubahan yang signifikan bagi sang aktor, di mana dia nampak berbeda dengan warna kulit tersebut. Meskipun dianggap berhasil oleh banyak pihak dan bahkan RDJ mendapatkan pujian atas perannya tersebut, hal ini sempat memunculkan kontroversi di mana sebagaian pihak merasa bahwa apa yang dilakukan oleh RDJ adalah tindakan rasisme. Namun, para cast dan pihak yang terlibat di dalam filmnya sendiri menyanggah hal tersebut.

Gary Oldman

Geeks yang pernah menonton film Batman karya Nolan akan mengenal sosok Gary Oldman sebagai aktor yang memerankan James Gordon atau Sirius Black dalam franchise Harry Potter. Dia juga sering berperan dalam berbagai film drama dan aksi. Namun, penampilannya dalam film Darkest House berhasil mengejutkan banyak orang berkat perubahan ekstrem yang terjadi. Dalam filmnya, Gary berperan sebagai sosok Winstron Churchill.

Dalam penampilannya tersebut banyak fans yang membandingkan jika Gary Oldman sebagai Winston Churchill jauh lebih dahsyat dari penampilannya sebagai Sirius Black. Perubahan ekstrem dari sang aktor Gary Oldman ini butuh perjuangan ekstra. Dibantu oleh seorang seniman rias, Kazuhiro Tsuji, dia membutuhkan waktu lebih dari tiga jam untuk menghadirkan sosok Winston Churchill.

Tom Hanks

Kualitas akting dari sosok Tom Hanks rasanya sudah tidak perlu kita ragukan lagi, mengingat dia adalah salah satu aktor kawakan di Hollywood. Salah satu bukti nyatanya adalah perubahan ekstrem di film Cast Away. Filmnya sendiri berkisah tentang bagaimana Hanks harus bertahan hidup di sebuah pulau kecil dengan sedikit peluang untuk selamat. Dalam film ini, Hanks mengalami penurunan berat badan.

Proses produksinya sendiri diketahui dihentikan selama satu tahun dengan maksud memberikan kesempatan bagi Hanks untuk bisa menurunkan berat badannya. Tujuannya, agar para penonton bisa merasa empati dan iba dengan sosok Chuck Noland yang terdampar di sebuah pulau. Dan hal tersebut nyatanya memang berhasil membuat para fans merasa kasihan dengan karakternya.

Jim Carrey

Film How The Grinch Stole Christmas disutradarai oleh Ron Howard dan dirilis pada tahun 2000. Dibintangi oleh Jim Carrey, film ini berkisah tentang sebuah karakter monster hijau yang pemarah di mana dia memiliki mimpi untuk menghancurkan dan menghentikan natal untuk selamanya. Jadi salah satu film natal yang sukses hingga sekarang, film ini juga bahkan mendapatkan penghargaan Oscar sebagai Makeup Terbaik.

Yang menarik adalah Jim Carrey, pemeran sang monster hijau, sempat mengatakan bahwa dia tidak sanggup dengan semua proses di balik layar. Dia merasa jika tubuhnya dikubur hidup-hidup dan bahkan hampir saja memutuskan untuk mundur dari perannya. Namun, kemudian pihak kru menyewa jasa khusus untuk mengalihkan perhatian Jim Carrey terhadap hal lain. Dan hasilnya, dia pun berhasil meneghadirkan karakter monster hijau tersebut dengan baik. Selain di film ini, Jim Carrey juga sempat melakukan hal yang sama di film The Mask.

Matthew McConaughey

Sosok Matthew McConaughey memang dikenal sebagai salah satu aktor yang sering memperlihatkan perubahan ekstrem dalam berbagai film yang dia bintangi. Salah satunya adalah film Dallas Buyers Club. Film yang disutradarai oleh Jean-Marc Vallee ini menghadirkan kisah Ron Woodroof, seorang tenaga listrik yang diketahui mengidap penyakit HIV.

Peran Ron sendiri merupakan salah satu peran yang berhasil menaikan popularitas dari Matthew McConaughey. Buktinya adalah dia berhasil mendapatkan penghargaan Aktor Terbaik piala Oscar pada 2014. Namun, untuk mendapatkan penghargaan ini Matthew McConaughey benar-benar bekerja keras. Selain sang aktor mengalami perubahan ekstrem dalam penampilannya, dia juga coba menghadirkan berbagai emosi dan nuansa dari karakternya.

Brendan Fraser

Nama Brendan Fraser sempat menghilang dari jagat Hollywood akibat permasalahan yang dia alami sebelumnya. Namun, Fraser kemudian kembali dengan sangat luar biasa di mana dia memerankan sosok karakter dalam film The Whale karya Darren Aronofsky. Filmnya sendiri dianggap sebagai salah satu film yang sangat menyentuh yang bercerita tentang seorang guru dan ayah yang mencoba untuk bisa kembali berhubungan dengan putrinya.

Yang luar biasa dalam filmnya adalah bagaimana Brendan Fraser harus menghadirkan penampilan yang berbeda. Tubuh dari karakternya sendiri benar-benar sangat gemuk di mana diketahui beratnya adalah 272 kg. Brendan sendiri harus berjuang mengenakan kostum prostetik khusus yang beratnya mencapai 136 kg untuk memerankan karakter ini. Namun, hal ini berbuah manis di mana Brendan berhasil masuk nominasi Oscar 2023 kemarin untuk Aktor Terbaik.

Collin Farrell

Selain Brendan Fraser dalam film The Whale, aktor yang mengalami perubahan ekstrem juga terjadi di film The Batman karya Matt Reeves. Film ini banyak mendapatkan pujian terutama dari penampilan Robert Pattinson sebagai Batman dan Bruce Wayne. Meskipun begitu, sosok Collin Farrell juga ternyata mendapatkan pujian dari banyak orang. Hal ini berkat penampilannya sebagai The Penguin.

Dalam film The Batman, nampak sosok Farrell hampir tidak bisa dikenali sama sekali ketika karakter The Penguin muncul. Butuh waktu berjam-jam dan upaya ekstra untuk menghadirkan riasan sempurna dari sosok The Penguin di tubuh Collin Farrell, namun hasilnya memang sangat luar biasa. Saat ini pihak Warner Bros. bahkan berencana menghadirkan spinoff untuk karakternya.

Christian Bale

Sosok Christian Bale memang sudah lama dikenal sebagai aktor yang luar biasa di Hollywood. Namun, Bale juga dikenal sebagai aktor “bunglon” di industri perfilman mengingat bagaimana dia sudah sangat sering melakukan perubahan ekstrem dari penampilannya di berbagai film. Contohnya adalah penampilan Bale di film The Machinist, di mana tubuh Bale diperlihatkan hanya 30-40 kg.

Namun, yang luar baiasanya adalah berat badan Bale kemudian kembali naik bahkan cenderung menghadirkan otot ketika dia hendak memerankan karakter Bruce Wayne dalam trilogi Batman karya Christopher Nolan. Kemudian di tahun 2018, Bale sempat juga menaikan berat badannya saat dia berperan sebagai Dick Chener dalam film Vice. Dalam film ini, Bale mencukur rambutnya dan menaikan berat badannya serta mempelajari gestur dan gerakan dari sang politisi.

Dedikasi yang dihadirkan oleh para aktor atau aktris terhadap sebuah peran yang mereka mainkan dalam sebuah film patut untuk diacungi jempol. Apalagi, jika kemudian untuk memerankan karakter tersebut sang aktor perlu melakukan perubahan ekstrem mulai dari berat badan, penampilan, dan sebagainya. Dan beberapa nama di atas adalah contoh nyata dari hal tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.